home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Rambut Sehat Bercahaya Dengan Keramas Tanpa Sampo

Rambut Sehat Bercahaya Dengan Keramas Tanpa Sampo

Keramas setiap hari sebenarnya tidak apa, terutama jika rambut Anda berminyak dan Anda beraktivitas di daerah berpolusi tinggi atau beriklim lembap. Namun, keramas tanpa sampo bisa jadi jalan keluar untuk mendapatkan rambut sehat berkilau.

Kenapa harus coba keramas tanpa sampo?

Kandungan kimia dan alkohol dalam produk sampo bisa membuat kulit kepala Anda gatal dan kering, menyebabkan kulit kepala menghasilkan lebih banyak minyak. Inilah sebabnya Anda mencuci rambut menjadi rusak karena semakin sering.

Tertarik untuk coba keramas tanpa sampo? Mungkin Anda memerlukan waktu untuk membiasakan diri hingga hasil akhirnya. Meski begitu, hal tersebut patut ditunggu sebab manfaatnya juga akan bertahan lama.

Bayangkan rambut tebal dan sehat idaman Anda tanpa berurusan dengan reaksi kimia pada tubuh Anda. Ditambah lagi, rambut Anda bisa tetap bersih lebih lama. Hemat waktu, bukan? Di bawah ini daftar bahan untuk mengganti keramas tanpa sampo.

1. Baking soda

Baking soda bersifat basa, sedangkan kulit kepala dan rambut bersifat asam. Oleh karena itu, bahan ini direkomendasikan untuk membilasnya dengan larutan asam untuk mengembalikan keseimbangan pH rambut.

Caranya, basahkan tangan dan ambil bubuk baking soda secukupnya. Gosokkan baking soda ke kulit kepala Anda selama kurang lebih satu menit. Lalu bilas hingga bersih.

Alternatif lainnya, Anda bisa cairkan baking soda dengan air hangat dan gunakan larutan tersebut untuk mencuci rambut. Jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih.

Seberapa sering harus ‘keramas’ dengan baking soda? Untuk hasil yang optimal, sebaiknya beri jarak antar sesi keramas setiap empat hari sekali.

‘Sampo’ baking soda cocok untuk Anda yang memiliki rambut halus, berminyak, lurus, atau bergelombang. Baking soda mungkin akan terlalu keras jika digunakan pada rambut kering dan kasar.

2. Cuka apel

Cuka apel bersifat asam, pasangan yang cocok digunakan sebagai alternatif conditioner setelah Anda ‘keramas’ dengan baking soda.

Cukup campurkan satu-dua sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air, atau setengah cangkir cuka dan setengah cangkir air, sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Aplikasikan larutan cuka di sepanjang rambut dan di seluruh kulit kepala, gosok dan diamkan beberapa menit. Bilas hingga benar-benar bersih.

3. Jus lemon

Asam sitrus yang dikandung buah lemon bisa membantu menyingkirkan ketombe. Jika rambut Anda lurus atau rentan masalah ketombe, gunakan larutan jus lemon (setengah cangkir jus lemon, setengah cangkir air hangat) sebagai pengganti sampo.

Gosokkan ke seluruh rambut dan kulit kepala selama 10 menit, sisir dengan jari dan kemudian bilas hingga bersih.

Pantangan saat keramas tanpa sampo

Jika Anda sudah membulatkan tekad untuk mengurangi penggunaan bahan kimia pada rambut dan kulit kepala dengan cara mengganti sampo dengan bahan lainnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar rutinitas baru ini berhasil.

Di bawah ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat memulai keramas tanpa sampo.

1. Jangan mengganti rutinitas keramas dengan tiba-tiba

Jika Anda merupakan orang yang tergolong hobi keramas setiap hari, rutinitas baru ini mungkin akan mengagetkan Anda.

Untuk membiasakan rutinitas sampo Anda yang baru, coba lakukan keramas berselang hari. Misalnya, cuci rambut dengan sampo biasa malam ini, lalu cuci rambut dengan salah satu ‘sampo’ alternatif yang sudah disebutkan di atas dua hari kemudian.

Setelah itu, turunkan terus frekuensi sampo botolan Anda hingga akhirnya perlahan-lahan Anda bisa benar-benar terlepas dari sampo.

2. Jangan mengharapkan hasil instan

Selama masa transisi dari sampo botolan ke produk alternatif ramah lingkungan di atas, mungkin Anda akan mengalami masa di mana rambut akan sangat berminyak selama beberapa hari (bahkan bisa berminggu-minggu), namun hal ini tidak akan bertahan lama.

Saat Anda tidak keramas, rambut Anda tentu akan memproduksi minyak lebih banyak dan membuat tampilannya lepek. Namun, ini merupakan reaksi alami.

Rambut Anda akan mulai terbiasa dari waktu ke waktu dengan rutinitas baru Anda, hingga pada akhirnya kelenjar minyak di kulit kepala bisa mengontrol produksi minyak kembali seperti semula.

3. Jangan memfokuskan perawatan hanya pada batang rambut

Tujuan keramas yaitu membersihkan rambut dengan menggelontorkan minyak dan kotoran yang menempel di setiap helai rambut. Tapi jika Anda memilih untuk tidak keramas dengan sampo botolan, fokuskan perawatan pada kulit kepala.

Rambut yang sehat merupakan cerminan kulit kepala yang sehat. Kerahkan usaha Anda untuk mengusap dan membersihkan kulit kepala untuk menyebarkan minyak rambut alami demi pertumbuhan helai rambut yang sehat dan merata.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 6 hari lalu
x