home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Angiografi Mata

Apa itu angiografi mata?|Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani angiografi mata?|Seperti apa proses angiografi mata?|Adakah efek samping dari angiografi mata?|Apa arti hasil tes yang saya dapat?
Angiografi Mata

Apa itu angiografi mata?

Angiografi mata atau fluorescein angiography adalah sebuah pemeriksaan medis dengan menggunakan tinta khusus dan kamera untuk melihat aliran darah pada mata.

Tinta tersebut akan memperjelas pembuluh darah di balik bola mata agar dapat diambil gambarnya dengan mudah. Prosedur medis ini umum dilakukan untuk memeriksa gangguan mata.

Biasanya, dokter akan meminta Anda menjalani pemeriksaan ini untuk memastikan diagnosis, menentukan pengobatan yang sesuai, atau memonitor kondisi pembuluh darah di mata Anda.

Kapan saya harus menjalani angiografi mata?

Prosedur medis ini dilakukan untuk memeriksa jika aliran darah dalam pembuluh yang terletak dua lapis di belakang bola mata Anda bekerja dengan baik.

Angiografi mata juga dapat dilakukan untuk mendiagnosis masalah-masalah pada mata atau untuk menentukan apakah perawatan mata tertentu bekerja dengan baik.

Berikut adalah beberapa gangguan mata yang umumnya diperiksa dengan angiografi mata:

Degenerasi makula

Degenerasi makula adalah kerusakan pada mata yang terjadi seiring dengan pertambahan usia.

Kondisi ini biasanya menyebabkan kemampuan melihat menurun secara cepat, bahkan berisiko berakhir dengan kebutaan.

Retinopati diabetik

Sesuai dengan namanya, gangguan mata ini berkaitan dengan adanya diabetes, terutama yang sudah diderita sejak lama.

Retinopati diabetik menyebabkan kerusakan permanen pada pembuluh darah di belakang mata atau retina.

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani angiografi mata?

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani prosedur angiografi mata, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pada umumnya, dokter tidak akan menganjurkan prosedur ini dilakukan selama masa kehamilan, khususnya pada trimester awal.
  • Ibu menyusui juga sebaiknya tidak boleh menyusui selama 24-48 jam setelah prosedur angiografi mata karena tinta dapat terserap oleh ASI. Alternatifnya, beberapa hari sebelum prosedur, Anda dapat memompa ASI dan menyimpannya, atau membeli susu formula, untuk digunakan selama dan setelah prosedur.
  • Jangan khawatir jika Anda melihat perubahan warna kuning terang atau oranye pada urin Anda setelah menjalani tes ini. Pasalnya, tinta akan disaring ginjal dan mengalir keluar dari dalam tubuh melalui urin dalam 48 jam.

Seperti apa proses angiografi mata?

Agar Anda memiliki bayangan yang jelas mengenai prosedur ini, berikut adalah gambaran sebelum, selama, dan sesudah prosedur angiografi mata:

Sebelum pemeriksaan

Sebelum tes dimulai, dokter akan menanyakan seputar obat-obatan yang Anda konsumsi, mulai dari obat medis hingga herbal. Anda juga perlu memberi tahu dokter jika Anda alergi terhadap iodine.

Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepaskan lensa sebelum menjalani pemeriksaan.

Pada hari pemeriksaan, sebaiknya pastikan Anda tidak pulang sendirian.

Mintalah teman atau anggota keluarga Anda untuk mengantar jemput dan menemani Anda pada hari prosedur.

Selama pemeriksaan

Dokter akan memulai tes angiofrafi mata dengan memberikan obat tetes pelebar pupil mata.

Setelah itu, Anda akan diminta memposisikan diri di depan kamera khusus agar kepala Anda tidak bergerak selama prosedur.

Dokter akan mengambil gambar bagian dalam mata Anda dengan kamera tadi. Begitu gambar selesai diambil, dokter akan menyuntikkan tinta khusus yang disebut dengan fluorescein melalui lengan Anda.

Tinta fluorescein inilah yang akan membuat pembuluh darah mata lebih mudah terlihat oleh kamera. Setelah itu, dokter akan kembali mengambil beberapa gambar pembuluh darah mata.

Setelah pemeriksaan

Saat angiografi mata selesai, penglihatan Anda akan mengabur selama kurang lebih 12 jam. Jangan mengendarai kendaraan sendiri sampai efek dari obat tetes mata benar-benar habis.

Mintalah teman atau anggota keluarga Anda untuk mengantar jemput dan menemani Anda pada hari prosedur.

Gunakan kacamata hitam sampai ukuran pupil Anda kembali normal guna menghindari paparan cahaya terang dan sinar matahari langsung yang dapat mencederai mata Anda.

Adakah efek samping dari angiografi mata?

Bentuk efek samping yang paling umum dari prosedur ini adalah penglihatan kabur, mual, dan muntah.

Menurut laman Sutter Health, dalam kasus yang langka, reaksi alergi juga bisa timbul, dengan gejala-gejala berikut:

  • Rasa besi di mulut
  • Mulut kering
  • Ruam kulit
  • Jantung berdebar
  • Pingsan
  • Bersin
  • Produksi air liur meningkat

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Lama tes berkisar hingga 30 menit. Hasil akan dapat diterima dan diteliti oleh dokter Anda langsung setelah prosedur.

Hasil normal

Aliran tinta mengalir normal tanpa hambatan pada pembuluh darah bola mata Anda. Dengan kata lain, tidak ditemukan kebocoran atau penyumbatan pada pembuluh darah.

Hasil abnormal

Sementara itu, hasil tidak normal akan memperlihatkan adanya kebocoran atau penyumbatan di pembuluh darah. Hal ini bisa berarti terdapat:

  • Gangguan sirkulasi
  • Kanker
  • Retinopati diabetik
  • Degenerasi makula
  • Tekanan darah tinggi
  • Tumor
  • Pembesaran pembuluh kapiler di retina
  • Pembengkakan pada cakram optik mata

Apabila Anda mendapatkan hasil tidak normal, dokter akan memberi tahu mengenai tindakan selanjutnya yang perlu diambil untuk menangani kondisi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Fluorescein Angiography – Sutter Health. (2021). Retrieved June 28, 2021, from https://www.sutterhealth.org/services/vision/fluorescein-angiography 

Porter, D. (2018). What is Fluorescein Angiography? – American Academy of Ophthalmology. Retrieved June 28, 2021, from https://www.aao.org/eye-health/treatments/what-is-fluorescein-angiography 

Fluorescein Angiography – The University of British Columbia. (n.d.). Retrieved June 28, 2021, from https://ophthalmology.med.ubc.ca/patient-care/ophthalmic-photography/fluorescein-angiography/ 

Flourescein Angiography – Moorfields Eye Hospital. (2017). Retrieved June 28, 2021, from https://www.moorfields.nhs.uk/content/flourescein-angiography 

Fluorescein angiogram – Cancer Research UK. (2018). Retrieved June 28, 2021, from https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/eye-cancer/getting-diagnosed/tests-diagnose/angiogram 

Photographic examination of the blood vessels of the eye (Fundus Fluorescein Angiography) – Oxford Radcliffe Hospitals. (2013). Retrieved June 28, 2021, from https://www.ouh.nhs.uk/patient-guide/leaflets/files/100713fundusfluorescein.pdf 

Fluorescein angiography – MedlinePlus. (2020). Retrieved June 28, 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/003846.htm 

Bennett, TJ. (2020). Descriptive Interpretation – Ophthalmic Photographers’ Society. Retrieved June 28, 2021, from https://www.opsweb.org/page/FAinterpretation

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 28/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x