Angiografi Mata

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu angiografi mata?

Angiografi mata adalah sebuah prosedur medis menggunakan tinta fluorescent (sinar pendar) yang diinjeksikan ke dalam aliran darah. Tinta akan menyorot pembuluh darah di balik bola mata agar dapat diambil gambarnya. Prosedur medis ini umum dilakukan untuk perawatan gangguan mata, Dokter Anda akan melakukan prosedur untuk mengonfirmasi diagnosis sebelumnya, untuk menentukan terapi yang sesuai, atau untuk mengawasi kondisi pembuluh darah di belakang bola mata Anda.

Kapan saya harus menjalani angiografi mata?

Prosedur medis ini dilakukan untuk memeriksa jika aliran darah dalam pembuluh yang terletak dua lapis di belakang bola mata Anda bekerja dengan baik. Angiografi mata juga dapat dilakukan untuk mendiagnosis masalah-masalah pada mata atau untuk menentukan apakah perawatan mata tertentu bekerja dengan baik.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani angiografi mata?

Pada umumnya, dokter tidak akan menganjurkan prosedur ini dilakukan selama masa kehamilan—khusunya pada trimester awal. Tinta fluorescent dapat terserap oleh ASI, tidak aman untuk menyusui selama 24-48 jam setelah prosedur. Pompa ASI Anda dan buang segera, lakukan sampai Anda rasa aman untuk kembali menyusui. Alternatifnya, beberapa hari sebelum prosedur Anda dapat memompa ASI dan menyimpannya, atau membeli susu formula, untuk digunakan saat dan setelah prosedur.

Tinta akan disaring ginjal dan mengalir keluar dari dalam tubuh melalui urin dalam 48 jam. Urin dapat berwarna kuning terang atau oranye selama 2 hari tersebut. Tinta yang disebut indocyanine hijau akan lebih baik dalam mendeteksi beberapa tipe masalah mata daripada tinta fluorescent. Tinta hijau ini akan membantu dokter untuk memeriksa apakah ada kebocoran pada pembuluh darah di bawah retina. Hasil tes akan lebih sulit untuk dibaca pada pasien katarak.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani angiografi mata?

Jangan mengendarai kendaraan sendiri pada hari prosedur. Mintalah teman atau anggota keluarga Anda untuk mengantar jemput dan menemani Anda pada hari prosedur. Pupil mata Anda akan membesar selama kurang lebih 12 jam setelah tes. Pastikan untuk menginformasikan dokter Anda sebelum prosedur mengenai pengobatan (resep/nonresep, produk herbal, suplemen) dan terapi lain yang sedang Anda jalani. Beri tahukan dokter Anda jika Anda memiliki alergi iodine. Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepaskan lensa sebelum menjalani pemeriksaan.

Bagaimana proses angiografi mata?

Anda akan diberikan obat tetes mata yang berfungsi untuk melebarkan pupil. Anda akan diharuskan untuk menopang dagu pada dudukan kamera dan menyenderkan dahi Anda kepada bar pendukung untuk menjaga kepala Anda tidak bergerak selama prosedur. Dokter akan mengambil gambar dalam mata Anda. Setelah beberapa gambar pertama diambil, tinta fluorescent akan diinjeksikan ke dalam nadi, biasanya di lipatan dalam siku Anda. Kemudian, sebuah kamera khusus akan mengambil gambar sementara tinta mengalir dalam pembuluh darah di belakang bola mata Anda.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani angiografi mata?

Saat tes selesai, penglihatan Anda akan mengabur selama kurang lebih 12 jam. Jangan mengendarai kendaraan sendiri sampai efek dari obat mata benar-benar habis. Mintalah teman atau anggota keluarga Anda untuk mengantar jemput dan menemani Anda pada hari prosedur. Gunakan kacamata sampai ukuran pupil Anda kembali normal guna menghindari paparan cahaya terang dan sinar matahari langsung yang dapat mencederai mata Anda.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Lama tes berkisar hingga 30 menit. Hasil akan dapat diterima dan diteliti oleh dokter Anda langsung setelah prosedur.

Hasil normal

Aliran tinta mengalir normal tanpa hambatan. Tidak ditemukan kebocoran atau pemblokiran.

Hasil abnormal

  • aliran tinta lambat
  • aliran tinta tersumbat
  • tinta bocor keluar dari pembuluh darah
  • terdapat penggumpalan di area sekitar mata atau optic disc

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Dari Genetik Hingga Penyakit, Simak Beragam Penyebab Alergi Dingin

Penyebab alergi dingin ternyata bukan hanya suhu dingin yang menempel pada kulit. Kondisi genetik, penyakit, hingga masalah sistem imun turut berperan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Alergi, Alergi Lainnya 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Selain Gatal, Ini Gejala Alergi pada Kulit Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Selain rasa gatal dan kulit kemerahan, ada beberapa tanda dan gejala alergi kulit yang perlu Anda waspadai. Kenali tanda-tandanya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi, Alergi Kulit 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Rekomendasi Vitamin untuk Pasien Covid-19

Selama masa penyembuhan, pasien COVID-19 harus memperhatikan asupan nutrisi dan vitamin untuk membantu tubuh melawan infeksi. Berikut rekomendasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
COVID-19, Penyakit Infeksi 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat daun sirih daun sirih merah, rebusan daun sirih, manfaat daun sirih untuk wajah, manfaat daun sirih untuk kewanitaan

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
sedih

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

5 Manfaat Propolis, Getah Lebah yang Penuh Khasiat (Tidak Kalah dari Madu!)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
kesehatan pria

Beragam Hal Seputar Kesehatan Pria, Apa Saja yang Perlu Anda Ketahui?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Satria Aji Purwoko
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit