home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Tips Menjaga Kesehatan Mata untuk Orang Lanjut Usia

8 Tips Menjaga Kesehatan Mata untuk Orang Lanjut Usia

Seiring bertambahnya usia, fungsi penglihatan kita akan menurun. Tak heran jika hampir semua orang berusia 65 tahun ke atas perlu memakai kacamata. Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan mata lansia, salah satunya melakukan pemeriksaan mata secara berkala, sehingga kemungkinan fungsi penglihatan Anda menjadi lebih baik dan tetap jelas. Selain itu, nutrisi yang bergizi untuk mata juga sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan mata pada orang tua.

Panduan menjaga kesehatan mata lansia

Berikut adalah 8 tips yang perlu dilakukan agar mata tetap sehat pada orang tua.

1. Lakukan pemeriksaan mata secara rutin

Pemeriksaan mata secara berkala merupakan pemeriksaan yang penting terhadap kesehatan mata Anda. Selain untuk memeriksa apakah lensa kacamata Anda masih sesuai dengan Anda, pemeriksaan mata juga dapat mendeteksi penyakit mata, seperti glaukoma dan katarak, serta masalah kesehatan umum lainnya seperti diabetes dan hipertensi.

2. Nutrisi adalah kunci dari kesehatan mata

Pilihlah makanan yang kaya antioksidan yaitu makanan yang mengandung vitamin A dan C, seperti sayur-sayuran hijau dan ikan. Banyak jenis makanan, terutama ikan yang mengandung omega-3 (asam lemak esensial) yang sangat penting dalam menjaga kesehatan makula, bagian dalam mata yang bertanggung jawab terhadap penglihatan sentral.

Asupan antioksidan yang tidak mencukupi, ditambah konsumsi alkohol dan lemak jenuh yang berlebihan, dapat menyebabkan reaksi radikal bebas yang dapat merusak makula. Diet tinggi lemak juga dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah. Mata sangat sensitif terhadap hal ini, dikarenakan ukuran pembuluh darah yang kecil sehingga jika ada sumbatan pada pembuluh darah, maka aliran darah menuju mata akan berkurang dan menyebabkan mata kekurangan nutrisi.

3. Selalu pakai kacamata hitam di luar rumah

Sinar UV dari cahaya matahari dapat merusak mata dan dapat meningkatkan risiko katarak. Menggunakan kacamata hitam atau lensa kontak dengan proteksi terhadap sinar UV dapat melindungi mata Anda.

4. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan kadar stres oksidatif pada mata Anda. Meskipun mekanisme terjadinya belum jelas, tapi telah terbukti dalam penelitian yang telah dilakukan bahwa merokok meningkatkan risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Berolahraga teratur

Mata membutuhkan sirkulasi darah dan asupan oksigen yang baik, keduanya distimulasi dengan olahraga teratur. Olahraga teratur juga membantu menjaga berat badan Anda, serta menurunkan risiko penyakit diabetes dan retinopati diabetik. Ingatlah untuk menggunakan kacamata hitam dengan perlindungan UV saat melakukan olahraga di luar ruangan.

6. Gunakan pencahayaan yang baik

Untuk dapat melihat dengan baik, mata Anda membutuhkan cahaya sebanyak 3 kali lebih banyak saat Anda berusia 60 tahun dibandingkan saat berusia 20 tahun. Anda perlu meningkatkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah Anda, juga memastikan pencahayaan listrik yang baik terutama di bagian atas dan bawah tangga, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas ketika Anda naik-turun tangga. Untuk membaca atau bekerja, gunakan lampu meja yang fleksibel, lalu diposisikan agar cahaya tidak menyebabkan silau pada mata.

7. Batasi lama menatap layar komputer

Setelah 2 jam menatap layar komputer, Anda dapat mengalami ketegangan pada otot mata Anda. Berikut adalah tips dalam menurukan ketegangan otot mata dampak dari kelelahan menatap layar komputer:

  • Menjaga jarak layar komputer dengan mata sejauh 50-60 cm
  • Menjaga agar bagian atas layar komputer sedikit di bawah tingkat mata
  • Gunakan obat tetes pelembab mata untuk mencegah mata kering
  • Atur pencahayaan untuk mengurangi kesilauan pada layar
  • Istirahat setiap 15 menit untuk fokus pada objek yang jaraknya jauh
  • Sering berkedip

8. Tidur cukup

Saat Anda tidur, mata Anda mengalami lubrikasi secara terus menerus sehingga kelembabannya terjaga. Selain itu, saat tidur, mata membersihkan diri dari iritan seperti debu, alergen, atau asap yang terakumulasi di siang hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Eye Health Tips for Older People. http://www.nhs.uk/Livewell/over60s/Pages/eyehealth.aspx Diakses 13 Juli 2017.

Tips for Eye Health in Adults Over 60. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/seniors-eye-health-tips Diakses 13 Juli 2017.

60s+ Eye Health. http://www.bausch.com/vision-and-age/60-eyes/maintaining-healthy-eyes Diakses 13 Juli 2017.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Elita Mulyadi
Tanggal diperbarui 08/08/2017
x