6 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata, Selain Wortel

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Makanan yang paling dikenal manfaatnya untuk kesehatan mata adalah wortel, yang selama ini kita tahu. Namun, tidak hanya wortel atau vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata Anda. Makanan lain dengan kandungan zat gizi lain juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Apa saja, ya?

Makanan yang mengandung vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin, dan asam lemak omega-3 juga berperan dalam menjaga kesehatan mata Anda. Semua zat gizi ini dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula yang disebabkan karena faktor usia (membuat ketajaman penglihatan Anda menurun).

Sayuran hijau

Sayuran hijau mempunyai kandungan lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin sendiri merupakan karotenoid yang ditemukan pada retina. Makanan yang mengandung kedua zat gizi ini memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak. Antioksidan dapat melindungi mata dari kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh sinar matahari, asap rokok, dan polusi udara.

Lutein dan zeaxanthin bekerja dengan cara meningkatkan kepadatan pigmen dalam makula yang menyerap kelebihan cahaya biru dan ultraviolet serta menetralkan radikal bebas. Dengan cara tersebut, lutein dan zeaxanthin dalam makanan dapat melindungi mata dari kerusakan.

Sayuran hijau yang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin cukup tinggi adalah bayam, daun kale, romaine lettuce, sawi, brokoli, dan lobak hijau. Selain dalam sayuran hijau, lutein dan zeaxanthin juga bisa ditemukan dalam kacang polong dan alpukat.

Telur

Telur mempunyai kandungan banyak zat gizi yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Dalam telur, terdapat lutein, zeaxanthin, vitamin A, dan seng. Lutein dan vitamin A dapat melindungi mata Anda dari kebutaan di malam hari dan dari kekeringan pada mata. Lutein dan zeaxanthin bersama dengan seng juga dapat meningkatkan kesehatan mata dengan cara mengurangi risiko degenerasi makula.

Buah sitrus dan buah berry

Buah sitrus (seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali) serta buah berry (seperti strawberry, blueberry, dan raspberry) memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.  Vitamin C juga mengandung antioksidan paling tinggi. Sehingga, makanan dengan kandungan vitamin C juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Makanan lain yang juga mengandung vitamin C adalah pepaya, paprika, tomat, kiwi, dan jambu biji.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Pada beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti biji bunga matahari dan kacang almond, ditemukan kandungan vitamin E. Vitamin E ini juga diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dengan cara memperlambat degenerasi makula. Vitamin E dan vitamin C bekerja sama dalam menjaga kesehatan jaringan pada mata.

Dalam biji bunga matahari juga ditemukan kandungan seng, selain kandungan vitamin E. Sedangkan, dalam kacang almond juga ditemukan kandungan asam lemak omega-3.  Kandungan seng dan asam lemak omega-3 ini juga dapat meningkatkan kesehatan mata Anda.

Biji-bijian atau kacang-kacangan lain yang juga bermanfaat untuk kesehatan mata Anda adalah walnut, kacang polong, kacang tanah, kacang lima, kacang merah, dan lentil.

Gandum

Gandum atau biji-bijian utuh, seperti beras merah, oat, quinoa, roti gandum, dan pasta gandum juga dapat meningkatkan kesehatan mata karena mereka mengandung vitamin E, seng, dan niasin (vitamin B3). Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah ini dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia. Selain itu, minyak gandum juga mengandung vitamin E.

Ikan

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata dari kekeringan, mencegah degenerasi makula, dan juga katarak. Selain itu, bukti juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 memiliki sifat antiperadangan, yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

Asam lemak sebenarnya juga ditemukan dalam retina mata Anda. Jika kadar asam lemak rendah pada retina, maka dapat menyebabkan mata Anda menjadi kering. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 adalah salmon, tuna, sarden, dan makerel.

Jika Anda tidak suka dengan ikan atau tidak bisa makan makanan laut, asam lemak omega-3 ini bisa Anda dapatkan dari  suplemen minyak ikan atau suplemen yang mengandung minyak nabati, seperti minyak biji kismis hitam atau minyak biji rami.

 

BACA JUGA

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Bingung kapan harus minum vitamin? Minum vitamin ternyata juga ada aturannya, lho! Cari tahu apakah lebih baik minum vitamin pagi atau malam hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Tips Makan Sehat, Nutrisi 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Membaca Resep Kacamata dari Dokter dan Optik Anda

Sebelum beli kacamata, Anda perlu memeriksa mata untuk mendapatkan resep agar kacamata yang dibeli sesuai. Tapi, tahukah Anda cara membaca resep kacamata?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 23 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kebiasaan menatap layar gadget hingga hobi membaca di kegelapan dapat membuat mata cepat lelah. Simak 4 cara terbaik untuk mempertajam penglihatan mata.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 23 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit

Mata Kering

Pemakai lensa kontak sudah biasa mengalami mata kering. Tapi tahukah bahwa penyebab mata kering Anda mungkin adalah pil KB yang Anda gunakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mata 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan penyubur sperma

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
buah untuk penambah darah

12 Buah-buahan Penambah Darah untuk Bantu Atasi Anemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
menonton tv terlalu dekat

Benarkah Nonton TV Terlalu Dekat, Bisa Bikin Mata Anak Rusak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
vitamin untuk otak

Daftar Nutrisi dan Vitamin yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit