Morning-After Pill, Kontrasepsi Darurat Pencegah Kehamilan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kontrasepsi darurat adalah cara untuk mencegah kehamilan setelah hubungan seks yang tidak menggunakan pengaman. Sering disebut sebagai morning-after pill, pil kontrasepsi darurat adalah pil hormon yang dapat dikonsumsi wanita setelah melakukan hubungan seks. Pil ini berfungsi paling baik jika diminum maksimal 72 jam pertama setelah melakukan hubungan seks setelah hubungan seks yang tidak berpengaman.

Intra Uterine device (IUD) terkadang dapat menjadi bentuk darurat dari kontrasepsi. Namun alat ini jarang sekali diresepkan untuk remaja.

Bagaimana cara kerja kontrasepsi darurat?

Hormon seperti Levonorgestrel progesterone diberikan dalam dosis tinggi untuk mencegah kehamilan. Cara kerja kontrasepsi darurat adalah dengan menunda ovulasi (pelepasan sel telur wanita selama siklus bulanan). Pil ini juga dapat mengganggu proses pembuahan dapat mencegah perlekatan telur yang sudah dibuahi ke dinding rahim.

Jenis kontrasepsi darurat ini adalah yang paling efektif ketika dikonsumsi secepat mungkin setelah berhubungan, walaupun masih tetap dapat mengurangi risiko kehamilan ketika dikonsumsi hingga 72 jam setelah berhubungan.

Seberapa efektifkah obat kontrasepsi darurat?

Kontrasepsi darurat adalah satu-satunya metode kontrasepsi yang digunakan setelah hubungan seks. Tingkat keberhasilan ketika dikonsumsi 72 jam setelah berhubungan seksual adalah 89% dan ketika dikonsumsi dalam 24 jam setelah berhubungan seksual adalah 95%. Namun keefektifan pil ini tidak sepadan dengan pil KB yang rutin diminum. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan ini. Hanya gunakan di saat darurat saja ketika terpaksa.

Karena kontrasepsi darurat tidak mencegah semua kehamilan, seorang wanita harus berkonsultasi dengan dokternya jika ia tidak mendapat haid setelah meminum pil kontrasepsi daruratnya.

Perlindungan dari penyakit kelamin

Kontrasepsi darurat tidak melindungi dari penyakit menular seksual. Pasangan yang berhubungan seks harus selalu menggunakan kondom untuk melindungi mereka dari penyakit menular seksual walaupun mereka menggunakan alat kontrasepsi lain. Jika kondom rusak (atau pasangan tersebut melakukan hubungan seks yang tidak terproteksi), kunjungi dokter secara rutin untuk memeriksakan diri terhadap penyakit seksual.

Abstinence (tidak melakukan sex) adalah satu-satunya metode yang dapat selalu menjamin pencegahan kehamilan dan penyakit menular seksual. Apabila seorang wanita dipaksa untuk melakukan hubungan seks (pemerkosaan), ia harus segera berkonsultasi pada dokternya untuk mendapatkan pil kontrasepsi darurat demi mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan melakukan tes penyakit menular seksual. Hal ini dikarenakan pentingnya penanganan dini pada beberapa jenis penyakit menular seksual sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih besar.

Efek samping pil kontrasepsi darurat

Banyak wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi darurat mengalami efek samping seperti mual, muntah, nyeri payudara, pusing, kepala berputar, dan kelelahan. Beberapa efek samping biasanya jarang terjadi, dan kebanyakan bertahan dalam 1 hingga 2 hari. Siklus menstruasi seorang wanita mungkin dapat menjadi tidak teratur setelah mengkonsumsi kontrasepsi darurat.

Siapa yang boleh menggunakan kontrasepsi darurat?

Kontrasepsi darurat tidak disarankan sebagai metode kontrasepsi rutin. Pil ini digunakan hanya untuk tujuan darurat. Jika ada pasangan yang melakukan hubungan seks dan kondom yang digunakan kemudian rusak atau terlepas, atau jika seorang wanita lupa mengkonsumsi pil KB-nya selama 2 hari berturut-turut, ia dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pil kontrasepsi darurat. Pil ini juga tersedia untuk wanita yang dipaksa untuk melakukan hubungan seks yang tidak terproteksi (pemerkosaan).

Kontrasepsi darurat tidak disarankan untuk wanita yang mengetahui bahwa dirinya hamil.

BACA JUGA:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca