Usia Berapa Wanita Dikatakan Terlalu Tua untuk Hamil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/02/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

anPernahkah Anda mendengar wanita yang melahirkan di atas usia 4o tahun? Mungkin Anda merasa terheran-heran wanita yang dianggap terlalu tua untuk hamil, masih bisa melahirkan. Padahal, hamil di usia 35 tahun saja sudah berisiko tinggi mengalami komplikasi kehamilan. Memangnya, usia berapa wanita dikatakan terlalu tua untuk hamil dan melahirkan? Lalu, pada usia berapa wanita dianggap ideal untuk hamil?

Batasan usia wanita masih bisa hamil

waktu tes kehamilan

Usia ideal wanita hamil adalah saat usianya berada pada rentang 20 sampai 35 tahun. Pasalnya, setelah melewati usia ideal bagi wanita untuk hamil, wanita akan memasuki usia sulit hamil. Mengapa demikian? Menginjak usia 35 tahun ke atas, tingkat kesuburan seorang wanita akan perlahan menurun.

Meski tergolong terlalu tua untuk hamil, bukan berarti setelah usia 35 tahun wanita tidak memiliki kesempatan untuk hamil. Jika diurutkan berdasarkan usia, wanita yang berusia lebih muda memang memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengalami kehamilan. Hal ini disebabkan pengaruh pengaruh usia pada kesuburan wanita.

Sebagai contoh, usia 20-an adalah usia di mana wanita memasuki usia paling subur. Hal ini menunjukkan bahwa usia ini tergolong ideal bagi wanita untuk hamil.

Sementara itu, pada wanita memasuki usia 30 tahun, risiko kehamilan pada wanita pada usia tersebut bisa dibilang lebih tinggi, dibanding jika Anda hamil pada usia yang lebih muda.

Memang pada usia 30-an wanita masih belum tergolong terlalu tua untuk hamil, bahkan seorang wanita memang masih memiliki kemungkinan untuk hamil pada usia 40-an. Sebagian wanita mungkin saja hamil di usia 50-an, selama belum mengalami menopause.

Jadi, bisa Anda simpulkan bahwa usia 30-an masih belum tergolong terlalu tua untuk hamil dan juga melahirkan. Meski begitu, seiring bertambahnya usia, risiko mengalami komplikasi kehamilan masih tetap ada.

Usia berapa wanita dianggap terlalu tua untuk hamil?

hamil di usia 30-an 35 tahun

Jika wanita pada usia 30-an masih belum tergolong terlalu tua untuk hamil, maka pada usia berapa wanita dianggap sudah terlalu tua untuk mengalami kehamilan dan melahirkan? Ya, pada usia 30-an wanita memang masih memiliki banyak kesempatan untuk hamil.

Namun, saat mulai memasuki usia 40 tahun, tingkat kesuburan wanita mulai mengalami penurunan secara drastis. Hal ini menandakan bahwa kesempatan wanita untuk hamil pada usia tersebut semakin menipis.

Akan tetapi, ada beberapa wanita yang masih memungkinkan untuk mengalami kehamilan pada usia 50-an. Padahal, usia tersebut mungkin bisa dikatakan sebagai usia yang sudah terlalu tua untuk hamil.

Masalahnya, meskipun wanita masih memungkinkan untuk hamil di usia 35 tahun ke atas, hal ini berisiko untuk ibu dan janin. Bahkan, sebagai wanita, Anda perlu tahu bahwa hamil di usia yang terlalu tua dapat meningkatkan risiko penyakit down syndrome atau penyakit cacat kromosom lainnya pada bayi.

Sementara untuk ibu, hamil pada usia yang sudah terlalu tua ini dapat meningkatkan komplikasi kehamilan seperti preeklampsia, diabetes gestasional, dan kelahiran prematur. Maka, dapat disimpulkan bahwa usia 40 tahun ke atas sudah termasuk usia yang terlalu tua untuk hamil.

Biasanya, pasangan yang ingin punya anak di usia 40 tahun ke atas tidak bisa mewujudkannya dengan cara yang alami. Untuk membantu pasangan tersebut, dokter biasanya akan menyarankan program bayi tabung agar bisa hamil dan punya anak.

Kenapa wanita jadi semakin sulit hamil seiring bertambahnya usia?

penyebab sulit hamil

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab wanita semakin sulit hamil saat memasuki usia yang lebih lanjut. Salah satunya adalah tingkat kesuburan yang juga semakin menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini membuat kemungkinan hamil akan semakin kecil pada wanita dengan usia yang lebih tua.

Akan tetapi, Anda perlu mengingat bahwa meski telah memasuki usia yang terlalu tua untuk hamil, setiap wanita memiliki tingkat kesuburan yang berbeda-beda.

Itu sebabnya ada beberapa kasus wanita pada usia yang sudah tergolong terlalu tua masih bisa hamil. Begitu juga sebaliknya, tidak sedikit pula wanita yang sulit hamil walaupun masih dalam rentang usia ideal wanita hamil.

Selain itu, sebuah artikel yang dimuat pada laman Better Health menyatakan bahwa saat seorang wanita dilahirkan, dia sudah lahir dengan semua sel telur yang dimilikinya untuk seumur hidup. Sel-sel telur tersebut juga akan ikut menua bersamanya. Jika sel telur bertambah usianya, kualitas dan kuantitasnya akan semakin menurun.

Jadi, meski wanita tersebut menjalani hidup sehat untuk meningkatkan kesempatannya untuk hamil meski sudah memasuki usia yang terlalu tua untuk hamil, penuaan sel telur seiring bertambahnya usia seorang wanita bukan hal yang bisa dicegah.

Gambaran kesempatan wanita untuk hamil berdasarkan usia

Sebagai contoh, pada pertengahan usia 20-an, di mana wanita dianggap sedang dalam usia ideal untuk bisa hamil. Seorang wanita memiliki 25-30% kesempatan untuk bisa hamil setiap bulannya. Namun persentase tersebut juga akan menurun saat wanita telah memasuki usia 30-an. Ditambah lagi, pada usia 35 tahun, persentase itu akan menurun semakin cepat.

Pada usia 40 tahun, di mana Anda mungkin dianggap terlalu tua untuk bisa hamil, kesempatan Anda untuk bisa mengandung hanya tersisa 5% saja. Bahkan, sel telur yang masih tersisa sudah tidak akan sesempurna saat Anda masih berusia muda.

Pasalnya, semakin bertambahnya usia seorang wanita, semakin besar kemungkinan sel telur rusak karena proses penuaan atau faktor lingkungan. Sebagai contoh, kebiasaan merokok. Bahkan mungkin jika Anda adalah perokok pasif, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya sel telur yang Anda miliki.

Sementara itu, pada wanita dengan usia yang lebih tua, sel telur yang rusak akan lebih rentan mengalami kelainan kromosom. Itu sebabnya, banyak kehamilan pada wanita yang berusia 35 tahun ke atas yang akhirnya berakhir dengan keguguran.

Untuk menjamin kehamilan yang baik dan sehat, mulailah untuk merencanakan kehamilan pada usia yang ideal, yaitu usia 20 sampai 35 tahun. Dibandingkan hamil di usia yang sudah terlalu tua, disarankan untuk memulai program kehamilan pada usia ideal, sehingga  kesempatan Anda untuk bisa berhasil hamil tentu lebih besar.

Anda juga bisa meningkatkan kesuburan Anda dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat untuk ibu hamil. Sebagai contoh, makan makanan yang bergizi seimbang, olahraga teratur, dan rutin periksa kehamilan. Tidak kalah penting, upayakan untuk hamil di usia yang ideal bagi wanita untuk hamil agar kehamilan berjalan dengan lancar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 4 menit

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ibu hamil boleh puasa. Meski begitu, meneruskan puasa bagi ibu hamil dengan kondisi-kondisi ini tak cuma membahayakan kesehatannya, tapi juga bayinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020 . Waktu baca 4 menit

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ibu hamil yang berpuasa tidak bisa makan sembarangan. Berikut beberapa contoh makanan sahur untuk ibu hamil yang bisa menjadi referensi Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hari Raya, Ramadan 13/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 9 menit
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit
tanda istri hamil

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 6 menit