home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Manfaat Saffron dalam Membantu Program Hamil

Manfaat Saffron dalam Membantu Program Hamil

Manfaat saffron untuk promil dan mencegah penyakit reproduksi dapat Anda pertimbangkan jika ingin mempersiapkan kehamilan. Yuk simak selengkapnya melalui ulasan berikut.

Apa itu saffron?

manfaat saffron untuk promil

Saffron, dalam bahasa Indonesia disebut dengan kuma-kuma, adalah sejenis rempah yang berasal dari bunga pacar (Crocus sativus). Rempah ini berasal dari Yunani tapi banyak juga digunakan oleh masyarakat Iran, Maroko, India, Pakistan, dan Afganistan.

Putik pada bunga saffron yang dikeringkan dapat dimanfaatkan sebagai rempah dan banyak dicari di seluruh dunia. Oleh karena itu, harganya melambung tinggi.

Selain sebagai bumbu masakan, saffron juga menawarkan sejumlah manfaat bagi pasangan suami istri yang sedang mempersiapkan kehamilan. Yuk simak apa saja manfaat saffron untuk promil berikut ini.

Manfaat saffron untuk promil

Salah satu manfaat saffron yang paling dikenal adalah membantu pasangan suami istri dalam proses persiapan kehamilan. Mengonsumsi saffron dapat memberikan sejumlah manfaat seperti di bawah ini.

1. Meningkatkan gairah seks pada wanita

manfaat saffron untuk promil

Saffron dapat memberikan manfaat untuk promil dengan cara memicu hormon serotonin sehingga gairah seks pada wanita meningkat.

Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Human Psychopharmacology menyebutkan bahwa mengonsumsi ekstrak saffron selama minimal 6 minggu mampu meningkatkan kadar serotonin pada wanita.

Selain itu, ekstrak saffron juga dapat membantu mengatasi masalah-masalah seksual pada wanita, seperti kurangnya cairan pelumas dan rasa nyeri saat berhubungan intim.

Fokus


2. Membantu mengatasi masalah ereksi pada pria

Manfaat saffron lainnya untuk promil adalah mengatasi masalah seks pada pria, seperti disfungsi ereksi.

Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan pria untuk mempertahankan ereksi saat berhubungan intim. Meskipun manfaat saffron yang satu ini cukup tenar di masyarakat, tetapi dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

Penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Impotence Research menyebutkan bahwa konsumsi saffron tidak memberikan efek perbaikan pada ereksi pria.

Untuk mengatasi disfungsi ereksi, mengonsumsi obat dari dokter seperti alprostadil akan lebih efektif

3. Membantu mempersiapkan rahim

penyebab rahim miring

Manfaat saffron untuk promil selanjutnya adalah membantu persiapan kandungan pada wanita.

Menurut Iranian Red Crescent Medical Journal, mengonsumsi ekstrak saffron dapat membantu mempersiapkan rahim untuk proses pembuahan.

Hal ini karena saffron mengandung crocin, picrocrocin, crocetin, dan safranal. Zat-zat ini dapat membantu pergerakan otot-otot pada rahim dan mulut rahim sehingga memperbesar kemungkinan hamil.

[embed-community-13]

4. Membantu mencegah penyakit pada organ reproduksi pria

Saffron adalah rempah-rempah yang dapat memberikan efek antioksidan untuk mencegah penyakit idiopathic oligoasthenoteratozoospermia (iOAT) pada pria.

IOAT adalah penyakit yang menyerang organ reproduksi pria yang disebabkan oleh infeksi bakteri Chlamydia trachomatis atau virus herpes.

Penyakit ini diduga sebagai salah satu penyebab utama ketidaksuburan pada pria. Meski demikian, menurut Iranian Journal of Urology, belum ada bukti ilmiah yang mendukung dugaan tersebut

Apakah saffron memberikan manfaat untuk kesuburan?

Berdasarkan berbagai penelitian yang disebutkan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa konsumsi saffron tidak memberikan efek secara langsung terhadap kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

Menurut Urology Journal, zat antioksidan pada saffron memang dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit pada organ reproduksi pria namun tidak dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Manfaat saffron untuk promil dan kesuburan lebih ditujukan pada peningkatan libido seks pada pria maupun wanita dan mencegah masalah pada hubungan intim.

Dengan mengonsumsi saffron diharapkan agar suami istri semakin bergairah untuk melakukan hubungan seksual. Sehingga peluang untuk hamil menjadi semakin besar pula.

Berbagai manfaat saffron lainnya

Meskipun belum terbukti efeknya secara langsung pada kesuburan, mengonsumsi saffron tetap memberikan berbagai dampak baik bagi kesehatan.

Beberapa manfaat saffron lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan antara lain.

  • Membantu melancarkan persalinan
  • Mengatasi gejala PMS menjelang haid
  • Mencegah kanker
  • Meningkatkan daya ingat
  • Membantu mengatasi gejala depresi
  • Mencegah kelebihan berat badan
  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah
  • Membantu memperbaiki penglihatan pada lansia
  • Merawat kecantikan kulit

Cara mengolah saffron

khasiat saffron

Cara minum saffron untuk promil dan kebutuhan kesehatan lainnya ada beberapa cara, antara lain:

  • meminum pil yang terbuat dari ekstrak saffron,
  • menggunakannya sebagai rempah pada masakan,
  • memasaknya dalam air mendidih untuk dijadikan teh,
  • merendam saffron dalam air lalu mengoleskan pada wajah, dan
  • mencampurkan dengan susu untuk dijadikan masker.

Efek samping saffron

Meskipun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, saffron ternyata memberikan efek samping bagi ibu hamil yakni dapat menyebabkan keguguran.

Melansir dari Asia Pacific Journal of Medical Toxicology, sebuah penelitian menunjukkan bahwa angka keguguran terhadap para petani wanita di kebun saffron cenderung lebih tinggi.

Selain itu, mengonsumsi saffron dapat meningkatkan aktivitas otot organ reproduksi wanita. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Terutama pada masa kehamilan trimester pertama.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Kashani, L. (2012, December 20). Saffron for treatment of fluoxetine-induced sexual dysfunction in women: randomized double-blind placebo-controlled study. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23280545/ Accessed 17 March, 2021

Modabbernia, A. (n.d.). Effect of Saffron on fluoxetine-induced sexual impairment in men: Randomized double-blind placebo-controlled trial. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22552758/ Accessed 17 March, 2021

Heidary, M. (2008). Effect of Saffron on semen parameters of infertile men. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19101900/ Accessed 17 March, 2021

Safarinejad, M. R. (2010, September 7). A prospective double-blind randomized placebo-controlled study of the effect of Saffron (Crocus sativus Linn.) on semen parameters and seminal plasma antioxidant capacity in infertile men with idiopathic oligoasthenoteratozoospermia. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20824894/ Accessed 17 March, 2021

Sadi, R. (2016, June 20). Effect of Saffron (Fan Hong Hua) on the readiness of the uterine cervix in term pregnancy: A placebo-controlled randomized trial. PubMed Central (PMC). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5285732/ Accessed 17 March, 2021

gorginzadeh, M. (2018, November). Smooth muscle relaxant activity of crocus sativus (Saffron) and its constituents: Possible mechanisms. PubMed Central(PMC). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6235659/ Accessed 17 March, 2021

Safarinejad, M. R. (2010, June 3). An open label, randomized, fixed-dose, crossover study comparing efficacy and safety of sildenafil citrate and Saffron (Crocus sativus Linn.) for treating erectile dysfunction in men naive to treatment. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20520621/
Accessed 17 March, 2021
Majzoub, A. (2017, July). Antioxidant therapy in idiopathic oligoasthenoteratozoospermia. PubMed Central (PMC). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5508431/ Accessed 17 March, 2021
Mall, T. P. (n.d.). WJPR | Abstract. WELCOME TO WJPR. https://wjpr.net/index.php/dashboard/abstract_id/6871 Accessed 17 March, 2021
Ajam, M. (2014, January 6). Increased miscarriage rate in female farmers working in Saffron fields: A possible effect of Saffron toxicity. Asia Pacific Journal of Medical Toxicology. https://apjmt.mums.ac.ir/article_3047.html Accessed 17 March, 2021

 

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita