Rutin Olahraga Bisa Meningkatkan Peluang Hamil Wanita yang Punya PCOS

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Sindrom ovarium polikistik alias PCOS adalah gangguan keseimbangan hormon yang menyebabkan menstruasi jadi tidak teratur. Masalah menstruasi ini kemudian dapat menyebabkan wanita dengan PCOS sulit hamil. Meski begitu, memiliki PCOS bukan berarti Anda tidak akan bisa hamil. Wanita dengan PCOS masih bisa mengusahakan kehamilan dengan lebih rutin berolahraga. Lho, memang apa manfaatnya olahraga untuk PCOS?

Rutin olahraga untuk PCOS bantu tingkatkan peluang sukses hamil

Wanita dengan PCOS biasanya memiliki kista kecil (kantong berisi cairan) di ovarium, sehingga membuatnya membesar. Kista ini tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan kadar hormon estrogen dan progesteron menjadi tidak seimbang. Gangguan hormon ini menyebabkan berbagai gejala, mulai dari menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebih, jerawat, dan kelebihan berat badan atau obesitas. Gangguan hormon ini juga membuat wanita dengan PCOS lebih sulit hamil daripada wanita lainnya.

Kabar baiknya, dr. Richard S. Legro, seorang spesialis kandungan di Penn State College of Medicine, mengatakan bahwa peluang sukses hamil ketika Anda memiliki PCOS bisa ditingkatkan dengan rutin berolahraga. Kebugaran tubuh dilaporkan sangat menentukan peluang Anda agar bisa hamil.

Rutin berolahraga, yang tentu harus diimbangi dengan pola makan sehat seimbang khusus untuk PCOS, dapat membantu Anda mengendalikan berat badan berlebih. Semakin banyak lemak menumpuk dalam tubuh, tubuh jadi makin kewalahab untuk mengatur produksi hormon estrogen. Akhirnya jumlah hormon tersebut menjadi tidak normal, yang membuat siklus haid Anda ikut berantakan.

Olahraga teratur juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta meningkatkan resistensi insulin. Tidak hanya itu, olahraga yang dilakukan secara teratur juga bisa membantu Anda lebih efektif mengelola stres, membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas, hingga menghindari gejala depresi. Semua ini pada akhirnya bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan kesuburan Anda secara menyeluruh.

Itu sebabnya mengapa para ahli menyarankan wanita yang memiliki PCOS untuk rajin olahraga dan menerapkan diet sehat. Kedua perubahan gaya hidup ini membantu menurunkan berat badan yang akhirnya bisa membantu tubuh untuk mengatur hormon reproduksi dengan lebih baik.

Olahraga rutin lebih efektif mempercepat kehamilan pada wanita PCOS daripada hanya pakai pil KB

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum pil KB dapat meningkatkan kesuburan pada wanita dengan PCOS. Pil KB bekerja menstabilkan produksi hormon dalam tubuh. Meski begitu, penelitian lain melaporkan bahwa manfaat rutin olahraga untuk PCOS tetap lebih besar terhadap peluang hamil daripada hanya dengan mengonsumsi pil KB saja.

Hasilnya menunjukkan bahwa olahraga membantu menurunkan berat badan secara kontinyu yang dapat meningkatkan kesehatan reproduksi serta metabolisme wanita. Sebaliknya, hanya minum kontrasepsi oral saja belum tentu menjamin siklus haid wanita akan lebih teratur.

Memiliki siklus menstruasi yang lebih teratur akan memudahkan Anda untuk memprediksi masa ovulasi guna merencanakan kehamilan. (Untuk tahu lebih lanjut seputar masa subur Anda, coba cek di Kalkulator Masa Subur HelloSehat atau di tautan berikut: https://bit.ly/2w2LxNa).

Apa olahraga yang tepat jika memiliki PCOS?

Pada dasarnya, olahraga apapun efektif untuk meningkatkan peluang Anda hamil jika memiliki PCOS  asalkan dilakukan secara teratur. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih antara lain jalan kaki, lari, berenang, yoga, dan naik sepeda.

Penting untuk diingat, sebaiknya olahraga dilakukan sesuai kemampuan tubuh Anda. Jangan memaksa untuk berolahraga terlalu sering dengan intensitas yang berat. Penelitian membuktikan kalau olahraga berlebihan lima jam seminggu (atau bahkan lebih) bisa menurunkan peluang hamil hingga sebesar 42 persen. Maka itu, sebaiknya olahraga sewajarnya saja.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca