Benarkah Buah Zuriat Bisa Bikin Cepat Hamil?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Ada seribu satu cara yang bisa dilakukan agar pasangan cepat dapat momongan. Nah, satu cara yang cukup difavoritkan oleh orang Indonesia adalah dengan makan buah zuriat. Buah ini cukup susah ditemukan di Indonesia, namun mudah didapatkan di negara Timur Tengah. Maka dari itu, buah zuriat sering dijadikan titipan saat ada kerabat dekat yang pergi ibadah ke Tanah Suci. Namun, apa benar buah ini benar-benar bisa bikin cepat hamil?

Apa itu buah zuriat?

Buah zuriat atau biasa disebut sebagai buah doum punya nama latin Hyphaene thebaica. Buah ini juga dikenal akrab sebagai pohon palem Afrika. Habitat aslinya berada di sekitar hulu sungai Nil, Mesir.  

Buah doum memiliki bentuk bulat seukuran 6 x 5 cm, berwarna kuning hingga coklat. Buah ini punya rasa seperti manis seperti roti jahe. Maka dari itu zuriat juga sering disebut sebagai buah gingerbread.

dijadikan minuman tradisional masyarakat Mesir. Doum biasa diekstrak dan diminum airnya untuk mendapatkan manfaat kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Apa benar buah zuriat bisa bikin cepat hamil?

Belum ada penelitian valid yang menyatakan bahwa buah zuriat ampuh menyuburkan kandungan. Namun, penelitian yang dilakukan di Mesir mengatakan bahwa buah doum punya kandungan antioksidan. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan kemungkinan baik untuk regenerasi sel reproduksi.

Senyawa antioksidan bekerja dengan cara menghilangkan oksigen reaktif, di mana senyawa ini dihasilkan secara alami oleh tubuh. Pada saat Anda mengalami stres, tubuh akan menghasilkan kadar oksigen reaktif yang cukup tinggi, ini disebut dengan stres oksidatif.

Stres oksidatif dapat merusak sel-sel, termasuk sel telur (ovum) dan sperma yang penting untuk reproduksi. Mengurangi stres oksidatif dalam tubuh sama artinya dengan meningkatkan kesehatan reproduksi yang dapat memperbesar peluang kehamilan.

Apa saja manfaat buah zuriat?

Selain potensinya yang baik untuk menunjang kesehatan reproduksi, peneliti juga menemukan manfaat lain dari buah zuriat. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mengurangi plak lemak dalam pembuluh darah

Penelitian di atas menemukan kandungan turunan fenol, seperti tirosol 3-OH, asam E-vanillic, catechin, dan asam klorogenat yang tinggi. Selain itu, ditemukan juga kandungan asam alpha-coumaric, asam cinnamic, p-coumaric acid dan coumarin.

Penelitian lain tahun 2014 menemukan bahwa fenol dalam ekstrak air buah zuriat dapat mengurangi kondisi hiperlipidemia pada sindrom nefrotik dan bermanfaat menurunkan risiko penyempitan atau penebalan arteri (aterosklerosis).

2. Mengandung vitamin B kompleks

Selain tinggi antioksidan, buah doum juga diyakini kaya akan vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, B9 dan B12)

Namun sayang, merebus buah zuriat terlalu lama dapat mengurangi jumlah vitamin B, kecuali vitamin B1 yang sedikit meningkat.

3. Manfaat lainnya

Selain itu, ada juga manfaat kandungan flavonoid pada ekstrak buah zuriat. Flavonoid, berfungsi sama seperti antioksidan lain, mencegah radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh. Selain itu, zat flavonoid ini juga memiliki sifat antihistamin, antimikroba, dan dapat meningkatkan daya ingat dan mood.

Coba beberapa makanan berikut ini untuk tingkatkan kesuburan

1. Biji bunga matahari alias kuaci

Biji bunga matahari mengandung sumber vitamin E yang sangat baik untuk kesuburan Vitamin E telah terbukti meningkatkan kesuburan pria dengan cara meningkatkan motilitas sperma, meningkatkan jumlah sperma, dan meningkatkan DNA sel reproduksi.

2. Tomat

Tomat adalah buah yang mengandung likopen dengan antioksidan kuat di dalamnya. Likopen telah diteliti dapat meningkatkan kesuburan pria. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 4 hingga 8 mg likopen per hari selama 8 hingga 12 bulan dapat meningkatkan kualitas air mani atau sperma pria dan meningkatkan peluang kehamilan bagi wanita.

3. Kacang dan lentil

Kacang dan lentil adalah sumber protein yang baik untuk wanita. Protein nabati dari kacang-kacangan lebih baik untuk kesuburan daripada protein hewani, terutama untuk wanita dengan masalah ovulasi. Lentil adalah biji-bijian dengan kandungan polyamine spermidine tingkat tinggi, yang dapat membantu sperma membuahi sel telur.

4. Telur

Telur adalah sumber vitamin B yang baik untuk kesuburan. Lemak omega-3 di dalam telur juga sama baiknya sama dengan kandungan ikan yang baik untuk kesuburan. Selain itu,  telur merupakan sumber protein tanpa lemak yang murah dan mudah didapat.

5. Kayu manis

Pada sebuah penelitian yang dikutip dari Verywell, kayu manis bisa membuat kadar glukosa pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) berkurang perlahan.

Penelitian ini meneliti 45 wanita dengan kondisi PCOS diminta untuk mengonsumsi suplemen kayu manis atau plasebo selama enam bulan.

Hasilnya, para wanita yang mengonsumsi suplemen kayu manis menunjukkan peningkatan ovulasi dan jadwal menstruasi yang mulai kembali teratur. Sedangkan wanita yang hanya mengonsusmi plasebo, mereka tidak menunjukkan peningkatan masalah reproduksi apapun.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca