Hasil Testpack 1 Garis Tebal, Apa Artinya?

    Hasil Testpack 1 Garis Tebal, Apa Artinya?

    Saat melakukan tes kehamilan menggunakan alat testpack, hasil pemeriksaan umumnya akan ditunjukan dengan kemunculan garis pada alat yang menandakan apakah kehamilan positif atau negatif. Meski cukup akurat, hasil tes dengan garis terkadang dapat membingungkan dan sulit diartikan. Lalu, bagaimana jika hasil testpack menunjukan 1 garis tebal? Apakah artinya? Ketahui selengkapnya di bawah ini.

    Apakah artinya jika hasil testpack 1 garis tebal?

    gambar cara memakai tespek

    Secara umum, jika hasil tes kehamilan dengan alat testpack atau tespek berupa 1 garis tebal, maka hasilnya bisa disebut negatif. Artinya, kemungkinan Anda sedang tidak hamil.

    Garis pada testpack akan ditentukan oleh hormon kehamilan yang disebut dengan hormon human chorionic gonadotropin (hCG).

    Secara normal, hCG hanya akan diproduksi oleh tubuh saat sedang hamil.

    Bila terjadi kehamilan, tubuh akan mulai memproduksi hormon hCG yang terus bertambah seiring dengan perkembangan janin di dalam rahim.

    Hormon tersebut juga akan masuk dan terkandung di dalam urine. Oleh karena itu, saat dilakukan tes urine dengan testpack, alat tes tersebut akan mendeteksi hormon hCG.

    Apabila jumlah hormon hCG yang dihasilkan tubuh sudah cukup banyak, hasil yang muncul pada alat tes dapat berupa 2 garis yang berarti positif.

    Perlu diingat bahwa semakin banyak kadar hormon hCG yang terkandung pada urine, maka akan semakin mudah mendeteksi kehamilan.

    Sementara jika tidak terjadi kehamilan, tubuh tidak akan menghasilkan hormon hCG. Pada kondisi ini, alat tespek hanya akan menunjukan hasil 1 garis tebal yang berarti negatif.

    Perhatikan kemungkinan hasil negatif palsu

    hamil kosong

    Meski demikian, terkadang alat testpack menunjukan hasil yang salah dan hasil negatif palsu juga bisa terjadi.

    Hasil negatif palsu dengan testpack bisa berupa 1 garis tebal atau 1 garis tebal dengan 1 garis samar-samar.

    Terkadang, muncul 1 garis yang terlihat sangat samar hingga cukup sulit dipastikan.

    Hasil tersebut bisa menandakan bahwa telah terjadi kehamilan, tetapi alat tes tidak dapat mendeteksinya dengan baik.

    Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi hasil tes kehamilan dengan alat testpack hingga bisa menunjukan hasil negatif palsu, yang meliputi berikut ini.

    1. Tes dilakukan terlalu dini

    Hasil 1 garis tebal dan 1 garis samar pada testpack terkadang bisa terjadi karena melakukan tes kehamilan terlalu cepat.

    Meski banyak alat testpack yang menyatakan bisa mendeteksi kehamilan sejak hari pertama telat haid, para ahli menemukan bahwa keakuratan alat ini cukup sulit dipastikan di masa awal kehamilan.

    Melansir dari Women’s Health, ini karena biasanya kadar hormon hCG di dalam tubuh belum cukup banyak, sehingga sulit terdeteksi oleh tespek.

    Pada kondisi ini, hasil 1 garis tebal dan 1 garis samar mungkin bisa menandakan kehamilan.

    Hanya saja, untuk memastikannya, tes perlu dilakukan kembali setelah beberapa hari saat kadar hormon hCG sudah semakin menungkat.

    Umumnya, waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan dengan testpack adalah 1—2 minggu setelah hari pertama telat haid.

    2. Urine terlalu encer

    Hasil 1 garis samar dan 1 garis tebal pada testpack juga bisa disebabkan oleh urine yang terlalu enccer.

    Minum terlalu banyak cairan bisa membuat urine menjadi terlalu encer. Akibatnya, kandungan zat di dalam urine bisa menjadi terlalu larut hingga sulit dideteksi saat tes urine, termasuk dengan alat testpack.

    Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya jangan minum terlalu banyak cairan sebelum melakukan tes kehamilan.

    Atau, agar lebih tepat, lakukan tes di pagi hari segera setelah bangun tidur ketika tubuh baru saja mengalami puasa selama tidur.

    3. Keguguran dini

    Jika pada tes kehamilan dengan testpack yang kedua kali hasil masih menunjukan 1 garis samar dan 1 garis tebal, maka ada kemungkinan telah terjadi keguguran dini.

    Keguguran dini bisa terjadi sejak beberapa hari atau beberapa minggu pertama kehamilan.

    Keguguran ini cukup umum terjadi dan sering kali tidak disadari oleh ibu hamil.

    Ibu yang mengalami keguguran dini biasanya juga tidak akan mengalami kondisi yang serius setelahnya dan bisa kembali hamil dengan normal.

    4. Kehamilan etopik

    Kehamilan etopik juga bisa menyebabkan munculnya hasil testpack 1 garis tebal dan 1 garis samar.

    Sama seperi keguguran, kehamilan etopik juga menandakan bahwa janin di alam rahim tidak bisa berkembang dengan baik.

    Oleh karena itu, meski tubuh telah menghasilkan hormon hCG, kadar hormon tidak cukuo banyak dan sulit terdeteksi oleh alat tes kehamilan.

    Cara melakukan tes kehamilan yang tepat dengan testpack

    Agar hasil tes kehamilan dengan testpack lebih tepat dan akurat, tes perlu dilakukan dengan baik dan benar.

    Dengan begitu, kemungkinan pemeriksaan testpack menunjukan hasil negatif palsu, dengan hanya 1 garis tebal atau diserta 1 garis samar, bisa dihindari.

    Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan tes kehamilan dengan testpack.

    • Selalu baca petunjuk penggunaan pada kemasan dan ikuti setiap langkahnya.
    • Jika sedang mengonsumsi obat-obatan, hubungi dokter terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada jenis obat yang bisa memengaruhi hasil tes kehamilan.
    • Hindari minum air terlalu banyak sebelum melakukan tes.
    • Pastikan testpack belum memasuki tanggal kedaluwarsa.

    Bila perlu, tes dapat dilakukan lebih dari sekali untuk memastikan hasilnya.

    Untuk mengetahui lebih tepat hasil tes kehamilan dengan testpack, pemeriksaan lebih lanjut ke dokter juga dapat dilakukan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Home pregnancy tests: Can you trust the results?. (2022). Retrieved 3 October 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/home-pregnancy-tests/art-20047940

    Human Chorionic Gonadotropin: Hormone, Purpose & Levels. (2022). Retrieved 3 October 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/22489-human-chorionic-gonadotropin

    Pregnancy tests | Office on Women’s Health. (2022). Retrieved 3 October 2022, from https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/pregnancy-tests

    When to Take a Pregnancy Test | Options, Cost and Accuracy. (2022). Retrieved 3 October 2022, from https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-tests

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui Oct 21
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita