Garis Samar pada Test Pack, Apakah Saya Hamil?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Tidak mengalami menstruasi merupakan salah satu tanda awal bahwa Anda mungkin hamil. Lalu, langkah selanjutnya, Anda mungkin akan segera melakukan tes kehamilan. Beberapa tes kehamilan lebih akurat dan sensitif daripada yang lain. Satu garis berarti Anda tidak hamil, dan dua garis berarti Anda hamil. Namun, tidak semua tes akan memberikan hasil yang jelas. Hasil tes dari test pack bisa saja hanya berupa garis samar yang membuat Anda bingung apakah sebenarnya Anda hamil atau tidak.

Garis samar pada test pack yang berarti Anda positif hamil

Jika Anda melakukan tes kehamilan sendiri di rumah dan hasilnya memperlihatkan hasil positif yang samar-samar, terdapat kemungkinan besar bahwa Anda hamil. Dalam kasus ini, garis hanya muncul secara samar mungkin karena kadar hormon kehamilan Anda, atau human chorionic gonadotropin hormone (hCG), masih rendah.

Segera setelah Anda hamil, tubuh akan segera memproduksi hCG. Kadar hormon ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Test pack dibuat untuk mendeteksi hormon hCG ini. Jika hormon hCG terdapat dalam urin Anda, maka hasilnya akan positif. Jadi, perlu diingat, bahwa semakin banyak hormon hCG dalam tubuh Anda, maka akan semakin jelas garis yang terlihat pada testpack.

Beberapa wanita melakukan tes kehamilan pada usia kehamilan yang sangat awal. Pada waktu ini, walau hCG terdapat di urin, namun kadarnya tidaklah banyak. Hal inilah yang membuat garis yang muncul terlihat samar.

Garis samar pada test pack yang bukan tanda hamil

Mendapatkan hasil positif yang samar tidak selalu berarti Anda hamil. Kadang, garis positif yang muncul bukanlah garis positif yang sebenarnya, melainkan hanya sebuah garis penguapan atau garis evaporasi. Garis ini dapat muncul pada test pack ketika urin menguap dari stik testpack. Jika garis ini muncul pada hasil tes Anda, Anda bisa saja salah mengartikannya.

Akan sulit untuk membedakan apakah garis yang muncul merupakan hasil positif yang samar atau hanya merupakan garis evaporasi. Perbedaan utama dari keduanya adalah, garis evaporasi baru akan muncul beberapa menit setelah waktu yang ditentukan untuk membaca hasil tes.

Jika Anda melakukan tes sendiri di rumah, penting bagi Anda untuk membacanya dengan hati-hati sesuai dengan petunjuk yang tertera. Jika anda membaca hasil dalam rentang waktu yang tertulis pada kemasan dan melihat hasil positif yang samar, maka kemungkinan besar Anda hamil. Namun, jika Anda melewatkan waktu yang telah ditentukan untuk membaca hasil, maka garis samar yang muncur bisa jadi merupakan garis evaporasi, yang berarti Anda tidak hamil. Jika Anda bingung menentukannya, maka Anda dapat mengulangi tes Anda. Jika memungkinkan, tunggulah selama dua hingga tiga hari sebelum Anda mengulanginya. Jeda waktu ini akan memberikan waktu bagi tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon kehamilan sehingga memberikan hasil yang lebih jelas jika Anda benar-benar hamil.

Melakukan tes kehamilan di pagi hari juga merupakan keputusan yang baik, karena semakin pekat urin, maka hasilnya akan semakin jelas. Pastikan Anda membaca hasilnya dalam rentang waktu yang tertera pada testpack Anda.

Garis samar pada test pack yang artinya Anda hanya hamil secara kimia

Sayangnya, garis positif yang samar juga merupakan suatu tanda bahwa Anda hanya hamil secara kimiawi, yang artinya Anda mungkin mengalami abortus atau keguguran dini. Pada kasus ini, telur yang telah dibuahi akan tertanam di rahim, hal inilah yang akan merangsang terbentuknya hormon kehamilan. Namun, tidak lama setelah tertanam di rahim, Anda mengalami keguguran. Jika Anda melakukan tes kehamilan pada saat ini, maka hasilnya akan menunjukkan garis positif yang samar. Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan masih tersisa dalam jumlah sedikit dalam tubuh Anda.

Anda mungkin tidak akan mengalami gejala apa pun. Gejala yang mungkin terjadi hanyalah berupa perdarahan yang menyerupai siklus menstruasi Anda, dan keram perut ringan. Perdarahan dapat terjadi di sekitar waktu menstruasi Anda sehingga Anda tidak sadar bahwa Anda sebenarnya tengah mengalami keguguran. Namun, jika Anda melakukan tes ketika sedang mengalami perdarahan dan hasilnya merupakan garis positif samar, Anda mungkin mengalami keguguran.

Yang harus Anda lakukan kalau test pack menunjukkan garis samar

Jika Anda tidak yakin apakah garis positif samar yang muncul pada tes kehamilan Anda memang merupakan hasil yang positif atau bukan, ulangi tes sekali lagi setelah beberapa hari atau berkonsultasilah pada dokter. Dokter kandungan mungkin akan menyarankan pemeriksaan urin atau darah untuk Anda dan memberikan jawaban yang lebih pasti mengenai kondisi Anda.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ciri-Ciri Hamil dari yang Paling Sering Muncul Sampai Tak Terduga

Telat haid dan mual-mual adalah tanda-tanda hamil yang paling umum. Namun, tahukah Anda, mimisan dan sakit kepala juga termasuk ciri-ciri hamil muda?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Penelitian membuktikan, bahkan pria berumur 80 tahun pun masih mungkin memiliki kualitas sperma yang baik jika mengonsumis makanan penyubur sperma berikut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Aborsi boleh saja dilakukan apabila ada indikasi medis. Apa saja pilihan cara menggugurkan kandungan yang aman? Simak selengkapnya di halaman ini. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

salah menggunakan test pack

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Test Pack

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
bercak darah tanda hamil atau menstruasi

Apa Bedanya Bercak Darah Tanda Hamil atau Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
garis hitam di perut linea nigra

Kenali Linea Nigra, Garis Hitam “Khas” di Perut Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit