Apakah Efek Sterilisasi Vasektomi Dapat Dibatalkan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19 Desember 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Vasektomi adalah pilihan kontrasepsi yang paling diandalkan untuk pria. Metode KB khusus pria ini terbukti 99% efektif mencegah kehamilan. Artinya, hanya kurang dari 1 dari 100 wanita yang kebobolan hamil setelah satu tahun pria “disterilkan”. Namun jika ke depannya Anda berubah pikiran, apakah efek sterilisasi permanen dari vasektomi dapat dibatalkan agar Anda dan pasangan bisa kembali mencoba punya anak?

Sekilas tentang prosedur vasektomi

Vasektomi adalah proses pemotongan atau pemblokiran saluran vas deferens. Vas deferens adalah sebuah saluran berbentuk tabung kecil di dalam buah zakar (skrotum) yang bertugas membawa sperma dari testis menuju penis. Prosedur ini juga disebut dengan sterilisasi.

Ada dua cara yang tersedia untuk melakukan sterilisasi, yaitu dengan atau tanpa pisau bedah. Pada cara kovensional, dokter bedah akan membuat dua buah sayatan pada bagian atas masing-masing buah skrotum dan bagian bawah penis. Setelahnya dokter akan mengangkat, mengikat, atau menyumbat vas deferens lewat katerisasi. Bekas sayatan kemudian akan dijahit.

Apabila Anda memilih jalur tanpa pisau bedah, dokter pertama-tama akan menggunakan penjepit kecil untuk menahan saluran yang akan dipotong kemudian membuat lubang kecil pada kulit skrotum dan memotong sebagian saluran sebelum mengikatnya.

Vasektomi akan menutup akses sperma untuk mengalir bercampur bersama air mani. Itu kenapa pria yang sudah steril sangat tipis kemungkinannya untuk bisa membuahi sel telur wanita karena air mani mereka tidak lagi mengandung sperma.

Efek sterilisasi ini sebenarnya permanen. Namun, hampir sebagian besar kasusnya dapat dikembalikan seperti semula; dengan cara yang lebih rumit daripada tindakan vasektomi awal.

Pria yang ingin kembali subur bisa jalani vasektomi reversal

Vasektomi reversal adalah prosedur untuk membalikkan atau membatalkan tindakan vasektomi sewaktu dulu.

Untuk melakukannya, dokter bedah harus kembali ke lokasi potongan semula dan menyatukan kembali dua bagian saluran vas deferens yang dipotong menggunakan benang jahit yang sangat halus. Bahkan lebih tipis dari rambut manusia. Saking tipisnya, dokter akan melakukan penjahitan ini lewat mikroskop khusus yang dapat membuat semuanya terlihat menjadi 25 kali lebih besar.

Teorinya terdengar mudah, tapi pada kenyataannya kadang jauh lebih rumit dari itu. Sebagai contoh bila bagian saluran vas deferens yang dibuang cukup banyak waktu vasektomi pertama dulu, maka akan lebih sulit untuk meregangkan dua ujung saluran tersebut untuk dijahit agar menutup celah yang ada.

Prosedur ini juga akan jadi lebih rumit apabila dokter menemukan penumpukan cairan yang menyumbat di area buntu bekas tempat pemotongan. Jika dokter tidak dapat membuang sumbatan tersebut, maka dokter harus menggabungkan vas deferens ke saluran sperma yang berbeda dan mengubah rute jalur ejakulasi Anda. Dengan kata lain, kedua bagian vas deferens tidak dapat digabungkan pada tempat awal saluran tersebut dipotong.

Lalu, apa tandanya kalau vasektomi reversal berhasil?

Salah satu tanda yang bisa membuktikan keberhasilan vasektomi reversal adalah kemunculan sel sperma sehat dan baru di dalam air mani Anda dalam beberapa bulan setelahnya. Cara mengetahuinya hanya lewat tes analisis sperma di laboratorium.

Dokter akan mengumpulkan sampel air mani Anda dan memeriksanya selama 4 hingga 6 bulan. Rentang waktu ini cukup lama untuk tubuh bisa mengembalikan jumlah sperma yang normal. Ketika sperma Anda kembali muncul cukup banyak dalam air mani, peluang keberhasilan untuk hamil juga tentunya akan naik.

Perhatikan juga risiko efek sampingnya

Selain risiko kegagalan, efek samping lainnya dari vasektomi reversal dapat muncul berupa:

  • Perdarahan di skrotum sehingga menyebabkan bengkak dan rasa nyeri. Untuk menghindarinya, pastikan untuk mengikuti perintah dokter Anda sebelum dan sesudah operasi.
  • Infeksi. Hal ini merupakan efek samping yang dapat timbul dari tindakan apapun. Jika Anda terkena infeksi, dokter Anda kemungkinan besar akan mengobatinya dengan memberikan antibiotik.
  • Buah zakar terus-terusan terasa sangat nyeri. Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki rasa sakit yang tidak berkurang dengan obat-obatan.

Meski begitu, risiko efek samping ini sebetulnya sangat jarang.

Vasektomi reversal tidak selalu efektif

Prosedur ini bisa saja gagal bahkan jika kedua ujung vas deferens berhasil digabungkan kembali. Rata-rata peluang keberhasilan tindakan pembalikan vasektomi berkisar antara 40-90 persen.

Seberapa besar peluang sukses vasektomi reversal sangat tergantung dari rentang jarak waktu antara prosedur vasektomi pertama dan reversalnya. Semakin lama jarak waktunya, sumbatan atau rintangan antar saluran vas deferens dan epididimis akan terbentuk sehingga perlu diperbaiki dulu sebelum menjalani vasektomi reversal.

Keberhasilan tindakan pembalikan vasektomi juga tergantung pada kemunculan jaringan parut setelah pembadahan dan konsumsi suplemen hormon yang dapat mengurangi jumlah sperma Anda. Apabila jumlah sperma yang ada di setiap ejakulasi nantinya lebih sedikit, maka peluang kehamilan juga menurun.

Beberapa pria juga dapat membangun antibodi terhadap sperma mereka sendiri. Antibodi sperma (ASA) akan menghancurkan sel sperma sehat karena menganggapnya sebagai benda asing. Maka ketika nantinya pria itu berejakulasi, air maninya tidak mengandung sel sperma yang bisa membuahi sel telur wanita. Antibodi sperma adalah salah satu penyebab tidak subur pada pria.

Sederhananya, efek pembalikan vasektomi ini bekerja layaknya dua sisi mata uang. Anda bisa saja kembali subur dan dapat memiliki keturunan lagi, atau sebaliknya. Apabila setelah melakukan reversal Anda tetap kesulitan punya anak secara alami, masih ada pilihan lain yang mungkin dapat dilakukan, seperti program bayi tabung (IVF/ICSI) atau adopsi.

 

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sebenarnya, Program Keluarga Berencana (KB) Itu Apa, Sih?

Program keluarga berencana (KB) yang dicanangkan oleh BKKBN terbukti turunkan angka kelahiran di Indonesia sejak tahun 1991. Apa lagi manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 9 Februari 2021 . Waktu baca 9 menit

Mengulas Tubektomi, Prosedur Sterilisasi Wanita untuk Cegah Kehamilan

Bagi pasangan yang sudah tidak menginginkan momongan, tubektomi adalah salah satu pilihan kontrasepsi terbaik. Yuk, cari tahu informasi lengkapnya di sini!

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 3 Februari 2021 . Waktu baca 9 menit

Tisu Magic untuk Mengatasi Masalah Ejakulasi Dini, Apakah Aman?

Tisu magic adalah produk yang cukup populer karena klaimnya yang mampu memperkuat ereksi. Apakah produk ini aman digunakan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Pria, Impotensi 1 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kalau Terlambat Suntik KB, Apakah Bisa Hamil?

Agar bekerja secara efektif mencegah kehamilan, jangan sampai telat melakukan suntik KB. Tapi, apa yang akan terjadi jika terlambat suntik KB, ya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 1 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

air mani pria

7 Fakta Menarik Seputar Air Mani Pria, Ternyata Berbeda dengan Sperma, Lho!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit
penyebab sperma cair dan encer

5 Penyebab Sperma Encer dan Cair, Apakah Normal?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
Kondom wanita

Kondom Wanita Juga Efektif Cegah Kehamilan, Ini Cara Memakainya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 12 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara membesarkan penis

Benarkah Ada Cara Membesarkan Penis yang Efektif? Cari Tahu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10 Februari 2021 . Waktu baca 10 menit