home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bolehkah Wanita Tidur Telentang Saat Hamil? Ini Jawabannya!

Bolehkah Wanita Tidur Telentang Saat Hamil? Ini Jawabannya!

Anda yang sedang hamil, apalagi setelah memasuki trimester kedua, mungkin merasa kurang nyaman saat tidur. Namun, hati-hati ketika Anda mencoba berbagai posisi tidur. Pasalnya, tidur telentang saat hamil ternyata bahaya bagi janin dan kesehatan Anda sendiri. Bagaimana bisa, ya? Simak terus artikel ini untuk mencari tahu jawabannya.

Bahaya bagi janin jika ibu tidur telentang saat hamil

Menurut seorang pakar kehamilan dan kandungan dari Amerika Serikat, dr. Richard Henderson, tidur telentang saat hamil bisa membahayakan janin. Alasannya, ketika Anda berbaring telentang, beban dari rahim Anda akan memperlambat sirkulasi darah ke area jantung. Akibatnya, jantung jadi kesulitan memompa dan mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk janin.

Padahal, darah dibutuhkan oleh janin sebagai sumber oksigen serta zat gizi. Menurut sebuah penelitian di New Zealand, gangguan sirkulasi darah ini bisa menyebabkan detak jantung bayi tidak stabil. Akan tetapi, dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan, bahaya-bahaya tersebut umumnya baru akan muncul setelah trimester kedua.

Risiko bagi ibu jika tidur telentang saat hamil

Selain membahayakan bayi, tidur telentang saat hamil juga bisa menimbulkan berbagai risiko bagi Anda. Beberapa di antaranya adalah nyeri punggung, pusing, wasir (hemorrhoid), sulit bernapas, tekanan darah rendah (hipotensi), dan gangguan pencernaan.

Menurut dr. Richard Henderson, sebenarnya sesekali tidur telentang saat hamil tidak menimbulkan risiko yang cukup serius, apalagi kalau hanya beberapa menit saja. Pasalnya, saat tidur Anda mungkin secara tak sadar berubah posisi. Tidur telentang saat hamil baru akan berisiko tinggi jika dilakukan setiap malam.

Posisi tidur ideal bagi ibu hamil

Namun, untuk menghindari risiko apa pun, cobalah untuk tidur dengan posisi yang ideal saat hamil. Tidur dengan posisi menyamping ke kiri adalah cara yang paling aman. Dengan posisi ini, tubuh Anda serta janin akan menerima tekanan yang sangat minim dibandingkan posisi-posisi lain seperti telentang, tengkurap, atau miring ke kanan. Pasalnya, beban dari rahim akan dipindahkan ke sisi Anda, bukan menekan perut, hati, atau organ tubuh lainnya. Sirkulasi darah pun jadi lebih lancar jika Anda tidur dengan posisi miring ke kiri.

Biasakanlah untuk tidur dengan posisi menyamping. Dengan membiasakan posisi ini, kemungkinan Anda berubah posisi waktu tidur akan jadi semakin kecil. Supaya lebih nyaman, Anda juga bisa mengganjal perut dengan bantal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sleep position in pregnancy Q&A. (2021). Retrieved 16 February 2021, from https://www.tommys.org/pregnancy-information/im-pregnant/sleep-side/sleep-position-pregnancy-qa

MiNESS – is there a link between stillbirth and a woman’s position going to sleep?. (2021). Retrieved 16 February 2021, from https://www.tommys.org/research/research-topics/stillbirth-research/sleeping-position-and-stillbirth

Exactly How Bad Is It to Sleep on Your Back When You’re Pregnant?. (2018). Retrieved 16 February 2021, from https://health.clevelandclinic.org/exactly-how-bad-is-it-to-sleep-on-your-back-when-youre-pregnant/

Best Sleeping Positions While Pregnant | American Pregnancy Association. (2019). Retrieved 16 February 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/sleeping-positions-while-pregnant-1012/

Sleep during pregnancy. (2021). Retrieved 16 February 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/sleep-during-pregnancy

Sleeping During Pregnancy (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 16 February 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/sleep-during-pregnancy.html

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 22/01/2017
x