Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Penyebab Janin Terlalu Aktif Bergerak di Dalam Kandungan

4 Penyebab Janin Terlalu Aktif Bergerak di Dalam Kandungan

Memantau pergerakan janin sangat penting untuk mengetahui apakah si kecil berkembang dengan baik atau tidak. Janin yang aktif bergerak menjadi tanda bahwa ia dalam keadaan baik, tapi bagaimana kalau janin terlalu aktif bergerak? Apakah ini tanda si kecil mengalami masalah? Berikut penyebab janin terlalu aktif bergerak.

Penyebab janin terlalu aktif bergerak

Mengutip dari Live Science, biasanya ibu hamil bisa merasakan gerakan janin ketika si kecil berusia 14 minggu atau masuk trimester kedua, meski masih samar-samar.

Gerakan janin dipengaruhi oleh posisi plasenta yang bisa dimainkan oleh si kecil di dalam kandungan dan ukuran tubuh yang semakin membesar. Anda bisa merasakan tendangan dan sikutan si kecil ketika sedang bergerak bebas di dalam rahim.

Janin yang aktif bergerak menjadi patokan kondisi bayi dalam keadaan sehat. Namun, normalkah kalau janin terlalu aktif bergerak? Apakah itu tanda janin mengalami stres? Berikut berbagai kemungkinan penyebabnya.

1. Pengaruh makanan dan minuman yang ibu hamil konsumsi

Gerakan janin di dalam kandungan dipengaruhi oleh asupan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Jenis makanan yang menjadi penyebab janin terlalu aktif bergerak adalah makanan dan minuman manis.

Mengutip dari Drugs, minuman yang memiliki kadar kafein tinggi juga bisa membuat gerakan janin lebih aktif dari biasanya.

Melansir dari situs Kids Health, mengonsumsi minuman dengan kadar kafein tinggi selama hamil bisa memengaruhi kondisi janin.

Sebagai contoh, keguguran sampai kemungkinan komplikasi kehamilan. Meski janin yang bergerak terlalu aktif adalah hal yang wajar, sebaiknya hindari kafein yang menjadi penyebab aktifnya si kecil di dalam perut.

2. Mengandung bayi kembar

Bila Anda mengandung janin kembar, ia akan bergerak terlalu aktif karena harus berbagi ruang rahim yang sempit dengan saudaranya. Di usia janin 11-14 minggu, ibu hamil sudah bisa merasakan gerakan si kecil dan semakin aktif ketika masuk trimester dua.

3. Kehamilan anak kedua

Kehamilan anak kedua juga menjadi penyebab janin terlalu aktif bergerak. Pasalnya, perut ibu hamil menjadi lebih sensitif karena sudah merasakan kehamilan sebelumnya.

4. Ukuran janin semakin besar

Hal ini menjadi penyebab si kecil terlalu aktif bergerak karena ruang di dalam perut semakin sempit. Tendangan bayi di usia 20 minggu dan 30 minggu dirasakan sangat berbeda oleh ibu hamil.

Di trimester ketiga, Anda akan merasakan janin semakin aktif bergerak dengan frekuensi yang lebih sering.

Di perkembangan janin trimester tiga sudah mulai bisa mendengar suara dari luar dan meresponnya dengan gerakan. Bila Anda berada di ruangan yang cukup bising, janin akan bergerak dengan menendang atau menyikut rahim.

Janin terlalu aktif bergerak bukan hal yang membahayakan

Janin yang terlalu aktif sering dikaitkan dengan kondisi bayi aktif di kemudian hari. Namun penyebab janin terlalu aktif bergerak juga sebagai respon dalam menanggapi apa yang sedang ibu hamil rasakan.

Mungkin beberapa dari Anda merasa khawatir dengan kondisi janin yang bergerak terlalu aktif. Namun tidak perlu khawatir, ini adalah hal yang normal.

Mengutip dari Drugs, aktivitas janin di dalam kandungan memiliki 4 tingkatan, tidak aktif, sedikit aktif, aktif, sampai sangat aktif.

Ketika janin sedang tidur lelap, gerakannya tidak terlalu terasa. Namun ketika sedang bersantai, ia bisa menendang, menyikut, sampai berputar di dalam perut Anda.

Semakin besar ukuran tubuh janin, ruang di rahim semakin terbatas sehingga gerakan yang sedikit bisa terasa cukup kencang.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Editor, K. (2018). Why Do Babies Kick in the Womb? . Retrieved 24 April 2020, from https://www.livescience.com/62928-why-babies-kick.html

What do irregular baby kicks mean?. (2020). Retrieved 24 April 2020, from https://www.parents.com/pregnancy/stages/what-do-irregular-baby-kicks-mean/

How Active is Your Baby?. (2020). Retrieved 24 April 2020, from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/How-Active-is-Your-Baby.aspx

Pregnancy and exercise: Baby, let’s move!. (2020). Retrieved 24 April 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-and-exercise/art-20046896

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Riska Herliafifah Diperbarui 16/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita