home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Pemanis Buatan Aman untuk Ibu Hamil?

Apakah Pemanis Buatan Aman untuk Ibu Hamil?

Seperti yang sudah Anda ketahui, ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Terlebih lagi, jika ibu hamil memiliki kelebihan berat badan atau komplikasi, seperti diabetes gestasional. Pola makan yang tidak sehat dapat membuat gula darah atau berat badan ibu naik. Kondisi ini kemungkinan membuat ibu hamil memilih konsumsi pemanis buatan sebagai pengganti gula. Namun, apakah pemanis buatan saat hamil aman dikonsumsi?

Bagaimana pemanis buatan bisa mengontrol kadar gula darah

Saat ini, mungkin Anda sudah sangat mudah mendapatkan pemanis buatan sebagai pengganti gula Anda. Pemanis buatan ini menawarkan nol kalori sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda dan tidak meningkatkan berat badan Anda. Hasilnya, pemanis buatan ini aman dipakai untuk penderita diabetes atau orang yang sedang menjaga berat badannya.

Apa alasannya? Pemanis buatan pada umumnya mempunyai tingkat kemanisan yang sangat tinggi (bahkan sampai ratusan kali lebih manis) dibandingkan dengan gula biasa. Sehingga, pemakaian sedikit saja pemanis buatan sudah bisa membuat makanan atau minuman Anda menjadi manis tanpa menambahkan kalori lebih. Kandungan nol kalori pada pemanis buatan ini tidak akan memengaruhi kadar gula darah Anda.

Apa saja pemanis buatan saat hamil yang aman dikonsumsi?

Sudah banyak pemanis buatan dengan berbagai jenis yang tersedia di pasaran. Tapi, hati-hati saat memilihnya. Mungkin tidak semua jenis pemanis buatan ini aman untuk ibu hamil. Salah satu jenis pemanis buatan yang aman dikonsumsi ibu hamil adalah stevia.

Mengapa stevia? Stevia merupakan jenis pemanis buatan yang terbuat dari daun stevia. Pemanis buatan ini memiliki tingkat kemanisan 200 kali lebih manis daripada gula biasa dalam takaran yang sama. Stevia dalam bentuk yang sangat murni umumnya aman digunakan oleh semua orang, termasuk ibu hamil. Hal ini pun sudah diakui oleh Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

Jenis pemanis buatan lain yang juga aman untuk ibu hamil adalah aspartam dan sukralosa. Aspartam dan sukralosa sudah disetujui aman digunakan oleh FDA dan juga BPOM RI dalam batas pemakaian tertentu. Baik stevia, aspartam, maupun sukralosa adalah bahan yang dapat Anda temui pada berbagai merek pemanis buatan yang tersedia di pasaran, misalnya Tropicana Slim.

Batas penggunaan aspartam yang aman dalam sehari adalah 50 mg/ kg berat badan. Sedangkan, untuk sukralosa batas penggunaan yang aman adalah 10-15 mg/ kg berat badan. Namun, penggunaan aspartam tampaknya dapat menambah kalori ke dalam tubuh Anda, walaupun sangat sedikit, hanya 0,4 kkal/ gram.

Siapa yang tak boleh mengonsumsi pemanis jenis aspartam?

Sebagai catatan, ibu hamil yang mempunyai penyakit genetik fenilketonuria (PKU) sebaiknya menghindari aspartam. Penyakit genetik ini membuat tubuh ibu hamil tidak bisa mencerna asam amino fenilalanin yang terkandung dalam aspartam. Akibatnya, kadar fenilalanin menumpuk dalam tubuh ibu hamil dan bisa menyebabkan bayi cacat lahir.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Kille, J. W. (2016). Is it safe to use artificial sweeteners during pregnancy? | BabyCenter. [online] BabyCenter. Available at: http://www.babycenter.com/404_is-it-safe-to-use-artificial-sweeteners-during-pregnancy_9213.bc [Accessed 24 Feb. 2017].

American Pregnancy Association. (2015). Artificial Sweeteners and Pregnancy: Which Ones are Safe?. [online] Available at: http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/artificial-sweeteners-and-pregnancy/ [Accessed 24 Feb. 2017].

Kajian Keamanan Bahan Tambahan Pangan Pemanis Buatan. [online] Available at: http://www2.pom.go.id/nonpublic/makanan/standard/News1.html [Accessed 24 Feb. 2017].

Produk Bebas Gula – Tropicana Slim. [online] Available at: http://www.tropicanaslim.com/product-categories/bebas-gula/ [Accessed 24 Feb. 2017].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 18/11/2020
x