home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Naik Kapal Laut Saat Hamil, Apakah Boleh?

Naik Kapal Laut Saat Hamil, Apakah Boleh?

Naik kapal laut saat hamil, boleh atau tidak? Mungkin Anda yang sedang hamil memiliki keraguan jika harus berpergian jauh dan menggunakan kapal laut sebagai transportasinya. Sebenarnya, boleh atau tidak naik kapal laut saat hamil? Apakah ada dampaknya? Bagaimana membuat perjalanan dengan kapal laut menjadi nyaman?

Apakah aman naik kapal laut saat hamil?

Jika Anda memiliki kehamilan yang normal dan sehat, tidak jadi masalah untuk naik kapal laut saat hamil. Namun sebelum melakukan perjalanan dengan kapal laut, sebaiknya Anda diskusikan hal tersebut dengan dokter kandungan. Apabila Anda memiliki masalah dan gangguan kehamilan, riwayat pernah melahirkan bayi prematur, atau kehamilan saat ini Anda diperkirakan mengandung bayi kembar, maka biasanya dokter tidak mengizinkan Anda untuk naik kapal laut. Namun jika hal itu tidak ada, maka tidak ada alasan untuk melarang Anda berpergian dengan kapal laut.

Usia kehamilan juga mempengaruhi boleh atau tidaknya Anda naik kapal laut saat hamil. Apabila usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester tiga, maka lebih baik untuk tidak melakukan perjalanan dengan kapal laut.

Apakah naik kapal laut saat hamil akan memperparah mabuk laut saya?

Tenang saja, kehamilan Anda tidak akan membuat gejala mabuk laut Anda semakin parah atau buruk. Mabuk laut yang terjadi ketika naik kapal laut saat hamil tetap saja dikarenakan udara serta guncangan di kapal yang membuat mual, bukan karena kehamilan Anda. Tetapi apabila Anda sedang mengalami mual dan muntah akibat kehamilan (morning sickness) lebih baik untuk tidak melakukan perjalanan dengan kapal laut, atau gejala yang akan terjadi semakin parah.

Untuk mengurangi mabuk laut, maka Anda bisa bisa mengonsumsi makanan atau minuman ringan dengan aroma jahe, hindari makanan yang mengandung gas tinggi karena hanya akan membuat Anda semakin mual. Selain itu, lebih baik untuk berada di dek atau tengah kapal dibandingkan di pinggir kapal.

Bagaimana membuat perjalanan dengan naik kapal laut saat hamil menjadi nyaman?

Jangan lupa untuk mempersiapkan makanan dan minuman ringan untuk dikonsumsi ketika berada di kapal laut. Selain mencegah Anda merasa mabuk laut, makanan makanan ringan juga dapat mengganjal rasa lapar yang datang tiba-tiba. Pastikan pula untuk membawa obat yang dapat mengobati Anda ketika mabuk laut. Lebih baik jika obat-obatan yang dibawa adalah obat yang diberikan dari dokter pribadi Anda, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebelum Anda naik kapal laut, periksa juga apakah di dalam kapal laut tersebut terdapat tim medis yang siaga dalam menangani kejadian darurat di perjalanan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), perjalanan dengan kapal laut rentan dengan penularan penyakit infeksi, karena jumlah penumpangnya yang banyak serta lingkungan yang tertutup serta terbatas. Oleh karena itu lebih baik untuk Anda memastikan bahwa Anda dalam keadaan yang fit dan bugar ketika melakukan perjalanan dengan kapal laut, agar tidak mudah terinfeksi dengan virus atau bakteri.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

ACOG. 2012. Travel during pregnancy. American College of Obstetricians and Gynecologists. [online] Available at: http://www.acog.org/~/media/For%20Patients/faq055.pdf?dmc=1&ts=20120627T1729463912 [Accessed 30 Jan. 2017].

American Pregnancy Association. (2017). Pregnancy and Travel – Traveling While Pregnant. [online] Available at: http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/traveling-during-pregnancy/  [Accessed 30 Jan. 2017].

Pregnancy, T. and Tips, P. (2017). Traveling by cruise ship when pregnant | BabyCenter. [online] BabyCenter. Available at: http://www.babycenter.com/0_traveling-by-cruise-ship-when-pregnant_6973.bc?showAll=true  [Accessed 30 Jan. 2017].

CDC. (2017). Cruise Ship Travel – Chapter 6 – 2016 Yellow Book | Travelers’ Health | CDC. [online] Wwwnc.cdc.gov. Available at: https://wwwnc.cdc.gov/travel/yellowbook/2016/conveyance-transportation-issues/cruise-ship-travel  [Accessed 30 Jan. 2017].

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 06/02/2017
x