home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Cuka Apel?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Cuka Apel?

Cuka apel diperoleh dari proses fermentasi panjang, yang menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan lain-lain. Ini yang membuat cuka memiliki manfaat sebagai antioksidan dan antibakteri. Cuka apel banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara diminum. Namun, bagaimana jika ibu hamil minum cuka apel? Apakah boleh juga?

Amankah jika ibu hamil minum cuka apel?

khasiat cuka apel

Sedikitnya penelitian yang mengatakan bahwa cuka apel aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, membuat ibu hamil khawatir. Hal ini juga karena cuka apel biasanya tidak melalui proses pasteurisasi.

Pasteurisasi adalah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, jamur, atau protozoa, dan suatu proses untuk memperlambat pertumbuhan mikroba pada makanan.

Cuka apel yang tidak dipasteurisasi dikhawatirkan mengandung bakteri atau mikroba lain yang berbahaya. Akan tetapi, tingkat keasaman dari cuka apel sebenarnya sudah efektif untuk membunuh bakteri atau mikroba lain yang berbahaya. Karena itu, sebenarnya tidak perlu khawatir akan hal ini. Meski memang belum ada bukti yang jelas tentang hal ini.

Cuka apel punya antibiotik alami

Namun, sebuah penelitian membuktikan bahwa cuka apel memiliki sifat antibiotik alami yang dapat menghancurkan bakteri Escherichia coli dan juga Salmonella.

Kedua bakteri ini adalah penyebab utama diare dan keracunan makanan. Karena cuka apel berperan sebagai antibiotik alami, beberapa peneliti menyimpulkan bahwa bahan ini efektif untuk mengatasi diare akibat infeksi bakteri.

Fakta tersebut menunjukkan bahwa minum cuka apel saat hamil dapat dikatakan aman.

Namun, dikutip dari Brenner Children Hospital bahwa cuka apel yang tidak melalui pasteurisasi tidak aman untuk diminum karena dapat menyebabkan bayi lahir mati, keguguran, dan komplikasi lain pada ibu, dan bayi mungkin mengalami masalah kesehatan setelah kelahiran.

Karena masih belum ada kepastian mengenai keamanan dari minum cuka apel saat hamil. Maka, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum minum suka apel. Untuk memastikan memang kondisi ibu dan janin bisa aman untuk minum cuka apel.

Minum cuka apel juga tidak bisa sembarangan, karena ada cara aman mengonsumsinya. Biasanya dokter juga akan memberikan arahan tentang hal ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is It Safe To Have Apple Cider Vinegar During Pregnancy? https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-have-apple-cider-vinegar-during-pregnancy_0089485/#gref diakses 20 Agustus 2018.

Is Apple Cider Vinegar Safe in Pregnancy? https://www.livestrong.com/article/496130-is-apple-cider-vinegar-safe-in-pregnancy/ diakses 20 Agustus 2018.


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 06/09/2018
x