home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Amankah Penggunaan Obat Nyamuk untuk Ibu Hamil?

Amankah Penggunaan Obat Nyamuk untuk Ibu Hamil?

Ada banyak penyakit yang disebabkan nyamuk yang dapat berakibat fatal bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Namun, untuk menggunakan obat nyamuk pun banyak ibu yang ragu-ragu. Sebenarnya amankah obat nyamuk bagi ibu hamil?

Hubungan antara obat nyamuk dan cacat lahir bayi

Kebanyakan obat nyamuk mengandung bahan kimia N, N-diethyl-m-toluamide, yang dikenal sebagai Deet. Deet merupakan insektisida yang sangat efektif dan biasanya produk obat nyamuk yang mengandung Deet relatif aman digunakan sesuai dengan aturan pakai.

Walaupun tergolong aman, ibu harus tetap berhati-hati karena produk ini mungkin memiliki efek berbahaya bagi bayi dalam kandungan. Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara penggunaan obat nyamuk pada trimester pertama dengan cacat lahir pada anak laki-laki yang disebut hipospadia.

Hipospadia adalah kelainan posisi lubang uretra pada penis atau kulup. Namun, hubungan antara penggunaan obat nyamuk dan hipospadia masih perlu diteliti lebih lanjut karena penelitian awal tidak mempertimbangkan jenis, komposisi, dan frekuensi penggunaan obat nyamuk.

Obat nyamuk yang aman untuk ibu hamil

Health Protection Agency (HPA) dan NHS menegaskan bahwa produk obat nyamuk yang mengandung Deet hingga 50% masih tergolong aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Pastikan Anda menggunakan produk sesuai dengan aturan pakainya. Deet dalam jumlah tertentu dapat diserap kulit dan masuk ke dalam aliran darah, sehingga ibu hamil kemungkinan berisiko sakit jika terpapar Deet dalam dosis besar.

Kebutuhan terhadap obat nyamuk juga tergantung pada kondisi tempat tinggal masing-masing. Ketika Anda memutuskan untuk bersantai di luar rumah pada malam hari, cobalah bakar lilin citronella untuk mencegah datangnya nyamuk. Selain itu, Anda juga bisa mencoba obat nyamuk alami yang dijual di apotek kesehatan.

Pentingnya menghindari penyakit yang dibawa nyamuk

Boleh atau tidaknya menggunakan obat nyamuk mungkin menjadi masalah tersendiri bagi ibu hamil yang akan bepergian ke daerah yang lebih rentan serangan nyamuk, di mana mereka dapat tertular penyakit tertentu melalui gigitan serangga.

Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk membatalkan perjalanan ke daerah-daerah tersebut. Namun, jika Anda benar-benar harus pergi, penggunaan obat nyamuk yang mengandung Deet akan jauh lebih bermanfaat daripada risiko tertular penyakit tertentu. Penyakit yang dapat dibawa oleh nyamuk, seperti demam berdarah dengue, malaria, zika, dan West Nile Virus, dapat membahayakan bayi dalam kandungan. HPA menyarankan ibu hamil untuk menggunakan obat nyamuk ketika akan bepergian ke daerah yang rentan terjangkit malaria. Diskusikan juga dengan dokter mengenai obat anti-malaria yang dapat digunakan oleh ibu hamil.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

http://www.babycentre.co.uk/x536418/is-it-safe-to-use-insect-repellent-during-pregnancy#ixzz3dkMzqhBv

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi pada 18/08/2016
x