home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Memilih Obat Nyamuk yang Efektif

Memilih Obat Nyamuk yang Efektif

Salah satu cara untuk menghindari penyakit yang disebabkan nyamuk pembawa virus dan bakteri, seperti demam berdarah dengue (DBD) atau chikungunya, adalah dengan menggunakan obat nyamuk, baik dalam bentuk lotion maupun spray atau semprotan.

Kedua obat nyamuk tersebut bekerja dengan melindungi bahan kimia yang berada di kulit, termasuk karbon dioksida, yang menjadi daya tarik para nyamuk. Dikutip dari WebMD, salah satu alasan kenapa nyamuk menggigit Anda adalah karena mereka tertarik dengan karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan tubuh saat bernapas.

Renee Anderson, Ph.D., dokter ahli entomologi di Cornell University, New York mengatakan bahwa karbon dioksida dapat mengundang nyamuk karena mereka suka dengan kehangatan dan kelembapan. Selain CO2, nyamuk juga tertarik dengan senyawa kimia lainnya yang ada di kulit Anda. Apalagi ketika Anda berkeringat.

Kandungan obat nyamuk yang harus dicari

Banyak toko obat yang menjual berbagai macam obat nyamuk. Namun, tidak semuanya menjual obat nyamuk yang memiliki kualitas baik. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan Anda untuk memilih obat nyamuk yang mengandung bahan kimia aktif yang terdaftar di Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat.

Ada dua daftar bahan dalam bbat nyamuk yang terdaftar dalam EPA. Kedua bahan ini memiliki tingkat kemanjuran yang tinggi secara ilmiah. Kedua bahan tersebut yaitu:

  • DEET (N,N-diethyl-m-toluamide)
  • Picaridin (KBR 3032)

Selain kedua bahan tersebut, ada bahan herbal yang terkandung di dalam obat nyamuk dan bahan ini juga terdaftar dalam EPA, yaitu minyak eucalyptus lemon. Dalam dua penelitian terbaru, minyak ini memiliki perlindungan terhadap kulit yang sama dengan obat nyamuk (yang memiliki konsentrasi DEET yang rendah).

Pilih obat nyamuk yang tahan lama di kulit

Selain kedua bahan tersebut, para ahli juga merekomendasikan untuk menggunakan produk-produk yang memiliki kandungan permethrin. Bahan tersebut dapat tersedia di baju, sepatu, sprei, dan peralatan berkemah. Permethrin sangat efektif dalam menangkal nyamuk dan juga sebagai obat nyamuk.

Namun, para ahli merekomendasikan agar Anda memilih obat nyamuk yang dapat Anda gunakan secara konsisten. Selain itu juga pilih untuk menggunakan obat nyamuk yang tahan lama digunakan bila Anda beraktivitas di luar ruangan. Anda dapat melihat kandungan obat nyamuk dan juga jangka waktu efektivitasnya pada label kemasan. Bila Anda khawatir tentang penggunaannya atau Anda memiliki kondisi tertentu terhadap penggunaan obat nyamuk, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Satria Perdana
Tanggal diperbarui 02/06/2016
x