Kena Wasir Saat Hamil, Boleh Dioperasi Tidak?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Wasir atau dikenal dengan ambeien adalah kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus meradang atau bengkak. Kondisi ini juga sering disebut sebagai hemorrhoid. Wasir bisa terjadi pada siapa saja, tapi lebih sering pada ibu hamil dan pasien dengan sembelit atau diare kronis. Wasir saat hamil umum terjadi dan memengaruhi banyak wanita hamil, terutama di akhir trimester kedua hingga selama trimester ketiga usia kehamilan.

Wasir saat hamil terjadi karena rahim Anda yang semakin membesar seiring kehamilan. Ini menekan pembuluh darah panggul dan pembuluh balik bawah (vena cava inferior), pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari tungkai kaki bagian bawah.

Tekanan ini bisa memperlambat aliran darah kembali dari bagian bawah tubuh menuju jantung, kemudian akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah rahim. Akibatnya pembuluh darah tersebut melebar dan bengkak. Meski begitu, wasir saat hamil bukan kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Wasir saat hamil bisa disembuhkan.

Perlukah operasi wasir saat hamil?

perkembangan janin 7 minggu

Operasi wasir atau dikenal sebagai hemoroidektomi bukanlah pilihan utama pengobatan wasir saat hamil. Meski begitu, operasi wasir mungkin dan tidak terlalu jarang dilakukan selama kehamilan atau segera setelah melahirkan.

Banyak wanita yang memilik wasir selama hamil atau saat melahirkan. Beberapa wanita mungkin memerlukan perawatan yang lebih intensif daripada yang lain karena kondisi yang lebih parah.

Sebenarnya, baik wanita yang hamil dan tidak hamil tidak langsung memerlukan operasi wasir. Biasanya dokter akan memberikan cara pengobatan atau perawatan lain dulu untuk mencegah gejala semakin parah.

Dokter akan meresepkan obat pelunak feses untuk mencegah sembelit dan krim oles yang dapat membantu meredakan gejala. Dokter juga akan menyarankan untuk melakukan pengobatan tersebut dengan dibarengi perubahan pola makan dan aktivitas Anda.

Selain itu, Anda bisa melakukan cara sederhana untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan ambeien.

  • Rendam bokong dengan air hangat (sitz bath) selama 10-15 menit setiap hari. Jangan masukan sabun atau busa di air. Lakukan 2-3 kali sehari.
  • Minum banyak air dan makan banyak serat untuk menghindari sembelit.
  • Lakukan senam Kegel.
  • Gunakan bantal yang memiliki lubang di tengahnya sebagai alas duduk.
  • Jangan duduk terlalu lama. Jika Anda harus duduk, ganti posisi setiap beberapa menit sekali dan bergeraklah sesering mungkin.
  • Kompres anus Anda dengan es.

Jika perawatan yang disebutkan di atas tidak efektif, dokter juga akan memberikan perawatan noninvasif, yang dilakukan tergantung gejala dan kondisi Anda.

Dokter akan mencoba untuk menghindari operasi dengan mencoba mengecilkan jaringan yang meradang dengan perawatan noninvasif atau mengelola gejala sampai Anda dapat melahirkan.

Operasi adalah pengobatan terakhir untuk wasir saat hamil

tahap proses melahirkan

Operasi wasir terkadang diperlukan dalam kasus tertentu. Operasi wasir bisa dilakukan selama kehamilan atau segera setelah melahirkan.

Wanita hamil mungkin perlu melakukan operasi wasir jika pengobatan lain tidak efektif dan sangat menyakitkan atau gejala semakin parah. Jika wasir pada wanita hamil menyebabkan perdarahan yang tidak terkendali atau ambeien dalam, operasi wasir perlu dilakukan.

Umumnya, wasir saat hamil sering semakin parah selama trimester ketiga. Namun, jika kondisi tidak semakin parah atau tidak muncul masalah lain sampai setelah minggu ke 27 atau 28 kehamilan, dokter akan menentukan apakah perlu operasi segera atau harus menunggu setelah melahirkan. Keputusan ini tergantung pada kondisi Anda.

Pilihan operasi wasir saat hamil

prosedur operasi ambeien

Jika wanita hamil perlu melakukan operasi wasir, bius lokal akan diberikan selama operasi. Ada 3 pilihan operasi wasir saat hamil.

1. Prosedur untuk prolaps dan hemorhoid (PPH)

Prosedur ini memberikan alternatif yang efektif untuk operasi wasir saat hamil. Prosedur ini efektif untuk mengatasi ambeien internal dan hanya memberikan sedikit rasa nyeri setelah operasi.

2. Transanal hemorrhoidal dearterialization (THD)

Prosedur ini dilakukan dengan mengidentifikasi pembuluh darah melalui sistem doppler dan tidak memerlukan pengangkatan jaringan ambeien. Setelah terindentifikasi, maka dilakukan ligasi pada bundel hemoroid. Karena tidak ada jaringan yang diangkat, waktu pemulihan bisa lebih cepat dibandingkan dengan hemoroidektomi tradisional.

3. Hemoroidektomi tradisional

Dalam beberapa kasus, hemoroidektomi tradisional adalah pilihan terbaik untuk mengangkat ambeien internal dan menghentikan gejala. Prosedur ini dilakukan dengan menghentikan aliran darah ke jaringan, kemudian memotongnya dengan pisau bedah. Prosedur ini mungkin akan membutuhkan jahitan, dan mungkin akan mengalami perdarahan prosedur.

Anda mungkin perlu menginap satu atau dua malam di rumah sakit setelah prosedur ini. Rasa sakit setelah prosedur operasi ini baisanya akan terjadi selama beberapa minggu dan mungkin membutuhkan waktu 6 minggu atau lebih untuk benar-benar pulih.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca