Cara Mengatasi Puting Gatal Saat Hamil

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat hamil, terjadi banyak perubahan pada tubuh ibu, tak terkecuali perubahan pada payudara ibu. Ukuran dan bentuk payudara menjadi lebih besar untuk mempersiapkan tubuh ibu dalam pemberian ASI kepada bayinya. Payudara yang membesar ini membuat kulit payudara ibu tertarik dan melebar, sehingga dapat menyebabkan gatal pada puting dan payudara. Puting gatal saat hamil mungkin merupakan masalah kecil, namun tentu ini 4 Masalah yang Sering Terjadi Saat Sedang Hamil Muda, terlebih lagi jika sedang berada di tempat umum.

Bagaimana cara mengatasi puting gatal saat hamil?

Tenang, ibu hamil tidak perlu khawatir jika mengalami puting gatal. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi puting gatal saat hamil, yaitu:

1. Gunakan lotion

Dalam lotion, terkandung  vitamin E, cocoa butter, lidah buaya, dan lanolin. Kandungan ini dapat mengurangi rasa gatal pada puting Anda. Anda bisa mengoleskan lotion ke puting payudara Anda setiap pagi dan malam hari sebelum tidur untuk mengurangi rasa gatal. Namun, jangan menggunakan lotion yang mengandung alkohol atau pewangi. Alkohol atau pewangi dapat membuat kulit Anda kering. Kulit yang kering akan lebih mudah untuk menjadi gatal.

2. Gunakan pelembab

Pelembab dapat menjaga kulit di sekitar puting Anda tetap lembab, sehingga mencegah kulit menjadi kering. Gatal biasanya disebabkan oleh kulit yang kering selama kehamilan. Gunakan pelembab pada waktu yang tepat, yaitu setelah Anda mandi. Anda bisa memakai pelembab pada pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Hal ini dapat membantu mengunci kelembaban kulit Anda sepanjang hari dan menjaga kulit Anda tetap halus.

3. Gunakan petroleum jelly

Petroleum jelly dapat menambah kelembaban ekstra pada kulit puting Anda. Bahkan, fungsi kelembaban yang diberikan oleh petroleum jelly bisa melebihi lotion. Hal ini tentu dapat membantu Anda mengurangi rasa gatal. Anda bisa mengoleskan petroleum jelly sambil memijat payudara Anda dengan lembut beberapa kali dalam sehari. Anda juga disarankan untuk menggunakan petroleum jelly setelah menggunakan pelembab. Hal ini untuk memastikan kulit Anda tetap lembab dan tidak kering.

4. Hindari sabun, detergen, dan parfum yang bersifat keras dengan aroma kuat

Memakai sabun, detergen, atau parfum dan wewangian lain dapat memicu gatal pada kulit Anda. Hal ini bisa terjadi karena kulit Anda menjadi lebih sensitif saat hamil. Oleh karena itu, jika puting Anda gatal saat hamil, sebaiknya gunakan detergen tanpa pewangi, sabun tanpa pewangi, serta sebaiknya tidak menggunakan parfum.

5. Menggunakan bra menyusui

Saat hamil, pastinya Anda mengalami perubahan pada ukuran payudara. Ukuran payudara Anda menjadi tambah besar, sehingga Anda mungkin perlu untuk mengganti ukuran bra Anda menjadi yang lebih sesuai. Bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan pada kulit dan mengiritasi puting payudara Anda. Hal ini kemudian dapat mengakibatkan gatal.

Keringat yang keluar juga dapat terperangkap dalam bra, sehingga dapat menyebabkan gatal-gatal. Oleh karena itu, jika Anda merasa ukuran bra Anda sudah tidak sesuai, sebaiknya cari ukuran bra yang lebih besar. Anda juga perlu mencari bra khusus menyusui, sehingga bisa Anda pakai selepas Anda melahirkan.

Cara lain untuk mengatasi puting gatal

Selain itu, beberapa cara tambahan yang juga bisa Anda lakukan untuk mencegah puting gatal adalah:

  • Mengoleskan minyak zaitun atau cocoa butter ke puting payudara Anda untuk memberi kelembaban pada kulit.
  • Hindari pemakaian baju yang ketat karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sebaiknya gunakan baju yang longgar dan terbuat dari bahan katun. Baju ini dapat membantu menyerap keringat dan mencegah gatal pada kulit. Baju yang longgar juga terlihat lebih nyaman dipakai oleh ibu hamil.
  • Minum banyak air untuk menjaga hidrasi tubuh, terutama jika Anda merasa kulit Anda kering.
  • Menjaga kebersihan diri dan juga kebersihan payudara Anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan puting gatal.

BACA JUGA:

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Linea Nigra, Garis Hitam “Khas” di Perut Ibu Hamil

Saat hamil, Anda mungkin akan menemukan garis hitam di perut pada usia kehamilan yang mulai besar. Tapi, tidak semua ibu hamil punya garis ini. Mengapa?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Trimester 2, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Ciri-Ciri Hamil dari yang Paling Sering Muncul Sampai Tak Terduga

Telat haid dan mual-mual adalah tanda-tanda hamil yang paling umum. Namun, tahukah Anda, mimisan dan sakit kepala juga termasuk ciri-ciri hamil muda?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Aborsi boleh saja dilakukan apabila ada indikasi medis. Apa saja pilihan cara menggugurkan kandungan yang aman? Simak selengkapnya di halaman ini. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bayi tumbuh gigi

11 Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Diketahui Orangtua

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
cat kuku kutek

Informasi Seputar Cat Kuku dan Dampaknya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
bercak darah tanda hamil atau menstruasi

Apa Bedanya Bercak Darah Tanda Hamil atau Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit