Mengapa Bayi Kembar Ada yang Identik dan Ada yang Berbeda?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

“Mereka kembar, tapi kok mukanya tidak mirip, ya?” Pasti Anda pernah berpikir seperti itu ketika melihat pasangan kembar. Kembar bukan berarti semuanya sama, bahkan ada pasangan kembar yang memiliki bentuk tubuh yang berbeda sehingga masing-masing sangat mudah untuk dikenali.

Memang terdapat dua jenis kembar, dan karena alasan inilah terdapat pasangan kembar yang tidak sama persis sementara yang lainnya sama persis.

Apa saja jenis-jenis kembar?

Berbeda dari yang mungkin banyak orang kira, kembar identik hanya terjadi pada satu dari tiga pasangan kembar. Jumlah yang lebih banyak, yaitu dua per tiga dari pasangan kembar, justru adalah kembar tidak identik.

Bagaimana kembar identik terjadi?

Kembar identik (monozigot) terjadi ketika satu telur dilepaskan oleh tubuh dan dibuahi oleh satu sperma. Telur yang telah dibuahi itu kemudian membelah menjadi dua, sehingga terdapat dua janin dalam satu telur tersebut. Karena berasal dari satu telur yang sama, kembar identik berbagi gen yang sama, sehingga kembar identik ini kemudian akan memiliki penampilan yang sama persis dan selalu mempunyai jenis kelamin yang sama.

Kembar identik ini tidak dipengaruhi oleh usia ibu atau keturunan, bisa saja terjadi pada pasangan yang tidak sama sekali mempunyai keturunan kembar dalam keluarganya. Ini merupakan kejadian yang spontan dan terjadi secara acak.

Jika telur terbelah di waktu sangat awal (di dua hari pertama setelah telur dibuahi oleh sperma), telur akan mengembangkan plasenta (chorion) dan kantung ketuban (amnion) yang terpisah. Ini disebut dengan kembar dikorion diamniotik, dan sebesar 20-30% kembar identik mengalami hal ini.

Jika telur terbelah setelah 2 hari semenjak dibuahi sperma, ini akan menyebabkan janin berbagi plasenta, tetapi terdapat dua kantung ketuban yang terpisah. Ini disebut dengan kembar monokorion diamniotik. Hasilnya, kembar ini sangat mirip secara genetik.

Juga ada kembar identik yang berbagi plasenta dan kantung ketuban yang sama, namun kasus ini sangat jarang terjadi, hanya sekitar 1% dari kembar identik. Ini terjadi karena telur sangat terlambat untuk membelah. Kembar ini disebut dengan kembar monokorion monoamniotik.

Bagainana proses terjadia kembar tidak identik?

Kembar tidak identik (dizigot) atau juga biasa disebut dengan kembar fraternal, terjadi ketika dua buah telur terpisah sama-sama dilepaskan oleh tubuh, kemudian keduanya dibuahi oleh dua sperma dan lalu menempel di rahim ibu. Hal ini menyebabkan kembar tidak identik memiliki genetik yang tidak semuanya sama, sehingga penampilan kembar tidak identik ada sedikit perbedaan, misalnya wajah mereka tidak benar-benar mirip. Kembar tidak identik juga bisa memiliki jenis kelamin yang berbeda.

Jenis kembar ini umumnya terjadi bila ada keturunan kembar dari keluarga (lebih mungkin terjadi jika dari keturunan keluarga ibu), atau juga biasanya terjadi pada ibu yang hamil di usia tua. Ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun memiliki kemungkinan kembar dua kali lipat daripada usia di bawahnya. Hal ini terjadi karena ibu yang lebih tua lebih mungkin untuk melepaskan lebih dari satu telur. Kehamilan kembar ini juga bisa terjadi pada ibu yang mengonsumsi obat penyubur kandungan untuk membantunya cepat hamil.

Apa ada tanda-tanda jika sedang hamil kembar?

Ibu yang sedang hamil kembar biasanya menunjukkan tanda-tanda kehamilan lebih cepat. Hal ini terjadi karena ibu hamil kembar memiliki kadar hormon HCG (hormon yang menandakan kehamilan) yang lebih tinggi. Hormon lainnya yang berkaitan dengan kehamilan, seperti hormon progesteron dan estrogen, juga lebih tinggi sehingga menyebabkan perubahan fisik saat kehamilan terjadi lebih awal.

Pada kehamilan kembar, masalah kehamilan, seperti morning sickness, napas pendek, nyeri punggung, kaki bengkak, atau masalah kesehatan lainnya bisa terjadi lebih buruk daripada kehamilan tunggal.

Selain itu, tanda lain jika sedang hamil kembar adalah rahim Anda akan terasa lebih besar. Untuk memastikan, sebaiknya Anda melakukan scan USG (ultrasonography). Pada scan USG, Anda akan melihat apakah terdapat dua kantung ketuban atau mungkin sudah terlihat terdapat dua janin.

Jika Anda memiliki kehamilan kembar, sebaiknya rutin periksakan kehamilan Anda ke dokter untuk menjaga kesehatan kehamilan Anda. Mungkin ada beberapa perbedaan perawatan kehamilan yang Anda terima jika Anda mengalami kehamilan kembar karena risiko Anda mengalami komplikasi saat hamil, seperti tekanan darah tinggi dan anemia, menjadi lebih tinggi jika Anda memiliki kehamilan kembar. Pemeriksaan rutin kehamilan yang lebih sering dapat mendeteksi komplikasi kehamilan lebih dini sehingga dapat diberi perawatan lebih baik. Juga, perhatikan asupan nutrisi Anda, terutama asam folat dan zat besi Anda butuhkan lebih banyak pada kehamilan kembar.

BACA JUGA

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Hipospadia

    Hipospadia adalah kelainan ketika lubang penis terletak di batang, bukan di ujung penis. Apa penyebab dan bagaimana cara mengobati hipospadia pada anak?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

    Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

    Kenapa perokok lebih gampang sakit? Merokok ternyata memiliki dampak berbahaya terhadap daya tahan tubuh. Lalu apa yang bisa dilakukan?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Berhenti Merokok, Hidup Sehat 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit

    7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

    Saat sedang menjalani promil, Anda perlu tahu berbagai cara cepat hamil yang perlu dilakukan bersama pasangan. Berikut tipsnya untuk Anda.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Kesuburan, Kehamilan 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

    6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

    Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    mencium bau

    Sering Mencium Sesuatu Tapi Tak Ada Wujudnya? Mungkin Anda Mengalami Phantosmia!

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    memotong kuku

    Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
    bercak darah tanda hamil atau menstruasi

    Apa Bedanya Bercak Darah Tanda Hamil atau Menstruasi?

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    sakit kepala setelah makan

    Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit