backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

4 Cara Menaikkan Hb pada Ibu Hamil dengan Cepat

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 02/12/2022

4 Cara Menaikkan Hb pada Ibu Hamil dengan Cepat

Salah satu masalah yang kerap kali dihadapi wanita saat hamil yakni memiliki kadar hemoglobin (Hb) yang rendah. Padahal, kadar hemoglobin yang cukup sangat penting untuk untuk memasok oksigen pada janin. Agar kehamilan tetap sehat, bagaimana cara menaikkan Hb pada ibu hamil? Simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Berbagai cara menaikkan Hb pada ibu hamil

mengendalikan tekanan darah ibu hamil

Selama kehamilan, jumlah darah dalam tubuh akan meningkat sebanyak 20—30%.

Itu menandakan bahwa tubuh ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi untuk lebih banyak memproduksi lebih banyak sel darah merah dan hemoglobin bagi dirinya dan janin yang sedang tumbuh.

Jika tidak, ibu hamil berisiko mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah.

Anemia yang paling umum terjadi selama kehamilan yakni anemia akibat defisiensi zat besi.

Selanjutnya, disusul dengan anemia megaloblastik defisiensi folat atau yang lebih sering terjadi pada wanita karena kekurangan asupan besi dan folat prenatal.

Perlu Anda ketahui bahwa ibu hamil dikatakan memiliki hemoglobin (Hb) rendah apabila kadanya kurang dari 11g/L.

Jika Anda atau orang terdekat sedang hamil dan memiliki kadar Hb rendah, penting untuk segera mengoptimalkan kembali kadarnya di dalam tubuh demi kesehatan ibu hamil dan janin.

Nah, terdapat beberapa cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk meningkatkan kadar Hb yang rendah, di antaranya sebagai berikut.

1. Mendapatkan asupan zat besi yang cukup

Jika kadar hemoglobin pada ibu hamil cenderung rendah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan Hb yakni dengan meningkatkan asupan makanan yang kaya zat besi.

Mengutip My Health, selama kehamilan, Anda membutuhkan 27 mg zat besi sehari.

Supaya memenuhi asupan zat besi sehari, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkan sejumlah makanan kaya zat besi untuk ibu hamil di bawah ini dalam asupan harian.

  • Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, atau kangkung.
  • Buah-buahan misal jeruk, apel, alpukat, atau pisang.
  • Telur.
  • Kacang tanah, almond, atau kacang-kacangan lainnya.
  • Daging merah, contoh ayam atau hati sapi.
  • Gandum.
  • Kedelai.

2. Mengonsumsi makanan kaya asam folat

Folat dibutuhkan untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat dan sangat penting selama periode kehamilan dan perkembangan janin.

Maka tak heran, bila menambahkan makanan kaya asam folat disarankan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan Hb pada ibu hamil.

Melansir Pregnancy Birth & Baby, folat atau asam folat sangat penting untuk ibu hamil karena dapat membantu mencegah cacat lahir yang dikenal sebagai cacat tabung saraf, seperti spina bifida.

Spina bifida adalah salah satu cacat lahir yang sering kali terjadi pada minggu-minggu pertama kehamilan, ketika otak dan sumsum tulang belakang sedang terbentuk.

Sebagian besar kasus cacat tabung saraf dapat dicegah jika Anda memiliki cukup folat sebelum dan selama awal kehamilan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan kaya folat, seperti jagung, pisang , lobak, kecambah, alpukat, atau selada.

3. Meningkatkan penyerapan zat besi

Cara lain untuk menaikkan Hb dengan cepat pada ibu hamil dengan makan makanan yang mengandung vitamin C.

Vitamin C diyakini bekerja untuk memudahkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Studi menyebutkan bahwa mengonsumsi 100 mg vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga 67%, termasuk pada ibu hamil.

Anda dapat makan buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, atau jambu biji sebagai menu pendamping atau pencuci mulut setelah makan.

Nah, agar penyerapan zat besi lebih maksimal, Anda juga dapat mengonsumsi sumber protein dibarengi dengan asupan vitamin C setiap hari.

4. Mendapatkan suplemen zat besi

Mengonsumsi sumplemen zat besi sering kali dilakukan sebagai cara menaikkan Hb dengan cepat pada ibu hamil.

Pasalnya, sekitar setengah dari asupan zat besi Anda akan digunakan untuk janin dan plasenta yang sedang berkembang.

Kemudian, setengah lainnya akan digunakan untuk meningkatkan jumlah darah dalam sistem peredaran darah Anda, yang akan membantu melindungi Anda saat melahirkan.

Dalam persalinan normal, Anda akan kehilangan sekitar satu liter (500mL) darah. Sementara saat operasi caesar, akan kehilangan darah dua kali lipat (1.000 mL).

Ibu hamil yang memiliki kadar hemoglobin (Hb) yang rendah dapat menyebabkan komplikasi selama persalinan dan setelah melahirkan (postpartum).

Oleh karena itu, konsumsi suplemen zat besi tambahan sangat penting sebagai cara untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan sehari-hari dan meningkatkan Hb pada ibu hamil.

Meskipun suplemen zat besi terkadang mendapat tanggapan buruk karena efek sampingnya yang menyebabkan sembelit, tapi kebanyakan wanita hamil disarankan harus meminumnya.

Tentu penggunaan dan dosis yang dikonsumsi selama kehamilan harus sesuai dengan rekomendasi dari dokter Anda.

Kesimpulan

Penting untuk melakukan cara menaikkan hb rendah pada ibu hamil agar kadar Hb normal tetap terjaga sehingga janin di dalam kandungan senantiasa dalam keadaaan sehat. Pasalnya, hb yang terlalu rendah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR), membahayakan perkembangan otak bayi, dan kelahiran prematur. Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin mengalami kekurangan zat besi, segera temui dokter Anda sebelum mencoba mendiagnosis diri sendiri.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 02/12/2022

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan