Kenapa Perut Ibu Hamil Terlihat Mengecil di Pagi Hari?

    Kenapa Perut Ibu Hamil Terlihat Mengecil di Pagi Hari?

    Saat hamil, salah satunya yang diharapkan setiap ibu pasti perut yang terus membesar. Ini karena perut yang membesar bisa menandakan kehamilan yang sehat dan terus berkembang. Namun, tahukah, Bu, terkadang perut ibu hamil juga bisa mengecil dengan sendirinya, terutama di pagi hari saat bangun tidur? Apakah ini tanda bahaya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

    Penyebab perut ibu hamil mengecil di pagi hari saat bangun tidur

    mengatasi kutu kelamin saat hamil 9 bulan

    Kehamilan yang berkembang dapat ditandai dengan perut ibu yang terus membesar seiring dengan pertambahan usia kehamilan.

    Artinya, ukuran perut ibu diusia kehamilan akhir (trimester 3) tentu akan lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran perut ibu di masa awal hamil (trimester 1).

    Namun terkadang, ada beberapa ibu hamil yang merasa bahwa ukuran perut tiba-tiba terlihat mengecil di pagi hari setelah bangun tidur.

    Tentu hal ini bisa menimbulkan kekhawatiran terkait kondisi janin di dalam rahim.

    Meski begitu, ibu perlu tahu bahwa kondisi ini dapat terjadi secara normal dan bukan menandakan suatu kondisi lain yang berbahaya bagi janin.

    Berikut adalah beberapa penyebab kenapa perut ibu lebih kecil di pagi hari saat hamil.

    1. Bukan kehamilan pertama

    Setelah kehamilan pertama, umumnya sangat sulit bagi ibu untuk memiliki otot perut yang kencang seperti sebelum hamil.

    Ini karena saat hamil otot perut perlu merenggang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim. Semakin besar ukuran janin, maka semakin lebar otot akan merenggang.

    Setelah menjalani persalinan, otot perut biasanya akan kembali menyusut.

    Namun, kemungkinan besar ada beberapa bagian otot yang tidak bisa kembali ke ukuran semula dan menjadi lebih mudah melebar.

    Oleh karena itu, pada ibu yang sebelumnya pernah hamil, ukuran perut biasanya akan lebih cepat membesar di kehamilan selanjutnya.

    Namun, bukan hanya itu, hal ini juga bisa membuat ukuran perut ibu hamil terlihat cenderung lebih kecil di pagi hari saat bangun tidur.

    Ini karena selama ibu tidur, otot perut bisa menjadi lebih kencang setelah beristirahat dari menopang beban perut.

    Perut baru akan kembali bertambah besar setelah ibu mulai beraktivitas dan otot harus kembali menopang janin di dalam rahim.

    2. Perut kembung

    Selama masa kehamilan, bukan hanya jari-jari dan kaki ibu yang akan membengkak.

    Namun, perut ibu juga bisa terlihat membengkak dan lebih padat di malam hari dibandingkan di pagi hari.

    Selain karena faktor kehamilan itu sendiri, perubahan ukuran perut ibu hamil juga bisa dipengaruhi oleh pola hidup yang ibu jalani.

    Makanan dan minuman yang ibu konsumsi sepanjang hari juga bisa menyebabkan peradangan di lapisan usus dan membuat perut bertambah kembung sehingga terlihat semakin membesar.

    Sementara itu, jika ibu makan malam dengan porsi yang cukup besar, perut ibu bisa terlihat lebih besar dibandingkan keesokan paginya saat perut ibu sudah mulai kosong kembali.

    Inilah alasannya mengapa terkadang ibu hamil dapat merasa perut mengecil secara tiba-tiba di pagi hari saat bangun tidur.

    3. Posisi janin di dalam rahim berubah

    trimester 2

    Bukan hanya bisa membuat ibu merasakan kehadirannya di dalam rahim, pergerakan janin juga bisa memengaruhi bentuk dan ukuran perut ibu.

    Bergantung dari posisi janin, perut ibu terkadang bisa terlihat lebih besar atau lebih kecil secara tiba-tiba.

    Posisi bayi yang mendatar dengan kepala di salah satu sisi ibu dan kaki di sisi lainnya bisa membuat perut ibu terlebih lebih besar dan lebar.

    Jika bayi berada di posisi dengan kepala di bawah dan kaki di atas, perut ibu akan berbentuk lebih lonjong dan dapat terlihat seakan lebih kecil dan ramping.

    Bahkan, posisi punggung janin di dalam rahim juga bisa memengaruhi bentuk perut ibu.

    Jika punggung janin membelakangi perut ibu, permukaan perut bisa terlihat lebih rata dan halus.

    Sementara itu, bila yang berada di depan adalah kaki bayi, maka perut ibu mungkin akan terlihat bergelombang dan juga bisa terlihat lebih kecil karena punggung bayi tidak menekan perut ibu.

    4. Otot perut lebih kencang di pagi hari

    Beberapa ahli menyatakan bahwa perut ibu hamil bisa terlihat lebih besar di malam hari karena otot perut mulai rileks dan mengendur setelah seharian menopang beban di perut.

    Saat tidur, otot perut juga ikut beristirahat. Dengan begitu, di pagi hari otot bisa kembali mengencang untuk menopang beban perut.

    Melansir dari American Pregnancy Association, perut ibu hamil umumnya akan mulai terlihat membesar saat memasuki trimester 2 atau sekitar minggu ke-14 kehamilan.

    Itulah alasanya ketika hamil 4 bulan atau di usia kehamilan sekitarnya yang belum terlalu lama, perut ibu bisa terlihat lebih kempes saat bangun tidur.

    Kapan ibu hamil perlu ke dokter saat perut mengecil?

    pemeriksaan leopold

    Meski umumnya merupakan hal yang normal dialami oleh ibu hamil, pada kondisi tertentu, perut yang mengecil di pagi hari saat bangun tidur juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kehamilan.

    Ibu hamil perlu waspada jika perut terus-menerus kempes, bukan hanya di pagi hari saat bangun tidur. Pada kondisi ini, ibu perlu segera melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter.

    Perut ibu yang mengecil tersebut bisa menandakan kondisi berikut ini.

    Pada kondisi tersebut, dokter mungkin perlu melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan kondisi dan penyebabnya.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Belly Expansion During Pregnancy: What to Expect. (2022). Retrieved 20 September 2022, from https://flo.health/pregnancy/pregnancy-health/staying-healthy/belly-expansion

    Does your baby bump size matter?. (2022). Retrieved 20 September 2022, from https://www.netdoctor.co.uk/parenting/pregnancy-birth/a9212/does-your-bump-size-matter/

    Is my small baby bump normal? | BabyCenter. (2022). Retrieved 20 September 2022, from https://www.babycenter.com/pregnancy/health-and-safety/is-it-normal-that-i-dont-look-pregnant-yet_10300250#

    Low Amniotic Fluid Levels: Oligohydramnios. (2022). Retrieved 20 September 2022, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-complications/oligohydramnios/

    Pregnancy weight gain: What’s healthy?. (2022). Retrieved 20 September 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-weight-gain/art-20044360

    Uterus Size During Pregnancy. (2022). Retrieved 20 September 2022, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/uterus-size-during-pregnancy/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui Sep 29
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita