backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Mengenal Olahraga Golf dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 29/11/2023

Mengenal Olahraga Golf dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Golf merupakan olahraga yang cukup populer di dunia. Permainan golf dilakukan di lapangan luas berumput dengan aturan berlomba memasukkan bola kecil ke lubang-lubang dengan jarak tertentu. Ketahui lebih lanjut tentang olahraga golf dalam artikel berikut.

Apa itu golf?

Golf adalah jenis olahraga yang dimainkan di lapangan luas yang bertujuan berkompetisi memasukkan bola kecil ke dalam lubang menggunakan stik golf.

Skor permainan golf bisa ditentukan berdasarkan poin yang didapatkan dari bola yang masuk ke lubang atau jumlah pukulan paling sedikit dalam menyelesaikan satu ronde permainan.

Olahraga ini berasal dari Skotlandia dan sudah dimainkan sejak abad ke-15. Kemudian, golf diperkenalkan di Inggris pada abad ke-17 dan kemudian menyebar ke Amerika Utara hingga ke seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu, olahraga golf menjadi semakin populer di seluruh dunia. Bahkan, beberapa negara mengadakan turnamen golf bergengsi, seperti The Masters, U.S. Open, The Open Championship, dan PGA Championship.

Cara bermain golf

Kompetisi golf dapat dilakukan per-orangan atau per-tim yang berisi 2 hingga 4 orang.

Untuk bermain olahraga golf, bola harus dipukul dari area yang dikenal sebagai teeing ground. Pukulan pertama ini disebut dengan tee shot.

Pukulan selanjutnya harus dilakukan dari posisi terakhir bola mendarat, sampai bola masuk ke lubang terdekat. Jika dilakukan beregu atau tim, bola akan dipukul bergantian.

Jika bola melewati batas lapangan (out of bounds), pemain dikenai hukuman dan harus memulai lagi dari tempat bermain terakhir dengan tambahan satu pukulan.

Penentuan skor bergantung dengan jenis permainan. Pada dasarnya, ada dua bentuk permainan golf yaitu match play dan stroke play.

Match play

Match play ditentukan dari kompetisi dengan pemain lain melalui poin yang didapatkan dari memasukkan bola dari lubang ke lubang (match play).

Satu bola yang masuk ke lubang memberikan nilai satu poin. Total pukulan tidak memengaruhi skor sama sekali dalam permainan ini.

Stroke play

Dalam stroke play, pemain golf harus menyelesaikan satu ronde yang terdiri dari 18 lubang dengan pukulan sesedikit mungkin.

Jumlah pukulan sangat menentukan skor dalam permainan ini. Tujuan utamanya adalah memasukkan bola ke dalam setiap lubang dengan pukulan sesedikit mungkin.

Golf termasuk jenis olahraga apa?

Golf termasuk olahraga luar ruangan dengan bola kecil. Olahraga ini memiliki unsur kompetisi, di mana pemain atau tim berusaha mencapai skor tertentu dengan jumlah pukulan paling sedikit.

Teknik dasar permainan golf

pria bermain olahraga golf

Untuk menguasai olahraga golf, terdapat beberapa teknik dasar yang harus Anda kuasai. Beberapa teknik tersebut yaitu sebagai berikut.

  • Kuasai pegangan stik golf dengan benar. Ada beberapa jenis grip yang umum digunakan, seperti vardon (overlap), interlock, dan baseball. Pilihlah yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pastikan postur tubuh Anda benar. Kaki sejajar dengan bahu, punggung lurus, dan berat badan seimbang di antara kedua kaki.
  • Pengaturan kaki (stance). Kaki sejajar dengan bahu atau sedikit lebih lebar. Bagian depan kaki (yang lebih dekat dengan target) sedikit menghadap ke luar.
  • Posisi bola berbeda untuk setiap stik. Untuk stik besi, biasanya ditempatkan di tengah stance. Untuk driver, posisi bola sedikit lebih dekat ke kaki yang lebih depan.
  • Kuasai pendekatan bola (set-up). Siku sedikit ditekuk, mata stik sejajar dengan bola, dan mata stik yang lebih panjang menyentuh tanah. Pandangan mata stik seharusnya mengarah ke belakang bola.
  • Latih pukulan pendek (short game). Latih pukulan pendek, seperti pukulan chip dan putt, karena sering kali memerlukan kontrol yang baik dan dapat menyelamatkan pukulan tambahan.
  • Kuasai pukulan panjang (long game). Latih pukulan panjang Anda dengan driver dan stik fairway. Fokus pada kontrol dan konsistensi.
  • Ketahui gerakan tubuh (swing) yang tepat. Latih gerakan tubuh untuk mendapatkan pukulan yang konsisten. Pergelangan tangan, pinggul, bahu, dan kepala semuanya berperan penting dalam gerakan mengayunkan pukulan (swing).
  • Latihan pernapasan dan fokus mental. Kendalikan pernapasan Anda dan tetap fokus mental. Olahraga golf memerlukan konsentrasi yang tinggi, terutama pada saat-saat krusial.

Manfaat bermain golf untuk kesehatan

Nah, berikut ini merupakan berbagai manfaat permainan golf untuk kesehatan.

1. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Olahraga golf bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Golf melibatkan gerakan tubuh yang terkoordinasi untuk melakukan pukulan yang tepat. 

Mulai dari posisi awal hingga gerakan mengayunkan stik golf, semuanya memerlukan koordinasi yang baik antara berbagai bagian tubuh, seperti tangan, lengan, bahu, pinggul, dan kaki.

Selain itu, seorang pemain harus dapat menjaga keseimbangan tubuh selama pukulan, terutama saat melakukan gerakan rotasi tubuh, seperti backswing dan follow-through. Latihan ini dapat membantu mengembangkan kekuatan dan keseimbangan di otot-otot inti.

2. Mengurangi stres

Olahraga golf memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi. Saat fokus pada pukulan, mencari titik target, dan mempertimbangkan strategi permainan, Anda cenderung melupakan masalah sehari-hari dan membantu mengalihkan pikiran dari stres.

Selain itu, golf umumnya dianggap sebagai olahraga yang santai, terutama jika dimainkan tanpa tekanan persaingan yang tinggi. Pendekatan yang lebih santai terhadap olahraga ini dapat membantu meredakan stres.

3. Meningkatkan kekuatan otot

Meskipun olahraga golf bukanlah olahraga yang berfokus pada pengembangan kekuatan otot seperti angkat beban, main golf juga dapat meningkatkan kekuatan otot

Golf membutuhkan kekuatan dan stabilitas otot inti, termasuk otot-otot di sekitar perut dan punggung bawah, untuk melakukan rotasi dalam setiap pukulan golf. Saat melakukan pukulan, bagian otot lain juga terlibat, seperti otot lengan, bahu, pinggul, dan kaki.

4. Menjaga kesehatan tulang

Dikutip dari Golf and Health, olahraga golf yaitu meningkatkan kesehatan tulang karena dilakukan di lapangan terbuka dan tubuh terpapar sinar matahari. 

Paparan sinar matahari adalah sumber utama vitamin D yang berperan penting dalam penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang.

Gerakan rotasi dan peregangan dalam pukulan golf juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak, yang penting untuk kesehatan tulang dan sendi.

5. Melatih kekuatan jantung

Olahraga golf, terutama jika berjalan kaki sepanjang lapangan, merupakan aktivitas aerobik ringan. Aktivitas ini dapat membantu meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, yang merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, gerakan mengayun stik golf termasuk dalam latihan angkat beban ringan yang dapat melatih kesehatan jantung.

Penting untuk diingat bahwa agar manfaat olahraga golf makin maksimal, sebaiknya lakukan olahraga teratur serta lakukan gaya hidup sehat lainnya, seperti pola makan yang seimbang dan kebiasaan hidup yang aktif secara umum. 

Sebelum memulai program latihan atau aktivitas fisik yang intens, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 29/11/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan