backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Lompat Galah, Ini Aturan dan Teknik Dasar yang Perlu Dikuasai

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 01/01/2024

Lompat Galah, Ini Aturan dan Teknik Dasar yang Perlu Dikuasai

Lompat galah bukan sembarang olahraga melompat karena membutuhkan teknik khusus untuk dikuasai dengan baik. Olahraga ini mengharuskan atlet untuk meloncat dengan menggunakan galah atau tongkat fleksibel guna mencapai lompatan setinggi-tingginya. Bagaimana cara melakukannya?

Apa itu lompat galah?

Lompat galah (pole vault) adalah salah satu cabang olahraga atletik lompat tinggi dengan bantuan galah atau tongkat fleksibel untuk melompati palang horizontal setinggi 4,5 meter. Galah yang digunakan biasanya terbuat dari bahan fiberglass atau carbon fiber

Setiap atlet akan diberikan tiga kali kesempatan untuk melompat dalam beberapa ukuran ketinggian. Apabila gagal tiga kali berturut-turut, atlet akan langsung dieliminasi. 

Loncat galah menuntut kecepatan, kekuatan, dan ketepatan gerak untuk melompati mistar atau palang setinggi-tingginya, sehingga dibutuhkan latihan rutin untuk dapat menguasai teknik lompatan.

Teknik dasar lompat galah

Berikut ini beberapa teknik dasar yang dibutuhkan untuk melakukan lompat galah. 

1. Teknik awalan

Langkah awal untuk melakukan olahraga ini adalah dengan mengambil ancang-ancang untuk berlari. Usahakan lari secara konsisten untuk dapat menginjak titik tumpu yang tepat saat melakukan lepas landas. 

Galah yang digunakan untuk bertumpu perlu dipegang dengan kuat. Pastikan jarak antara posisi tubuh dan titik tumpuan sejajar sehingga menghasilkan tumpuan yang baik. 

2. Gerakan menumpu galah

teknik dasar lompat galah

Gerakan menumpu galah merupakan teknik yang penting dikuasai untuk mendapatkan lompatan yang tinggi dan tepat. Berikut ini tahapan gerakannya.

  • Setelah langkah lepas landas yang terakhir, genggam galah dengan menggunakan dua tangan. Satu tangan mengangkat ujung tiang ke atas dan tangan lainnya menancapkan galah ke bawah.
  • Tancapkan galah dengan jarak 3 langkah sebelum menumpu dengan galah.
  • Pastikan panjang tiang sejajar dan sesuai dengan jarak kotak tumpuan.  
  • Ayunkan tubuh ke depan dan melompat ke udara sekuat tenaga.

3. Berayun dan menggantung

Teknik lompat galah selanjutnya adalah teknik berayun dan menggantung. Teknik ini perlu dilakukan dengan benar untuk menambah kelentingan tubuh dan menyimpan banyak tenaga.   

Dalam teknik ini, Anda perlu mengayunkan tubuh ke depan dengan galah berada pada posisi lurus sejajar. Setelah itu, dorong tubuh Anda melewati penghalang dan lepaskan galah yang menjadi tumpuan Anda. 

4. Teknik mendarat

Setelah berhasil melewati mistar atau penghalang, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaratan. 

Pada teknik ini, dorong tubuh ke depan dan bersiap mendarat dengan posisi duduk atau terlentang.

Manfaat lompat galah

Lompat jangkit bantu latih koordinasi tubuh

Berikut ini berbagai manfaat lompat galah untuk kesehatan. 

1. Melatih koordinasi tubuh

Salah satu manfaat olahraga loncat galah adalah melatih koordinasi tubuh secara keseluruhan.

Hal ini karena olahraga ini melibatkan keseluruhan gerak tubuh, seperti tangan dan kaki secara bersamaan untuk menghasilkan lompatan yang baik. Rutin melakukan gerakan ini dapat membantu meningkatkan koordinasi tubuh 

2. Melatih keseimbangan tubuh

Selain meningkatkan koordinasi tubuh, loncat galah dapat membantu melatih keseimbangan tubuh. Olahraga ini membutuhkan keseimbangan yang baik untuk dapat melompat dan bertumpu pada galah atau tiang. 

Jika memiliki keseimbangan yang buruk, Anda mungkin akan kesulitan untuk menghasilkan lompatan yang tepat melewati penghalang atau dapat berisiko mengalami cedera

3.  Memperkuat otot

Lompat galah membutuhkan kekuatan otot kaki dan tangan, tepatnya ketika bertumpu pada galah dan melompat melewati penghalang. 

Latihan melompat dan menjaga kelentingan tubuh bisa membantu memperkuat otot-otot kaki dan tangan. 

4. Mengatasi stres

Lompat galah juga dapat membantu menghilangkan stres. Mengutip Harvard Health, melakukan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kadar hormon stres tubuh, seperti adrenalin dan kortisol.

Selain itu, olahraga dapat membantu merangsang produksi endorfin, zat kimia di otak yang bertugas untuk meningkatkan suasana hati, sehingga Anda akan menjadi lebih rileks setelah berolahraga. 

5. Melatih fokus

Olahraga ini juga membutuhkan konsentrasi dan tingkat fokus yang tinggi terutama ketika berlari dan memperkirakan jarak yang tepat untuk bertumpu.

Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan lompatan yang tinggi dan tepat.

6. Meningkatkan kekuatan tulang

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Health Promotion melakukan penelitian untuk mengetahui efek latihan melompat tingkat tinggi terhadap tulang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melakukan latihan lompat tingkat tinggi selama 16 minggu dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang pinggul pada wanita premenopause. 

Nah, itulah ulasan mengenai olahraga lompat galah yang perlu Anda ketahui, mulai dari aturan dasar, teknik, hingga manfaatnya untuk kesehatan. 

Catatan akhir

Perlu diingat bahwa olahraga lompat galah memiliki risiko cedera cukup tinggi. Olahraga ini harus dilakukan dengan penguasaan teknik lompatan yang baik, dan sebaiknya didampingi langsung pelatih profesional. 

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 01/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan