Bolehkah Makan Nasi Sebelum Mulai Olahraga?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sebelum olahraga, tubuh butuh asupan energi agar tetap kuat selama latihan. Namun ada kabar yang menyatakan bahwa makan nasi sebelum olahraga itu tidak diperbolehkan. Benarkah begitu?

Bolehkah makan nasi sebelum olahraga?

makan nasi buka puasa

Makan nasi sebelum olahraga tentu saja boleh. Nasi termasuk salah satu sumber karbohidrat yang disarankan untuk dimakan sebelum berolahraga. Berdasar informasi dari USA Rice Information, nasi mengandung lebih banyak karbohidrat dibandingkan dengan kentang untuk porsi yang sama.

Dilansir dari laman American Heart Association, American College of Sports Medicine menyatakan bahwa mengonsumsi makanan dan cairan yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga sangatlah dianjurkan.

Hal ini membantu menjaga kadar gula darah selama berolahraga, memaksimalkan kinerja, dan mempercepat pemulihan pascalatihan. Karbohidrat, protein, dan lemak merupakan tiga zat gizi utama yang sebaiknya dikonsumsi sebelum berolahraga.

Baiknya makan nasi merah atau putih sebelum olahraga?

nasi merah dan nasi putih

Nasi merah merupakan sumber karbohidrat yang dianjurkan dimakan sebelum berolahraga. Ini karena nasi merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang bisa menjadi sumber energi jangka panjang.

Dibandingkan dengan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, nasi merah diserap oleh tubuh dengan lebih lambat. Pasalnya, nasi merah memiliki indeks glikemik rendah dan kadar serat yang cukup tinggi.

Ketika diserap lebih lambat, seseorang memiliki cadangan energi yang lebih selama berolahraga. Dengan begitu, ia tidak akan mudah lemas.

Sementara nasi putih sebagai golongan karbohidrat sederhana biasanya diserap sangat cepat. Hal ini berisiko membuat seseorang mengalami penurunan energi sebelum latihan selesai.

Jangan makan nasi putih jika Anda jarang olahraga

Nasi merah memang lebih baik. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan nasi putih sebelum olahraga. Nasi putih juga baik dikonsumsi untuk Anda yang melakukan olahraga berat, seperti angkat beban.

Nilai indeks glikemiknya yang tinggi mampu membuat penyerapan gula menjadi lebih cepat. Dengan begitu, bahan bakar tubuh juga bisa lebih cepat didapat sehingga cukup menguntungkan untuk latihan-latihan berat.

Selain itu, nasi putih juga dianggap aman dikonsumsi oleh siapa pun karena tidak akan menimbulkan gejala alergi atau masalah pencernaan. Nasi putih dianggap sebagai sumber karbohidrat yang mudah dicerna dan terbukti memenuhi rekomendasi nutrisi untuk olahraga.

Namun perlu diingat bahwa nasi putih bukanlah pilihan yang baik untuk Anda yang olahraganya kurang dari 4 kali per minggu atau memiliki penyakit metabolisme. Sebaiknya, makanlah nasi merah sebagai makanan sehat dan pada nutrisi agar tubuh tetap bugar selama dan setelah berolahraga.

Kapan waktu makan yang tepat?

lari sebelum makan atau lari setelah makan

Agar pencernaan tak terganggu, usahakan untuk makan nasi plus lauk lainnya 2 sampai 3 jam sebelum olahraga. Tujuannya agar tubuh memiliki waktu cukup untuk mencerna makanan yang nantinya akan digunakan sebagai sumber energi. Selain itu, hal ini juga menghindarkan perut Anda dari rasa sakit dan mual setelah berolahraga.

Namun jika Anda berencana makan makanan lain selain nasi, makanlah 30 sampai 60 menit sebelum latihan dimulai. Jika Anda hanya punya waktu 5 sampai 10 menit, makanlah buah seperti pisang atau apel sebagai pengganjal perut.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jangan lupa melakukan perawatan kulit saat olahraga demi menjaga kesehatan kulit, ya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 18 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?

Nasi merah kerap dijadikan pengganti nasi putih saat seseorang sedang diet. Namun, jangan asal makan nasi merah setiap hari tanpa tahu hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Fakta Gizi, Nutrisi 28 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ibu hamil yang berpuasa tidak bisa makan sembarangan. Berikut beberapa contoh makanan sahur untuk ibu hamil yang bisa menjadi referensi Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 13 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Manfaat Ngemil Kedelai Sebelum Olahraga yang Sayang Dilewatkan

Camilan kedelai ternyata memiliki segudang manfaat untuk Anda. Nah, cobalah untuk mengonsumsinya sebelum olahraga agar mengetahui apa saja manfaatnya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Olahraga Lainnya, Kebugaran 29 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

resep bubur

5 Kreasi Resep Bubur yang Nikmat untuk Sarapan dan Selingan Sore Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
persiapan naik gunung

7 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Naik Gunung

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
sumber karbohidrat paling sehat

Nasi, Mie, Pasta, dan Roti: Sumber Karbohidrat Mana yang Paling Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
beras merah lebih sehat

Ini Alasannya Kenapa Nasi Merah Jauh Lebih Sehat dari Nasi Putih

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit