backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Apa Itu Senam Artistik? Ini Pengertian dan Jenis Pertandingannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

Apa Itu Senam Artistik? Ini Pengertian dan Jenis Pertandingannya

Senam artistik adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan, fleksibilitas, hingga koordinasi. Jenis senam ini dianggap indah karena memadukan gerakan kelenturan, akrobatik, dan tarian. Simak informasi lengkap, mulai dari pengertian, sejarah, hingga gerakannya dalam penjelasan berikut.

Apa itu senam artistik?

Senam artistik (artistic gymnastic) adalah jenis senam yang terdiri dari rangkaian gerakan tubuh yang menunjukkan keindahan, kekuatan, dan ketangkasan. Senam ini biasanya dilakukan di atas palang, balok, ataupun lantai.

Para pesenam menampilkan berbagai gerakan akrobatik yang diiringi oleh ritme dan musik.

Aturan penilaian dalam olahraga gimnastik ini cukup kompleks. Setiap gerakan dinilai berdasarkan tingkat kesulitan dan keindahan eksekusi.

Juri memberikan poin untuk setiap elemen yang dilakukan. Mereka juga akan mengurangi poin ketika terjadi kesalahan atau kekurangan. 

Sejarah senam artistik

Senam artistik

Artistic gymnastic memiliki sejarah panjang yang bisa ditelusuri kembali ke zaman Yunani kuno. Pada masa itu, senam digunakan sebagai bagian dari latihan militer untuk meningkatkan kekuatan fisik dan ketangkasan. 

Seiring berjalannya waktu, senam artistik modern mulai berkembang pada abad ke-19 di Eropa, khususnya di Jerman dan Swedia.

Friedrich Ludwig Jahn, seorang guru asal Jerman, dianggap sebagai bapak senam modern. Pasalnya, ia berperan dalam mengembangkan berbagai alat senam dan metode latihan. 

Pada tahun 1881, Federasi Senam Internasional (FIG) didirikan. Tahun ini menandai dimulainya era baru dalam senam artistik sebagai olahraga kompetitif.

Setelah itu, olahraga gimnastik mulai dipertandingkan pada 1896 untuk kategori putra, sedangkan untuk kategori putri pada 1928. 

Sejak saat itu, senam ini terus berkembang dan menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup populer dan dinanti setiap ajang Olimpiade. 

Kapan senam artistik dikenal di Indonesia?

Senam artistik mulai dikenal di Indonesia pada 1960-an. Popularitasnya meningkat seiring dengan partisipasi dan prestasi Indonesia di kompetisi internasional.

Jenis senam artistik

Olaharaga gimnastik ini terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan alat yang digunakan dan jenis kelamin atlet.

Berikut adalah beberapa jenis yang sering dipertandingkan baik dalam kategori pria maupun wanita. 

1. Senam lantai

Atlet melakukan serangkaian gerakan akrobatik seperti salto, putaran, dan gerakan kombinasi di atas lantai yang dilapisi matras khusus. 

Senam lantai ini memerlukan kekuatan, kelenturan, dan kontrol tubuh yang tinggi untuk menampilkan rangkaian yang harmonis dan sempurna.

Gerakan senam artistik pada wanita pun tidak jauh berbeda. Hanya saja, mereka akan diiringi dengan tambahan elemen tari dan ritme musik. 

2. Palang tunggal

Gerakan dilakukan di atas sebuah palang horizontal yang tinggi. Atlet menunjukkan berbagai gerakan ayunan, pelepasan, dan putaran.

Palang tunggal membutuhkan kekuatan inti tubuh bagian atas yang luar biasa dan koordinasi yang tepat untuk menjaga keseimbangan dan alur gerakan.

3. Palang sejajar

Sesuai namanya, atlet akan melakukan gerakan ini di atas dua palang yang sejajar.

Gerakan ini melibatkan ayunan, pelepasan, dan keseimbangan yang harus dieksekusi dengan presisi. Kekuatan lengan dan kontrol tubuh sangat penting dalam senam ini.

4. Kuda-kuda pelana

Pada senam artistik kuda pelana, atlet akan melakukan gerakan ayunan dan memutar di atas alat yang berbentuk seperti kuda dengan pelana.

Para atlet perlu memiliki kekuatan inti dan koordinasi yang baik guna menjaga ritme dan keseimbangan. 

5. Cincin

Senam artistik dengan ring

Atlet menunjukkan kekuatan dan keseimbangan dengan melakukan gerakan di atas dua cincin yang tergantung.

Gerakan ini sering kali dianggap paling menantang karena membutuhkan kekuatan otot yang besar dan kontrol yang sempurna.

6. Kuda-kuda lompat

Jenis senam artistik satu ini mengharuskan atlet melompat dan berputar di duara setelah melompat dari alat yang mirip dengan kuda.

Kuda-kuda lompat menggabungkan kekuatan, kecepatan, dan teknik yang tepat untuk menciptakan lompatan yang indah

7. Palang bertingkat

Jenis senam satu ini biasanya dilakukan di kategori putri. Atlet melakukan gerakan di antara dua palang dengan ketinggian yang berbeda.

Gerakan melibatkan ayunan, pelepasan, dan transisi antara palang dengan tingkat kesulitan tinggi yang membutuhkan kelenturan dan koordinasi yang baik.

8. Balok keseimbangan

Di atas balok yang sempit, atlet akan menunjukkan keseimbangan dan kelenturan.

Di sana, mereka akan melakukan gerakan yang meliputi putaran, lompat, dan elemen tari. Jenis senam artistik ini memerlukan konsentrasi dan keseimbangan tinggi. 

Artikel terkait

Teknik dan gerakan senam artistik

Gerakan senam artistik sangat beragam dan menantang. Berikut ini beberapa teknik dasar yang sering digunakan. 

  • Handstand.
  • Cartwheel.
  • Round-off.
  • Somersault (salto).
  • Flip.
  • Twist.

Teknik dasar di atas tidak hanya memerlukan kekuatan dan ketangkasan. Anda juga membutuhkan kontrol tubuh yang sempurna dan koordinasi yang baik antara gerakan tubuh dan keseimbangan.

Apa manfaat senam artistik?

Senam artistik meningkatkan fleksibilitas, kekuatan otot, keseimbangan, dan koordinasi. Selain itu, senam ini membantu mengembangkan disiplin, fokus, dan kepercayaan diri.

Contoh pertandingan senam artistik

Pertandingan senam artistik biasanya diadakan dalam beberapa kategori dan level, mulai dari kompetisi lokal hingga internasional.

Pertama, Olimpiade. Pertandingan di Olimpiade adalah salah satu yang paling bergengsi dan diikuti oleh atlet dari seluruh dunia.

Selain itu, ada kejuaraan dunia yang  diselenggarakan oleh Federasi Senam Internasional (FIG). Pertandingan ini adalah ajang utama selain Olimpiade.

Sementara itu, Piala Dunia adalah seri kompetisi yang diadakan di berbagai negara, memungkinkan atlet untuk bersaing dan mengumpulkan poin sepanjang tahun.

Selain itu, ada juga kompetisi regional dan nasional yang diadakan oleh federasi senam di masing-masing negara.

Pertandingan ini memberikan kesempatan bagi atlet untuk menunjukkan kemampuan dan meningkatkan pengalaman bertanding mereka.

Senam artistik adalah olahraga yang memadukan keindahan dan kekuatan, serta menuntut ketangkasan dan konsentrasi tinggi.

Melalui berbagai jenis dan gerakan yang ada, jenis gymnastics satu ini menjadi tontonan dan menginspirasi banyak orang untuk mengembangkan kekuatan fisik dan mental.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan