9 Manfaat Parkour untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Parkour adalah kegiatan fisik dalam bergerak secara efektif melalui kemampuan motorik tubuh di berbagai jenis lingkungan. Le traceur (pelacak) merupakan istilah untuk orang yang melakukan parkour. Mereka mengolah tubuh dan kontrol yang baik melalui latihan yang menggabungkan lari, melintasi rintangan, melompat, dan memanjat.

Parkour pertama kali diciptakan oleh David Belle di Prancis. Ia memperlihatkan kualitas fisik manusia melalui parkour, dan sekarang parkour telah dipraktikkan oleh puluhan ribu orang di seluruh dunia.

Manfaat parkour untuk tubuh

1. Melatih dan membentuk seluruh tubuh

Latihan parkour mencakup kebugaran tubuh secara total. Berlari, melompat, dan melintasi rintangan membutuhkan kerja dari semua otot tubuh. Karena parkour menyangkut pergerakan tubuh, lama-kelamaan oto tubuh juga akan terbentuk dengan sendirinya dari hari ke hari.

2. Meningkatkan daya pikir dan kreativitas

Parkour mengharuskan Le traceur untuk mengatasi rintangan secara cepat. Anda akan diminta untuk tiba-tiba melatih otak Anda dan berpikir bagaimana menggunakan kaki Anda untuk mlewati semua rintangan. Berlatih dengan keputusan naluriah membuat keterampilan dalam parkour dapat menyebabkan Le traceur memercayai keputusan naluriah mereka dalam kehidupan sehari-hari. Parkour juga mendorong Le traceur untuk menunjukkan kreativitas mereka. Setiap rintangan yang Anda temui tidak memiliki acuan yang jelas, jadi Anda harus menggunakan kreativitas Anda untuk melewatinya.

3. Ketahanan jantung

Parkour mengharuskan Le traceur untuk menjadi sangat aktif. Bergerak dengan konstan dan melompat akan mengarah ke peningkatan stamina. Hal tersebut dapat membuat jantung Anda kuat dan meningkatkan suplai oksigen dalam tunuh Anda.

4. Mengembangkan keterampilan tumbuh

Kebugaran tentu terkait dengan keterampilan, termasuk kelincahan, keseimbangan, kekuatan, kecepatan, koordinasi dan reaksi. Dalam parkour, Anda harus menggunakan keterampilan tersebut ketika melompat, memanjat, dan menyeimbangkan tubuh. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk memastikan kebugaran fisik Anda.

5. Membangun kekuatan inti tubuh

Inti tubuh merupakan pusat dari seluruh tubuh dan juga bertanggung jawab untuk membantu Anda membungkuk, memutar, mengirim energi serta kekuatan ke seluruh tubuh. Menguatkan inti tubuh melalui latihan parkour juga membantu untuk mencegah cedera punggung bawah.

6. Meningkatkan kekuatan tulang

Seperti banyak olahraga lainnya, parkour dapat membantu menguatkan tulang. Dengan melakukan gerakan pada tubuh bagian bawah dan bagian atas, ini menyebabkan dampak yang besar untuk membangun tulang yang kuat.

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Parkour dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan memungkinkan orang untuk dapat menaklukan hal-hal yang tidak pernah dicoba sebelumnya. Contohnya adalah ketika Anda melihat dinding besar yang sebelumnya tampak seperti suatu hal yang mustahil untuk dilewati, setelah Anda berhasil untuk melewatinya Anda akan merasakan kepuasan tersendiri dan ingin terus mencoba menaklukan hal-hal yang baru.

8. Mengurangi kecenderungan antisosial

Parkour telah terbukti dapat mengurangi perilaku antisosial. Penelitian yang dilakukan di Westminster dalam kaitannya dengan pembinaan parkour, menunjukkan tingkat kejahatan remaja antara usia 8-19 tahun berkurang 69% ketika mereka berlatih parkour. Parkour memberikan cara positif untuk meluangkan waktu dan energi mereka dengan menghadirkan tantangan dan rintangan baru setiap kali mereka terlibat dalam parkour.

9. Dapat dilakukan oleh semua orang

Anda mungkin sering melihat video parkour dan berpikir bahwa itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan, karena penuh dengan langkah-langkah besar dan gerakan flip. Sebenarnya, parkour tidak hanya memiliki gerakan tersebut. Sebagian gerakan parkour berasal dari gerakan sederhana yang mudah dipelajari seperti berlari dan melompat. Anda juga dapat melakukannya di mana saja karena tidak ada peralatan khusus yang diperlukan.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

7 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

Usia remaja belum terlambat untuk menambah tinggi badan lewat berbagai cara, terutama asupan nutrisi dan olahraga berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Olahraga Lainnya, Kebugaran 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sehat, olahraga juga harus dilakukan oleh mantan penderita kanker. Apa saja manfaatnya? Olahraga apa yang dianjurkan?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kebugaran 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Yuk, Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Jantung Sehat

Ingin jantung selalu sehat? Cobalah untuk mencoba senam jantung sehat. Yuk, lihat manfaat sekaligus panduan gerakan-gerakannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Jantung, Kesehatan Jantung 13 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ada yang suka berolahraga setelah bangun pagi, ada juga yang lebih senang olahraga pulang kantor. Sebetulnya, lebih baik olahraga pagi atau malam?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Olahraga Lainnya, Kebugaran 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips lari untuk penderita rematik

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga malam hari

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
minum kopi sebelum olahraga

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
waktu untuk lari

Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga Lari?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit