Apa Dampak Berenang di Malam Hari Bagi Tubuh?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang menyehatkan karena menguatkan otot seluruh tubuh. Olahraga jenis air ini biasa dilakukan di pagi, siang, dan sesekali malam hari. Namun, apakah berenang pada malam hari sebenarnya diperbolehkan?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

Bolehkah berenang di malam hari?

cara mencegah kram saat berenang

Memilih waktu kapan harus berenang ternyata juga sama pentingnya melakukan pemanasan sebelum menceburkan diri ke air. Pasalnya, ketika Anda berenang di atas jam 10 pagi dan tidak berada di dalam ruangan,sinar matahari mungkin akan memengaruhi kesehatan kulit Anda. 

Apabila Anda melakukannya di dalam ruangan, sinar UV tentu tidak akan memberikan dampak kepada kesehatan. Bahkan, tidak sedikit orang yang berenang di malam hari untuk menghindari rasa panas ketika melakukannya di pagi hari. 

Seperti yang dilansir Harvard Health Publishing, para ahli memang tidak menganjurkan olahraga di malam hari agar kebersihan saat tidur tidak terganggu. 

Namun, penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa Anda dapat berolahraga di malam hari. Hal tersebut dapat dilakukan dengan syarat menghindari aktivitas fisik yang berlebihan setidaknya selama satu jam sebelum tidur. 

Olahraga yang terlalu berat pada malam hari dapat meningkatkan suhu tubuh dan mungkin membuat Anda kesulitan tidur. Oleh karena itu, berenang di malam hari masih diperbolehkan jika tidak akan tidur dalam kurun waktu satu jam ke depan. 

Keuntungan berenang di malam hari 

Setelah mengetahui apakah berenang pada malam hari diperbolehkan atau tidak, saatnya mengenali apa saja keuntungan dari olahraga air setelah matahari terbenam ini. 

1. Tidak terpapar sinar UV

efek sinar uv

Salah satu alasan mengapa beberapa orang memilih untuk berenang pada malam hari adalah tidak terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan tentu berdampak besar terhadap kesehatan kulit, mata, dan sistem imun.

Menurut WHO, empat dari lima kasus kanker kulit disebabkan karena kerusakan UV yang sebenarnya bisa dihindari. Maka itu, memilih waktu di malam hari untuk melakukan olahraga air ini dapat mengurangi paparan sinar matahari yang mungkin sudah cukup saat Anda ke luar ruangan. 

2. Dapat meningkatkan kualitas tidur

tidur nyenyak saat asma

Selain mengurangi risiko paparan sinar UV yang berlebihan, berenang di malam hari ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Memang berolahraga pada malam hari dapat membuat rasa lelah bertambah banyak. Namun, Anda bisa memanfaatkan rasa lelah itu untuk tertidur lelap sampai pada pagi hari. 

Walaupun belum ada penelitian yang benar-benar membuktikannya, olahraga air yang menyehatkan otot ini mungkin dapat membantu Anda melawan insomnia

3. Membakar kalori pada hari itu

berenang bisa bikin hamil

Berenang di malam hari ternyata juga baik untuk orang yang ingin membakar kalori sepanjang hari itu. 

Tubuh akan membakar kalori lebih banyak ketika Anda melakukan olahraga yang temponya lebih cepat dengan jarak yang jauh. Salah satu olahraga yang memiliki kedua syarat tersebut adalah berenang. 

Dengan berenang lebih cepat dan lebih jauh, seperti menggunakan gaya bebas, berpotensi membakar kalori lebih banyak. 

Walaupun tidak membakar seluruh kalori, setidaknya olahraga ini cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan di samping makan makanan yang sehat. 

Berenang pada malam hari memang tidak dilarang, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum rutin melakukannya. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Berapa Banyak Kalori yang Berhasil Saya Bakar Saat Berolahraga?

Ingin tahu berapa banyak kalori yang berhasil kamu bakar dalam sehari? Efektifkah olahraga yang kamu pilih untuk membakar kalori? Cek selengkapnya.

Mau Cari Tahu!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

Usia remaja belum terlambat untuk menambah tinggi badan lewat berbagai cara, terutama asupan nutrisi dan olahraga berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Olahraga Lainnya, Kebugaran 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Ini Bahayanya Jika Anda Berolahraga di Siang Hari Saat Panas Terik

Katanya, olahraga di siang hari bisa membakar kalori lebih banyak sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Padahal, justru bisa berbahaya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Olahraga Lainnya, Kebugaran 23 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Berenang? Waspada 5 Bahaya Kaporit Dalam Kolam Renang

Fungsi kaporit pada air kolam renang adalah untuk membunuh bakteri-bakteri dalam air dan juga menjernihkan air. Tapi, awas bahayanya yang bisa merusak mata

Ditulis oleh: Tiara Putri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 9 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Ada Rencana Berenang Saat Pandemi COVID-19? Begini Risiko Penularannya

Selama pandemi COVID-19 masih berlangsung, kekhawatiran berkegiatan di tempat umum masih cukup besar, termasuk berenang saat pandemi.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
COVID-19, Penyakit Infeksi 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berenang saat menstruasi

Apakah Boleh Berenang Saat Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
lansia berenang

Gaya Renang yang Aman untuk Penderita Saraf Kejepit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Dipublikasikan tanggal: 3 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
contoh hobi yang sehat

6 Jenis Hobi yang Membantu Anda Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 2 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
persiapan berenang

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Lansia Sebelum Berenang Agar Tetap Aman

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit