Mengenali Stadium Kanker Otak, Mulai dari Awal Hingga Akhir

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Salah satu pertimbangan dokter dalam menentukan pengobatan untuk kanker otak adalah stadium atau tahapan yang Anda derita. Stadium atau tahapan penyakit menunjukkan perkembangan kanker atau tumor yang dimiliki. Adapun perkembangan penyakit tersebut terbagi ke dalam empat tingkatan, yang lebih dikenal dengan kanker otak stadium 1, 2, 3 atau 4. Lantas, bagaimana penjelasan masing-masing stadium tersebut?

Sistem pembagian stadium kanker otak

Kanker otak adalah kondisi ketika tumor otak ganas tumbuh dan berkembang di sistem saraf pusat, yaitu otak. Tumor ini dapat tumbuh dan berasal dari otak (kanker otak primer) atau merupakan hasil penyebaran dari kanker di bagian lain dari tubuh (kanker otak sekunder).

Meski sama-sama disebut kanker, penyakit ini memiliki sifat yang berbeda dengan jenis kanker lainnya. Pasalnya, kanker otak bisa menyebar ke berbagai jaringan di dalam otak, tetapi kanker otak primer sangat jarang dapat menyebar ke luar otak atau menjauh dari sistem saraf pusat, termasuk sumsum tulang belakang.

Akibat perbedaan ini, penentuan tingkatan kanker otak pun berbeda dengan jenis kanker lainnya. Bila stadium pada sebagian besar jenis kanker ditentukan berdasarkan lokasi tumbuhnya sel kanker, ukuran tumor, keterlibatan kelenjar getah bening, serta penyebaran ke organ lain di tubuh, tingkatan kanker otak ditentukan berdasarkan seberapa agresif sel tumor terlihat di bawah mikroskop.

Selain itu, Cancer Treatment Centers of America menyebut, dokter pun menilai pertumbuhan dan perkembangan sel tumor di otak dengan melihat karakteristik tumor dan pengaruhnya terhadap fungsi otak. Faktor-faktor yang digunakan untuk menilai perkembangan tumor atau kanker otak diantaranya:

  • Ukuran dan lokasi.
  • Jenis jaringan atau sel yang terpengaruh.
  • Resectability (kemungkinan tumor yang dapat diangkat, apakah sebagian atau seluruhnya).
  • Penyebaran kanker di dalam otak atau sumsum tulang belakang.
  • Kemungkinan kanker telah menyebar ke otak atau sistem saraf pusat.

Dokter pun akan melengkapi penilaian tersebut dengan usia dan gejala kanker otak yang muncul pada penderitanya. Berdasarkan tahapan dan faktor-faktor tersebut, dokter bisa menentukan jenis pengobatan kanker otak yang paling tepat.

Penjelasan tingkatan atau stadium kanker otak

Berdasarkan ketentuan di atas, dokter membagi perkembangan penyakit kanker otak ke dalam empat tingkatan atau stadium, mulai dari stadium 1 hingga stadium 4. Semakin tinggi angkanya, semakin parah pula kondisi yang Anda miliki. Berikut adalah penjelasan masing-masing stadiumnya:

Stadium I

Penyakit tumor otak stadium 1 atau I termasuk ke dalam tingkat awal, dengan ciri-ciri atau tanda-tanda, yaitu sel tumor yang tumbuh dan berkembang secara lambat.

Selain bersifat jinak, sel-sel tumor ini juga terlihat identik dengan sel sehat ketika diteliti di bawah mikroskop. Tumor otak pada tingkat ini pun sangat jarang dapat menyebar ke jaringan lain di dekatnya.

Beberapa jenis tumor otak yang masuk ke dalam kanker otak stadium 1 bisa tidak merasakan gejala apapun dalam beberapa waktu, sehingga pengobatan mungkin belum dibutuhkan. Namun, beberapa pasien lainnya mungkin merasakan gejala sehingga pengobatan perlu segera dijalani, yang umumnya berupa operasi pengangkatan seluruh tumor.

Stadium II

Ciri-ciri penyakit kanker otak stadium 2, yaitu sel tumor yang masih berkembang secara lambat, tetapi mungkin dapat menyebar ke jaringan terdekat atau sel tumor kembali setelah perawatan dilakukan (dengan tingkatan yang lebih tinggi). Saat dilihat di bawah mikroskop, sel tumor ini pun terlihat sedikit tidak normal.

Gejala kanker otak pada stadium ini bisa bervariasi, tergantung sel atau jaringan otak yang terpengaruh, sedangkan pengobatan utama pada tahap ini berupa operasi pengangkatan tumor.

Stadium III

Berbeda dengan dua tahapan sebelumnya, tumor otak stadium 3 (III) sudah bersifat ganas sehingga sudah tergolong sebagai kanker, dengan ciri-ciri, yaitu pertumbuhan sel tumor yang cepat, dapat menyebar ke jaringan terdekat, serta dapat kembali setelah menjalani perawatan. Saat dilihat di bawah mikroskop, sel tumor akan terlihat berbeda (abnormal) dari sel sehat pada umumnya.

Sama seperti stadium kanker otak lainnya, tahapan 3 penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang mungkin bervariasi, dengan cara mengobati yang bisa bervariasi pula. Adapun pengobatan pada stadium ini umumnya, yaitu operasi, radioterapi, dan kemoterapi.

Stadium IV

Kanker otak stadium 4 (IV) merupakan tahap akhir pada penyakit ini, dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Perkembangan sel tumor yang sangat cepat (paling ganas).
  • Dapat menyebar dengan mudah ke jaringan terdekat di dalam otak atau terkadang ke sumsum tulang belakang.
  • Secara aktif mereproduksi sel abnormal.
  • Sel tumor terlihat sangat berbeda (abnormal) di bawah mikroskop.
  • Tumor membentuk pembuluh darah baru untuk mempertahankan pertumbuha yang cepat.
  • Tumor memiliki area jaringan atau sel yang mati, yang disebut nekrosis.
  • Dapat kembali setelah menjalani perawatan.

Pengobatan dan obat pada stadium akhir ini umumnya, yaitu radioterapi dan kemoterapi. Prosedur pengobatan ini umumnya diberikan untuk mengontrol pertumbuhan sel tumor selama mungkin, meringankan gejala, serta memperbaiki kualitas hidup.

Kemungkinan sembuh pasien kanker otak berdasarkan stadium

Semakin tinggi angka stadium yang Anda miliki, semakin parah pula kondisi yang Anda miliki. Meski demikian, berapapun stadium yang Anda miliki, penyakit yang Anda derita tetap bisa mengancam nyawa, terutama bila tidak segera ditangani.

Oleh karena itu, bila Anda merasakan adanya gejala atau perubahan pada diri Anda, sebaiknya Anda segera ke dokter untuk mengetahui diagnosis dari dokter serta mendapat penanganan yang tepat.

Bila tumor otak didiagnosis lebih awal, yaitu pada stadium 1 atau 2, kemungkinan bisa sembuh lebih besar, dibandingkan jika diketahui sudah memasuki tahap akhir atau pada tingkatan kanker 3 atau 4.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jenis Makanan Sehat untuk Membantu Menyembuhkan Kanker Otak

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menyembuhkan kanker otak, ataupun meringankan gejala yang timbul. Berikut daftar makanan yang disarankan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Kanker Otak 16 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Pilihan Obat Tradisional (Herbal) untuk Membantu Mengatasi Kanker Otak

Selain pengobatan medis, obat tradisional kanker otak sering kali digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Apa saja obat herbal yang aman digunakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Kanker Otak 16 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Penyebab dan Berbagai Faktor Risiko Kanker Otak yang Penting Diketahui

Penyebab kanker otak yaitu perubahan sel normal di otak menjadi sel tumor karena adanya mutasi DNA. Selain itu, ada pula berbagai faktor risiko kanker otak.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Kanker Otak 15 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Apa Bedanya Sakit Kepala Akibat Tumor dengan Sakit Kepala Biasa?

Salah satu gejala dari tumor otak adalah sakit kepala. Tapi, sakit kepala ini sering dianggap sakit kepala biasa. Memang, apa sih bedanya?

Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 29 November 2019 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kanker otak glioblastoma

Glioblastoma

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 10 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
kanker pnet

Kanker PNET (Primitive Neuroectodermal Tumors)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
pemeriksaan PET Scan

Informasi Lengkap mengenai PET Scan, Mulai dari Manfaat Hingga Risiko

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 20 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
obat dan cara mengobati kanker otak

Berbagai Obat dan Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 7 menit