home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Apakah Penyakit Kanker Hati Bisa Sembuh Total? Simak Penjelasan Berikut!

Apakah Penyakit Kanker Hati Bisa Sembuh Total? Simak Penjelasan Berikut!

Kanker hati adalah jenis kanker yang bermula pada organ hati. Sama dengan jenis kanker lain, kanker hati merupakan kondisi serius yang dapat membahayakan nyawa. Namun, dengan menjalani pengobatan yang tepat, Anda bisa meredakan penyakit mematikan ini. Akan tetapi, apakah kanker hati bisa sembuh total dan berapa lama harapan hidupnya? Berikut penjelasan lengkap mengenai hal tersebut.

Faktor yang mempengaruhi kesembuhan dan harapan hidup penderita kanker hati

kanker hati bisa sembuh

Pada dasarnya, harapan hidup penderita kanker hati sangat tergantung pada hasil diagnosis dokter dan berbagai faktor lainnya. Mulai dari kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, tipe dari kanker hati, jenis pengobatan yang akan dilakukan, dan tingkat kebugaran tubuh pasien.

Umumnya, harapan hidup pasien kanker adalah lima tahun setelah diagnosis. Nah, angka harapan hidup yang pasien kanker hati miliki biasanya diukur dari kemungkinannya bertahan hidup hingga lima tahun tersebut. Sebagai contoh, Anda mendapatkan angka harapan hidup sebanyak 30 persen.

Ini artinya, kemungkinan Anda bertahan hidup hingga lima tahun adalah 30 persen. Meski begitu, tidak ada yang bisa memberikan jawaban pasti, apakah penyakit kanker hati bisa sembuh total atau tidak. Namun, adanya angka harapan hidup tersebut dapat memberikan gambaran tingkat keberhasilan pengobatan yang akan Anda jalani.

Harapan hidup berdasarkan tingkat keparahan kanker hati

gejala kanker hati

Menurut Cancer Research UK, terdapat perbedaan angka harapan hidup untuk setiap stadium atau tingkat keparahan dari penyakit kanker hati. Ini artinya, kemungkinan apakah kanker hati bisa sembuh total atau tidak juga bisa berbeda untuk masing-masing tingkatan.

Masing-masing angka harapan hidup untuk tiap tingkatan ditentukan berdasarkan dua hal:

  • Angka harapan hidup median, yaitu lama waktu dari diagnosis hingga titik di mana sebagian pasien kanker hati masih bertahan hidup.
  • Angka harapan hidup lima tahun, yaitu jumlah pasien kanker hati yang masih bertahan hidup selama lima tahun atau lebih setelah mendapatkan diagnosis.

Stadium 0

Pada stadium 0 atau stadium awal dari kanker hati, angka harapan hidup median tanpa pengobatan adalah lebih dari tiga tahun. Namun, jika Anda menjalani pengobatan, angka harapan hidup tersebut bisa meningkat hingga lima tahun atau lebih.

Nah, untuk kanker hati pada stadium awal ini ada beberapa jenis pengobatan kanker yang bisa Anda jalani. Mulai dari pengangkatan sebagian dari organ hati yang terkena kanker, transplantasi hati, atau prosedur medis untuk menghancurkan kanker, yaitu terapi ablasi.

Stadium A

Apakah kanker hati bisa sembuh total pada tahapan stadium A? Tidak ada yang tahu pasti. Namun, angka harapan hidup median yang bisa Anda dapatkan tanpa menjalani pengobatan adalah kurang lebih tiga tahun. Angka tersebut akan meningkat jika Anda mau menjalani pengobatan untuk kanker hati.

Sama halnya dengan tahapan stadium 0, pengobatan kanker hati yang bisa Anda lakukan meliputi prosedur operasi untuk pengangkatan sebagian dari liver Anda. Lalu, ada pula pilihan menjalani transplantasi hati atau prosedur menghancurkan kanker dengan terapi ablasi.

Stadium B

Memasuki tahapan stadium yang lebih parah, apakah penyakit hati bisa sembuh total? Angka harapan hidup Anda pada tahapan ini sudah semakin rendah. Tanpa pengobatan, angka harapan hidup median untuk pasien kanker hati adalah 16 bulan.

Namun, angka tersebut bisa meningkat hingga 20 bulan jika Anda menjalani pengobatan pada tahapan ini. Pengobatan untuk penyakit kanker hati stadium B yang bisa Anda pilih adalah kemoterapi yang bisa Anda sebut sebagai transarterial chemoebolisation atau TACE.

Pada prosedur ini, dokter akan memberikan obat kemoterapi yang disuntikkan langsung ke dalam pembuluh darah. Tak hanya itu, dokter juga akan menyumbat pembuluh darah tersebut.

Stadium C

Pada tahapan ini, angka harapan hidup dari pasien kanker hati juga semakin kecil. Pasalnya, tanpa menjalani pengobatan, angka harapan hidup median pasien adalah 4-8 bulan. Sementara itu, angka tersebut bisa meningkat hingga 6-11 bulan jika pasien menjalani pengobatan kanker hati.

Selanjutnya, pengobatan untuk kanker hati stadium C yang bisa Anda jalani adalah penggunaan obat-obatan untuk kanker, seperti sorafenib. Namun, dokter mungkin juga merekomendasikan Anda untuk melakukan uji klinis terlebih dahulu. Apakah pada tahapan ini kanker hati bisa sembuh total? Semua tergantung pada keberhasilan pengobatan.

Stadium D

Sedangkan pada tahapan ini, kanker hati sudah tergolong cukup parah dan membahayakan nyawa. Angka harapan hidup median yang dimiliki oleh pasien adalah kurang dari 4 bulan tanpa pengobatan.

Sayangnya, pada tahapan ini tidak ada metode atau prosedur pengobatan yang bisa bekerja secara efektif mengatasi kanker. Meski begitu, dokter dan ahli medis lainnya akan tetap membantu mengendalikan gejala kanker hati yang muncul pada pasien.

Oleh sebab itu, tidak bisa dipastikan apakah kanker hati bisa sembuh total atau tidak. Angka harapan hidup yang dimiliki oleh masing-masing pasien pun bukanlah kepastian melainkan prediksi sebagai acuan oleh dokter dan pasien.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 20/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri