home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Waspada Jika Tekanan Darah Tangan Kanan dan Kiri Berbeda

Waspada Jika Tekanan Darah Tangan Kanan dan Kiri Berbeda

Pengukuran tekanan darah yang Anda lakukan di rumah sakit sering kali hanya pada satu lengan saja. Bahkan, banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa pengukuran tekanan darah bisa dan sebaiknya Anda lakukan pada kedua tangan. Padahal, pengukuran tekanan darah pada kedua lengan sangat penting, khususnya untuk penderita tekanan darah tinggi. Lalu, bagaimana jika tekanan darah pada lengan kanan dan kiri berbeda?

Penyebab perbedaan tekanan darah pada kedua lengan

post-traumatic stress disroder memicu hipertensiPada dasarnya, perbedaan yang tidak terlalu besar pada angka hasil pengukuran tekanan darah pada lengan kanan dan kiri bukan masalah, selama jaraknya tidak terlalu besar.

Jika kondisi ini terjadi pada anak muda, angka hasil pengukuran tekanan darah yang berbeda antara lengan kanan dan kiri bisa terjadi karena otot menekan pembuluh darah arteri pada lengan.

Namun, kondisi ini juga bisa terjadi karena adanya masalah struktural yang menghambat aliran darah melalui pembuluh darah arteri.

Sementara, pada lansia, kondisi ini tersebut mungkin terjadi karena penyumbatan pembuluh darah akibat aterosklerosis, stroke, hingga berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya.

Robeknya pembuluh darah aorta atau diseksi aorta juga bisa menyebabkan tekanan darah lengan kanan dan kiri berbeda, meski hal tersebut masih tergolong jarang.

Kondisi yang berkaitan dengan perbedaan tekanan darah

alat pengukur tekanan darah digital

Meski begitu, jika hasil pengukuran tekanan darah pada lengan kanan dan kiri berbeda hingga 10 mmHg (milimeter raksa), baik pada tekanan darah sistolik maupun diastolik, Anda patut waspada.

Pasalnya, hal tersebut bisa jadi pertanda adanya penyumbatan pembuluh darah arteri pada lengan, diabetes, atau berbagai masalah kesehatan lainnya.

Sementara itu, jika tekanan darah sistolik pada lengan kanan dan kiri terus menunjukkan angka yang berbeda hingga 10-15 mmHg, risiko mengalami penyakit pembuluh darah semakin besar.

Bahkan, kondisi tersebut juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan berbagai komplikasi lainnya. Nah, tekanan darah kanan dan kiri berbeda mungkin saja sebagai pertanda dari salah satu kondisi berikut:

Jika Anda memiliki perbedaan angka tekanan darah yang cukup besar pada kedua lengan, segera bicarakan dengan dokter Anda. Lengan dengan tekanan darah lebih tinggi biasanya akan menjadi tolak ukur pengukuran tekanan darah mendatang.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Jika angka pengukuran tekanan darah berbeda antara lengan kanan dan kiri, tentu Anda perlu lebih berhati-hati. Sebelum terlambat, lebih baik segera atasi kondisi tersebut.

Dengan mengatasi perbedaan angka tekanan darah, Anda juga bisa sekaligus mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang mengintai, yaitu seperti berikut:

1. Berhenti merokok

Merokok memang sebuah kebiasaan yang tak sehat, bahkan memiliki banyak dampak negatif terhadap kesehatan. Nah, kebiasaan ini ternyata juga berdampak buruk bagi organ jantung dan pembuluh arteri.

Segera berhenti merokok jika Anda seorang perokok aktif. Pasalnya, mempertahankan kebiasaan ini tidak hanya memberikan efek negatif terhadap diri sendiri, tetapi juga kepada orang sekitar.

2. Rutin berolahraga

Daripada merokok, lebih baik mulai menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga. Aktif bergerak dan berolahraga dapat mengurangi risiko Anda mengalami penyakit serius, termasuk penyakit jantung.

Setidaknya, lakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya demi mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Dengan begitu, Anda bisa hidup lebih sehat.

3. Menjaga berat badan ideal

Menurut Harvard Health Publishing miliki Harvard Medical School, salah satu cara mengatasi tekanan darah pada lengan kanan dan kiri yang berbeda adalah menjaga berat badan.

Pasalnya, berat badan berlebih, khususnya yang menumpuk pada perut dapat meregangkan organ hati dan meningkatkan risiko diabetes. Jika berat badan Anda berlebih, cobalah menurunkannya hingga mencapai angka ideal.

4. Memperbaiki pola makan

Pola makan yang kurang sehat juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami masalah tekanan darah. Oleh sebab itu, pastikan untuk memperbaiki pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Contohnya, mengonsumsi buah dan sayuran, gandum, lemak tak jenuh, dan protein nabati. Sementara, kurangi mengonsumsi daging merah, karbohidrat yang berasal dari nasi putih, kentang, roti putih, dan minuman manis.

5. Mengurangi asupan alkohol

Jika Anda gemar mengonsumsi alkohol, ini mungkin saat yang tepat untuk menguranginya. Bahkan, jika perlu, cobalah untuk menghindarinya sama sekali.

Bagi laki-laki, setidaknya minumlah satu atau dua gelas kecil per hari. Namun, wanita memiliki “jatah” minum lebih sedikit, yaitu satu gelas saja per hari.

6. Mengelola stres

Ada banyak cara untuk mengatasi stres, karena hal tersebut dapat menyebabkan angka tekanan darah pada lengan kanan dan kiri berbeda.

Nah, setiap orang memiliki caranya masing-masing. Oleh sebab itu, temukan cara yang tepat bagi Anda. Contohnya, berolahraga, meditasi, menerapkan mindfulness, atau berbagai cara lainnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is your blood pressure lower in one arm? Retrieved 22 April 2021, from https://www.capecodhealth.org/medical-services/heart-vascular-care/is-your-blood-pressure-lower-in-one-arm/

Different blood pressure in right and left arms could signal trouble. Retrieved 22 April 2021, from https://www.health.harvard.edu/blog/different-blood-pressure-in-right-and-left-arms-could-signal-trouble-201202014174

Big arm-to-arm difference in blood pressure linked to higher heart attack risk. Retrieved 22 April 2021, from https://www.health.harvard.edu/blog/big-arm-arm-difference-blood-pressure-linked-higher-heart-attack-risk-201403057064

Blood pressure: Can it be higher in one arm? Retrieved 22 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/expert-answers/blood-pressure/faq-20058230

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 30/09/2016
x