Terus pantau perkembangan soal COVID-19 di sini.

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Panduan New Normal dan Beraktivitas Saat Pandemi COVID-19

Panduan New Normal dan Beraktivitas Saat Pandemi COVID-19

Istilah new normal sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Di Indonesia istilah ini menekankan peraturan new normal seperti PSBB (pembatasan sosial berskala besar) hingga saat ini digunakan istilah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 1-4. Salah satu panduan new normal ini dikeluarkan oleh BPOM. Lantas bagaimana panduan aman beraktivitas saat pandemi COVID-19?

Panduan new normal COVID-19 dari BPOM

cara pakai masker

Rencana hidup berdamai dengan COVID-19 telah lama disebut-sebut. Hidup berdampingan dengan penyakit menular artinya Anda harus beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19.

Dengan angka kasus baru yang mengalami penurunan, program vaksinasi yang masih terus berlangsung, pelonggaran pembatasan kegiatan pun sudah mulai dilakukan. Badan POM (Pengawasan Obat dan Makanan) mengeluarkan panduan menjalani new normal dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Panduan ini berisi mulai dari penjelasan apa itu COVID-19, penularannya, hingga tips mencegah penularan. Panduan ini bisa kita terapkan untuk mencegah penularan dan aman beraktivitas di tengah pandemi COVID-19.

1. Pencegahan penularan untuk masyarakat umum

Dalam menjalani fase new normal di tengah pandemi COVID-19 kita harus memahami pencegahan COVID-19 di kendaraan umum hingga cara menjalani new normal di tempat kerja.

Sama seperti cara mencegah penularan COVID-19 pada umumnya, panduan new normal saat menggunakan kendaraan umum dan di tempat kerja adalah sebagai berikut.

  • Memakai masker di dalam atau luar ruangan
  • Menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol
  • Menjaga jarak dengan orang lain minimal 1-2 meter
  • Memastikan ruangan mempunyai ventilasi yang baik
  • Menjaga kebersihan dan rutin mendesinfeksi area sekitar
  • Bekerja dari rumah ketika sakit
  • Membungkus tisu bekas pakai ke kantung plastik sebelum dibuang

Selain BPOM, Kementerian Kesehatan RI juga menerbitkan Keputusan Menteri nomor HK.01.07/MENKES/328/2020. Keputusan tersebut berisi Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di tempat kerja. Aturan terbaru diterbitkan oleh Mendagri yaitu Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 27 tahun 2021.

Isi aturan kurang lebih sama dengan panduan yang diterbitkan oleh BPOM. Hanya saja peraturannya lebih lengkap, termasuk kebijakan manajemen dalam pencegahan penularan COVID-19.

Mulai dari panduan selama PPKM di tempat kerja, aturan jadwal giliran bekerja, hingga menyediakan fasilitas tempat kerja yang sehat.

new normal covid-19

2. Pencegahan penularan untuk pedagang dan penjual makanan

Panduan menjalani new normal yang diterbitkan BPOM juga berisi panduan bagi pedagang.

Pandemi COVID-19 berdampak cukup signifikan terhadap pedagang karena berkurangnya pelanggan tentu memengaruhi pendapatan. Akibatnya, tidak sedikit dari mereka yang mengubah sistem tempat makan menjadi hanya untuk dibungkus hingga menutup usaha mereka semetara waktu.

Ketika aturan PPKM sudah mulai dilonggarkan dan masyarakat menjalani new normal, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan penjual makanan sebagai berikut.

  • Memastikan kebersihan dapur dan alat makan terjaga
  • Pegawai restoran tetap menggunakan masker
  • Memastikan tubuh dalam keadaan sehat untuk berjualan
  • Menggunakan sarung tangan saat mengambil makanan
  • Makanan dibungkus dengan kemasan yang bersih
  • Menghindari penggunaan koran atau kertas sebagai pembungkus

3. Berhati-hati dalam membeli obat dan suplemen

Belanja aman covid-19

Salah satu cara mencegah infeksi COVID-19 adalah menjaga kesehatan tubuh dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan bergizi maupun suplemen. Ketika merasakan gejala COVID-19, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk meringankan gejala tersebut.

Panduan new normal lainnya dalam menghadapi pandemi COVID-19 adalah dengan berhati-hati dalam memilih obat. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan ketika membeli obat dan suplemen di tengah pandemi.

  • Membeli obat di apotek atau sarana kesehatan resmi
  • Memakai resep dokter jika membeli obat keras
  • Selalu cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar, dan Kadaluarsa)
  • Berhati-hati terhadap penawaran online dari sumber yang tidak jelas

Penggunaan suplemen pun perlu diperhatikan. Konsumsi suplemen harus sesuai aturan dosis. Selain itu, beberapa kandungan suplemen dapat berinteraksi dengan obat, sehingga dianjurkan untuk meminumnya 1-1,5 jam setelah mengonsumsi obat.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker jika suplemen digunakan pada beberapa situasi tertentu, seperti:

  • pemakaian pada anak,
  • penggunaan bersama dengan resep dokter,
  • ibu hamil,
  • sebelum atau sesudah menjalani operasi, dan
  • mengalami efek samping.

4. Tips aman berada di keramaian

peraturan aturan PPKM terbaru

Selama pandemi ini Anda pasti berusaha keras untuk menghindari keramaian. Namun, beberapa aktivitas mungkin mengharuskan Anda berada di keramaian.

Jika Anda menghadapi situasi ini, sebenarnya tips aman yang perlu Anda terapkan tidak berbeda jauh. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Jangan melepas masker selama Anda berada di sana kecuali Anda ingin minum atau makan.
  • Jaga jarak 1-2 meter dengan orang lain.
  • Bila Anda harus duduk, pastikan kursi depan maupun di samping Anda kosong. Jadi, duduk dengan posisi bersilang dengan orang lain.
  • Kurangi intensitas berbicara dengan orang lain. Anda bisa memanfaatkan aplikasi chatting untuk mengobrol lebih aman.
  • Selama berada di tempat tersebut, jangan menyentuh wajah Anda. Gunakan handsanitizer atau bila perlu mencuci tangan dengan air mengalir untuk menjaga kebersihan tangan.
  • Jika kondisi tersebut memang terlalu ramai, dan tidak memungkinkan Anda melakukan tips-tips sebelumnya, jangan memaksakan diri. Cobalah untuk mencari tempat lain yang lebih lengang.


Lawan COVID-19 bersama!

Ikuti informasi terbaru dan cerita para pejuang COVID-19 di sekitar kita. Ayo gabung komunitas sekarang!


Pada dasarnya, panduan menjalani new normal dalam menghadapi COVID-19 memerlukan perhatian dan kewaspadan tinggi.

Mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain kini sudah menjadi kebiasaan baru yang perlu dilakukan demi mencegah penularan Covid-19. Masyarakat dihimbau untuk menjaga kebersihan di mana pun dan kapan pun Anda berada.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Badan POM. (2020). Ajak Masyarakat Mandiri, Badan POM Launching Pedoman Pencegahan dan Penanganan COVID-19. Badan POM. Retrieved December 08, 2021, from https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/18501/Ajak-Masyarakat-Mandiri–Badan-POM-Launching-Pedoman-Pencegahan-dan-Penanganan-COVID-19.html

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pencegahan COVID-19 di Tempat Kerja Era New Normal. Sehat Negeriku: Kemenkes RI. Retrieved December 08, 2021, from http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20200523/5133951/pencegahan-covid-19-tempat-kerja-era-new-normal/ 

Widyaningrum, N., Rosmalasari, E., Awalia, S., Sasmoyo, R., & Putro Wardoyo, T. (2020). Serba COVID-19: Cegah COVID-19 Sehat untuk Semua. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan. Retrieved December 08, 2021, from

How to protect yourself & others. Retrieved December 08, 2021, from https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/prevention.html

Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 27 tahun 2021 Retrieved December 08, 2021, from https://ditjenbinaadwil.kemendagri.go.id/download/file/Inmendagri_No_27_Tahun_2021.pdf

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Dec 17, 2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa