10 Cara Mudah untuk Berhenti Terus-terusan Bersin

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Bersin sebenarnya merupakan refleks spontan tubuh mengusir kuman, debu, dan benda-benda asing lainnya agar tidak masuk ke dalam tubuh. Bersin terus-menerus juga bisa menjadi gejala penyakit seperti flu atau reaksi alergi. Apapun penyebabnya, bersin terus-terusan itu sangat mengganggu. Jangan khawatir. Simak berbagai cara mudah mengatasi bersin terus menerus di bawah ini.

Berbagai cara untuk mengatasi bersin terus-terusan

1. Ketahui pemicunya

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab bersin. Beberapa pemicu ini mungkin mudah dikenali dan dihindari. Misalnya, debu, rempah-rempat berbau tajam (lada, merica, bubuk cabai), makanan pedas, serbuk sari, parfum menyengat, cuaca dingin, atau butiran tepung terigu.

Bersin juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi terhadap sesuatu. Oleh karena itu, cari tahu dan ketahui apa yang menyebabkan Anda bersin terus-terusan. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghindarinya agar tidak bersin-bersin.

Jika disebabkan oleh alergi, minum obat antialergi. Obat-obatan yang mungkin bisa digunakan termasuk antihistamin atau semprot hidung. Beberapa orang yang mengalami reaksi lebih parah mungkin memerlukan obat resep atau suntikan alergi untuk mencegah atau mengurangi efeknya.

2. Hindari cahaya terang

Cahaya terang bisa menjadi pemicu bersin. Sekitar sepertiga orang di dunia ini bisa bersin-bersin terus ketika melihat cahaya terang di luar rumah.

Bersin-bersin akibat melihat cahaya terang dikenal dengan nama bersin fotik, dan biasanya ini adalah kondisi keturunan. Anda dapat mengatasi bersin memakai kacamata hitam ketika beraktivitas di luar ruangan supaya tidak langsung menapat cahaya terang.

3. Hindari makan banyak

Beberapa orang bersin setelah makan banyak. Apa sebenarnya penyebab di balik kondisi ini belum diketahui pasti. Namun untuk mengatasinya, segera kurangi porsi makan Anda dan mengunyahlah lebih pelan.

4. Lindungi diri Anda dari polusi udara

Beberapa orang yang lebih sering beraktivitas di luar ruangan rentan bersin-bersin karena hidung terus terpapar debu polusi.

Seiring waktu, paparan polusi udara dapat meningkatkan risiko hidung, kanker tenggorokan, dan kaker paru, serta masalah pernapasan kronis lainnya.

Untuk mengatasi bersin ketika berada di luar ruangan atau di ruangan berdebu, selalu pakai alat pelindung seperti masker hidung (masker bedah).

5. Katakan sesuatu yang aneh

Beberapa orang percaya bahwa mengucapkan kata yang aneh atau lucu tepat ketika Anda merasa ingin bersin, dapat mengalihkan perhatian Anda dari bersin.

Hal ini disebabkan karena tindakan yang menarik atau tidak biasa bisa mengalihkan perhatian otak untuk mencegah bersin. Namun, belum ada penelitian untuk mendukung hal ini.

6. Gelitik langit-langit mulut

Seseorang mungkin dapat menahan bersin dengan menggelitik langit-langit mulut dengan lidah. Setelah sekitar 5-10 detik melakukannya, dorongan untuk bersin bisa hilang.

Atau Anda juga dapat menekan lidah Anda dengan keras sampai lidah mencapai dua gigi depan Anda, lakukan ini terus sampai keinginan untuk bersin hilang.

7. Coba pakai semprotan hidung

Membersihkan saluran hidung yang tersumbat dapat membantu mencegah hidung teritirasi akibat paparan debu atau zat asing yang masuk ke dalamnya.

Anda bisa membersihkan hidung dengan semprotan hidung alami yang dibuat di rumah. Larutkan capsaicin dalam air dan semprotkan ke dalam hidung. Cara mengatasi bersin ini cukup ampuh karena capsaicin dapat membuat jaringan hidung mati rasa, sehingga tidak ingin bersin.

8. Cubit hidung Anda

Ini adalah cara lain untuk mencoba menahan bersin sebelum terlanjur terjadi. Ketika Anda merasa akan bersin, cobalah cubit kedua cuping hidung Anda, seperti Anda sedang menutup hidung saat mencium bau tidak sedap.

Anda juga bisa mencoba cubit hidung di pangkal hidung, tepat di bawah bagian dalam alis Anda.

9. Minum vitamin C

Vitamin C adalah antihistamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mencukupi kebutuhan vitamin C bisa menangkal bakteri dan virus penyebab penyakit yang disertai bersin, seperti flu dan pilek.

10. Minum teh chamomile

Sama halnya dengan vitamin C, chamomile juga memiliki efek antihistamin. Untuk membantu mengatasi bersin, Anda dapat minum secangkir teh chamomile setiap hari untuk mengurangi jumlah histamin dalam tubuh.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca