Berkenalan Dengan Belladonna, Tanaman Beracun yang Bermanfaat untuk Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13/01/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Kebanyakan dari Anda mungkin tidak begitu familiar dengan Belladonna. Namun jika Anda pernah menonton film Perfect Strangers keluaran tahun 2007, ekstrak belladonna dipakai oleh si pemeran utama sebagai senjata pembunuh. Buah beri yang dihasilkan tanaman ini juga sama-sama beracun, dan pernah tampil dalam film Hunger Games.

Ya. Meski penampilannya cantik rupawan, tanaman ini termasuk tanaman beracun yang mematikan. Namun jangan salah. Di dunia nyata, sejumlah penelitian menemukan banyak manfaat belladonna untuk kesehatan tubuh.

Sekilas tentang tanaman belladonna

Belladonna, yang punya nama lain Atropa belladonna atau nightshade , merupakan tanaman semak beracun yang berasal dari Asia dan Eropa. Tanaman ini menghasilkan buah beri hitam yang tidak boleh dimakan.

Menurut National Institutes of Health (NHS), nightshade tidak aman dikonsumsi secara langsung. Memakan buah atau daun dari tanaman ini dapat menyebabkan kematian. Kontak kulit langsung dengan daunnya dapat menimbulkan reaksi alergi dan ruam kulit kemerahan. Itu sebabnya di zaman dulu, getah tanaman ini sering digunakan sebagai racun yang dioleskan pada ujung panah. 

Seiring dengan perkembangan dunia medis modern. tanaman semak ini mulai diolah ke dalam produk kosmetik dan obat-obatan. Misalnya saja sebagai cairan antiseptik untuk dokter sebelum operasi dan obat tetes mata untuk melebarkan mata Anda.

Kok bisa? Bukannya katanya Belladona itu mematikan? Tunggu dulu. Untuk bisa aman digunakan secara massal, tanaman ini akan terlebih dulu melewati proses rumit untuk mendapatkan senyawa kimia tertentu untuk digunakan sebagai obat.

Menguak manfaat belladonna untuk kesehatan

Senyawa kimia penting itu adalah scopolamine dan atropine. Scopolamine berfungsi untuk mengurangi sekresi beberapa organ tubuh. Ini juga membantu mengurangi mual dan muntah akibat asam lambung naik. Selain itu, scopolamine berfungsi untuk mengendalikan detak jantung dan melemaskan otot. 

Atropine serupa dengan scopolamine. Atropine sama-sama digunakan untuk mengurangi sekresi organ tubuh. Namun tidak seefektif scopolamine bila digunakan untuk meregangkan otot dan mengendalikan denyut jantung. Atropine juga digunakan sebagai bahan obat tetes mata untuk melebarkan mata. Dalam beberapa kasus, atropine bekerja sebagai penangkal racun serangga atau insektisida.

Kombinasi kedua zat kimia ini jika digabung dengan obat lainnya bisa mengobati beberapa masalah kesehatan, terutama masalah pencernaan seperti kram perut dan usus, masalah kandung kemih, dan saluran empedu.

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, jika digunakan di bawah pengawasan dokter, belladonna dapat mengobati berbagai masalah kesehatan mulai dari buang air kecil berlebihan di malam hari hingga Irritable Bowel Syndrome (IBS). Scopolamine bekerja langsung pada sistem saraf pusat untuk menciptakan efek menenangkan di dalam lambung dan usus.

Kombinasi atropine dan scopolamine dalam Belladona juga bermanfaat dalam mengendalikan kondisi seperti kolitis, divertikulitis, kolik bayi, kolik ginjal dan empedu, ulkus peptis, iritasi kulit kemerahan, hingga gejala penyakit Parkinson. Obat ini bahkan juga bisa digunakan untuk mencegah mabuk perjalanan.

Bila dikonsumsi sebagai obat yang diresepkan dan di bawah pengawasan dokter, Belladona dianggap aman. Selalu konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan yang mengandung belladonna.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Mugwort mengandung vitamin serta senyawa antioksidan dan antiradang sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat tersebut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 17/03/2020 . Waktu baca 3 menit

6 Pilihan Obat Herbal untuk Kanker Serviks Melihat dari Sisi Medisnya

Selain dengan tindakan medis dari dokter, minum obat herbal juga dinilai berpotensi untuk menghambat perkembangan sel kanker serviks. Apa saja pilihannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kanker Serviks, Health Centers 28/02/2020 . Waktu baca 7 menit

Segudang Khasiat Daun Singawalang (Anamu) untuk Kesehatan

Sebagai tanaman yang dihasilkan dari hutan Amazon, manfaat singawalang atau anamu ternyata berguna untuk kesehatan manusia. Apa saja khasiatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Nutrisi, Hidup Sehat 19/02/2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Sehat dan Tepat Menyimpan Daun Salam di Rumah

Daun salam tersedia dalam bentuk segar, kering, dan bubuk. Cara menyimpan daun salam tentunya berbeda-beda tergantung bentuknya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pangan rekayasa genetika

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Pangan Rekayasa Genetika

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit
sakit perut setelah makan pisang

Sakit Perut Setelah Makan Pisang, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 11/06/2020 . Waktu baca 3 menit
IBS dan stres

Bagaimana Stres Memicu dan Memperparah Gejala IBS?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 06/06/2020 . Waktu baca 3 menit
manfaat bunga telang

Cantiknya Bunga Telang dengan 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020 . Waktu baca 4 menit