Kenapa Kebutuhan Kalori Pria dan Wanita Berbeda?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kebutuhan kalori per hari setiap orang berbeda-beda. Berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kemenkes RI, kebuthan kalori wanita dewasa (16-30 tahun) pada umumnya berkisar antara 2,125 sampai 2,250 kalori per hari. Sementara pria dewasa dengan rentang umur yang sama butuh lebih banyak lagi, yaitu 2625-2725 kalori per hari. Kebutuhan kalori minimal saat diet pun bisa berbeda antara pria dan wanita. Kenapa bisa begitu?

Apa itu kalori?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya ketahui dulu apa itu kalori. Kalori adalah satu unit pengukuran untuk menyatakan jumlah energi dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari.

Jika makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari dapat mencukupi kebutuhan kalori harian Anda, maka Anda tergolong sehat. Sebaliknya jika makanan dan minuman yang Anda konsumsi di bawah atau di atas kebutuhan kalori harian Anda, risiko untuk terkena penyakit dapat meningkat.

Kenapa kebutuhan kalori per hari pria dan wanita berbeda?

Kebutuhan kalori per hari pria dan wanita berbeda karena pria umumnya akan memerlukan lebih banyak energi untuk beraktivitas, meski ukuran dan berat badan pria tersebut sama dengan wanita. Kenapa ini bisa terjadi?

Pertama, pria umumnya memiliki lebih banyak massa otot dibanding wanita. Massa Otot yang lebih besar otomatis memerlukan lebih banyak energi untuk dapat berfungsi optimal. 

Kedua, sebagian besar pria biasanya memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dibanding wanita. Nah, postur tubuh yang tinggi ini nyatanya juga berpengaruh terhadap kebutuhan kalori untuk kaum pria. Sehingga, mereka butuh lebih banyak kalori dibanding wanita.

Tidak hanya itu, pria umumnya memiliki kapasitas paru-paru yang lebih besar, yang memungkinkan mereka bekerja lebih keras saat olahraga dan aktivitas fisik lain. Hal ini membuat pria membutuhkan lebih banyak kalori untuk mempertahankan kekuatannya.

Lantas, berapa kebutuhan kalori per hari untuk pria?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, rata-rata kebutuhan kalori harian pria dewasa adalah sekitar 2725 kalori setiap hari. Namun, banyaknya kalori harian pria yang dibutuhkan oleh masing-masing kelompok usia adalah sebagai berikut:

  • Usia 10 – 12 tahun: 2100 Kkal
  • Usia 13 – 15 tahun: 2475 Kkal
  • Usia 16 – 18 tahun: 2675 Kkal
  • Usia 19 – 29 tahun: 2725 Kkal
  • Usia 30 – 49 tahun: 2625 Kkal
  • Usia 50 – 64 tahun: 2325 Kkal
  • Usia 65 – 80 tahun: 1900 Kkal
  • Usia 80 ke atas: 1525 Kkal

Lantas, berapa kebutuhan kalori per hari untuk wanita?

Rata-rata kebutuhan kalori harian wanita dewasa adalah sekitar 2,125 sampai 2,250 kalori setiap hari. Namun, banyaknya kalori harian wanita yang dibutuhkan oleh masing-masing kelompok usia adalah sebagai berikut:

  • Usia 10 – 12 tahun: 2000 Kkal
  • Usia 13 – 15 tahun: 2125 Kkal
  • Usia 16 – 18 tahun: 2125 Kkal
  • Usia 19 – 29 tahun: 2250 Kkal
  • Usia 30 – 49 tahun: 2150 Kkal
  • Usia 50 – 64 tahun: 1900 Kkal
  • Usia 65 – 80 tahun: 1550 Kkal
  • Usia 80 ke atas: 1425 Kkal

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda

Angka di atas adalah acuan kebutuhan kalori secara umum. Pada dasarnya kebutuhan kalori per hari setiap orang beda-beda berdasarkan usia, berat badan, tinggi badan, serta aktivitas fisik. Jadi, dua orang yang kembar sekalipun akan memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda, tergantung pada keadaan fisik dan aktivitasnya sehari-hari.

Begitu juga dengan kebutuhan kalori saat diet. Pada umumnya, setiap orang yang ingin berdiet harus mencukupi kebutuhan kalori minimal sebesar 1200-1400 kalori per hari. Ini berlaku bagi pria dan wanita

Untuk memudahkan Anda menghitung kebutuhan kalori harian Anda, Hello Sehat sudah menyediakan kalkulator kebutuhan kalori. Anda bisa mengecek kebutuhan kalori harian Anda di laman tersebut.

Kenapa penting untuk memperhatikan kebutuhan kalori per hari?

Mengetahui berapa kebutuhan kalori Anda per hari dapat membantu menjaga kesehatan Anda karena hal tersebut bisa mempengaruhi keseimbangan energi yang Anda gunakan sehari-hari.

Prinsip dalam mencukupi kebutuhan kalori pada dasarnya sederhana saja, yaitu seimbang. Pasalnya, jika Anda mengonsumsi kalori lebih dari kebutuhan, tubuh Anda akan menyimpan kelebihan energi sebagai lemak. Hal tersebut tentu berkontribusi terhadap kenaikan berat badan di kemudian hari yang sekaligus meningkatkan risiko Anda mengidap berbagai macam penyakit, khususnya penyakit degeneratif.

Tetapi jika Anda mengonsumsi kalori kurang dari kebutuhan Anda, Anda akan kehilangan massa lemak dan otot yang bisa menyebabkan penurunan berat badan sekaligus penurunan fungsi organ-organ dalam tubuh karena tidak mendapat asupan yang seharusnya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 25, 2017 | Terakhir Diedit: Oktober 23, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca