home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Peralatan dan Teknik Dasar dalam Olahraga Panahan untuk Pemula

Peralatan dan Teknik Dasar dalam Olahraga Panahan untuk Pemula

Olahraga panahan tidak hanya bisa Anda temukan di kejuaraan saja. Saat ini, selain bermanfaat untuk kesehatan, memanah sudah menjadi salah satu olahraga rekreasi yang menyenangkan. Tujuan olahraga panahan adalah menembakkan anak panah dengan bantuan busur untuk mencapai target pada jarak tertentu. Tertarik untuk mencoba olahraga ini?

Sekilas tentang olahraga panahan

Sejarah olahraga panahan terinspirasi dari kehidupan umat manusia sejak ribuan tahun lalu. Memanah dengan peralatan busur senar dan anak panah mulanya digunakan sebagai alat berburu atau perang. Fungsi panahan untuk berburu atau berperang kian berkurang sejak ditemukannya senjata api.

Saat ini memanah lebih bertujuan sebagai olahraga atau sarana rekreasi bagi beberapa kalangan. Menurut World Archery, kompetisi panahan pertama kali berlangsung di Finsbury, Inggris pada tahun 1583 yang diikuti oleh sekitar 3.000 peserta. Selanjutnya, panahan menjadi cabang olahraga Olimpiade pada 1900 untuk pria dan 1904 untuk wanita.

Peralatan yang dibutuhkan dalam olahraga panahan

alat olahraga panahan

Sama seperti olahraga lainnya, terdapat beberapa alat olahraga panahan yang perlu disiapkan sebelum memulai aktivitas ini. Setidaknya, untuk memulai olahraga panahan Anda membutuhkan peralatan dasar, seperti busur panah, anak panah, dan target.

1. Busur panah

Salah satu peralatan utama dalam olahraga panahan adalah busur panah. Terdapat tiga jenis busur panah, yaitu recurve, longbow, dan compound yang masing-masing memiliki karakter tersendiri. Untuk pemula, umumnya akan menggunakan busur recurve yang memiliki bentuk melengkung pada bagian ujung. Jenis busur ini juga paling mudah untuk dipelajari pemula.

2. Anak panah

Anak panah bisa terbuat dari kayu, aluminium, karbon, atau kombinasi karbon dan aluminium. Alat dalam olahraga panahan ini harus memiliki kekakuan dan panjang tertentu. Apabila ukurannya terlalu pendek, anak panah bisa meleset dari busur dan melukai Anda.

3. Target

Dalam olahraga panahan, Anda harus menembakkan anak panah ke arah target. Target berupa sasaran berbentuk lingkaran dengan bagian tertentu untuk menentukan poin tembakan. Pada ajang Olimpiade, atlet panahan harus membidik target dari jarak 70 meter, tapi pemula tentu membutuhkan jarak yang lebih pendek.

Selain ketiga alat tersebut, seorang atlet panahan umumnya membutuhkan alat pendukung lain, seperti bracer (pelindung dada), quiver (tempat anak panah), dan finger tab (pelindung jari).

Peralatan untuk olahraga ini biasanya punya harga relatif mahal, sehingga Anda tidak harus membelinya. Apabila hendak berlatih memanah, lebih baik bergabung ke komunitas panahan untuk menyewa alat sekaligus mendapatkan arahan teknik yang benar dari instruktur.

Teknik dasar olahraga panahan bagi pemula

Banyak orang menganggap panahan sebagai olahraga yang statis, padahal aktivitas ini sangat membutuhkan kekuatan, ketahanan, dan fokus. Pemula yang baru pertama kali belajar memanah, perlu memahami teknik dan keterampilan dasar seperti berikut ini.

1. Sikap yang tepat

Posisi kaki akan menentukan arah tembakan anak panah, sehingga Anda perlu melakukan sikap dan posisi yang tepat dengan menyelaraskan kaki ke arah tengah sasaran. Buka kedua kaki Anda selebar bahu, lalu posisikan kaki yang berada di bagian belakang tegak lurus 90 derajat dengan arah target.

2. Meletakkan anak panah ke busur

Letakkan anak panah pada sandaran yang terdapat di busur. Tempatkan tali busur ke dalam nock atau bagian berlubang di belakang anak panah untuk tempat senar. Umumnya, fletching atau bagian bulu plastik pada anak panah memiliki salah satu bagian yang berwarna berbeda. Anda perlu mengarahkan bagian fletching yang berbeda ke arah luar.

3. Memegang senar busur

Posisikan jari tangan dengan benar saat memegang anak panah dan senar busur. Letakkan jari telunjuk pada bagian atas panah, sementara jari tengah dan jadi manis berada di bawahnya. Pegangan Anda harus longgar untuk memudahkan saat menembak anak panah ke target.

4. Menarik busur panah

Saat Anda meletakkan anak panah ke busur, lakukan dalam posisi busur panah menghadap ke bawah. Angkat busur dan tarik senar ke belakang, lalu arahkan lengan Anda yang tidak menarik senar ke arah target. Tarik senar hingga menyentuh titik tertentu pada wajah yang disebut anchor point, biasanya Anda letakkan pada dagu, sudut mulut, atau telinga.

5. Membidik dan melepaskan tembakan

Hindari membidik terlalu cepat karena bisa menyebabkan tembakan anak panah melemah. Saat membidik, fokus juga pada gerakan otot tangan Anda. Lepaskan senar dengan mengendurkan jari-jari tangan. Jangan menyentak busur saat melepas anak panah, hal ini bisa membuat tembakan meleset dari sasaran. Pertahankan posisi tubuh hingga anak panah mengenai target.

Perhitungan skor dan peraturan dalam olahraga panahan

peraturan olahraga panahan

Dalam cabang olahraga memanah, tujuan utama dari atlet panahan adalah mengarahkan anak panah ke target sedekat mungkin dengan pusat sasaran. Atlet akan membidik target dari jarak tertentu dalam beberapa kali kesempatan, kemudian jumlah poin tembakan yang mengenai sasaran akan dihitung untuk menentukan pemenang.

Skor tertinggi adalah 10 poin dengan menjatuhkan anak panah ke cincin emas bagian dalam sasaran. Skor akan semakin rendah saat menjauhi titik pusat sasaran. Jika anak panah jatuh pada bagian putih pada bagian luar sasaran maka akan mendapatkan 1 poin, sedangkan jika anak panah meleset dari sasaran sama sekali maka tidak akan mendapatkan poin.

Pemenang dalam sebuah pertandingan adalah atlet yang memiliki skor total tertinggi setelah melakukan beberapa kali percobaan. Apabila mendapati skor total imbang, maka atlet yang paling banyak mendapatkan 10 poin yang keluar sebagai pemenang.

Selain dari perhitungan skor tembakan, ada pula sejumlah peraturan dalam cabang olahraga panahan yang perlu Anda pahami seperti berikut ini.

  • Pemanah tidak boleh menggunakan peralatan atau aksesori tambahan yang memberikan keuntungan atas lawan.
  • Waktu maksimum bagi seorang pemanah untuk menembakkan tiga anak panah adalah 2 menit, sementara untuk enam anak panah adalah 4 menit.
  • Pemanah tidak boleh mengangkat lengan busur sampai wasit memberikan sinyal, akan terjadi hukuman dengan pengurangan poin apabila terjadi pelanggaran.
  • Pemanah tidak boleh melakukan tembakan ulang dalam keadaan apapun. Namun, wasit akan menentukan sebuah tembakan tidak terhitung jika anak panah jatuh, salah tembak, atau target tertiup angin.
  • Anak panah yang memantul dari target akan tetap mendapatkan skor melalui tanda yang tertinggal pada target. Anak panah yang mengenai anak panah lawan akan mendapatkan skor yang sama.
  • Jika peralatan memanah rusak, wasit bisa mengajukan kelonggaran waktu untuk mengganti atau memperbaiki alat tersebut.
  • Tergantung dari tingkat pelanggaran, atlet panahan bisa mengalami pengurangan poin, diskualifikasi, hingga pelarangan kompetisi.

Sebagai olahraga kompetitif dan rekreasi, ada beberapa manfaat kesehatan olahraga panahan yang bisa Anda rasakan. Beberapa manfaat tersebut di antaranya meningkatkan keseimbangan, koordinasi mata dan tangan, fokus, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh bagian atas.

Namun, memanah juga memiliki sejumlah risiko cedera yang perlu Anda waspadai, terutama berkaitan dengan tangan dan lengan. Sehingga Anda perlu perhatikan peralatan olahraga dan berlatihlah dengan instruktur berpengalaman untuk memahami teknik yang benar.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

A brief history of archery. World Archery. (2021). Retrieved 25 June 2021, from https://worldarchery.sport/news/93847/brief-history-archery-1

Archery for Beginners | Basic Guide to Equipment. Archery GB. Retrieved 25 June 2021, from https://www.archerygb.org/shoot-compete/shoot/start-to-shoot/basic-guide-equipment/

Archery: Skills, Rules & Techniques. Study. (2017). Retrieved 25 June 2021, from https://study.com/academy/lesson/archery-skills-rules-techniques.html

5 Common Archery Mistakes – and How to Correct Them. Archery 360. (2015). Retrieved 25 June 2021, from https://archery360.com/2015/02/13/5-common-archery-mistakes-and-how-to-correct-them/

Archery Rules. Rules of Sport. Retrieved 25 June 2021, from https://www.rulesofsport.com/sports/archery.html

What Are the Health Benefits of Archery?. Healthy Living – AZCentral. (2021). Retrieved 25 June 2021, from https://healthyliving.azcentral.com/health-benefits-archery-5454.html 

Top 5 Health Benefits of Archery. National Field Archery Association. (2015). Retrieved 25 June 2021, from https://www.nfaausa.com/2015/09/top-5-health-benefits-of-archery/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 2 minggu lalu
Fakta medis diperiksa oleh Abduraafi Andrian
x