Berkenalan dengan Cordyceps Millitaris, Jamur yang Baik untuk Kesehatan Paru

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Obat dan suplemen herbal masih menjadi alternatif favorit masyarakat Indonesia untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bila Anda juga mengandalkan cara alami untuk jaga kesehatan tubuh, ini saatnya berkenalan dengan jamur Cordyceps Militaris, salah satu suplemen alami yang membawa manfaat untuk kesehatan paru-paru dan tubuh secara keseluruhan. 

Yuk, cari tahu apa saja peran jamur Cordyceps yang membawa keuntungan bagi tubuh manusia.

Mengenal jamur Cordyceps

jamur cordyceps meningkatkan sistem imun

Pengobatan alami sering menjadi andalan masyarakat di benua Asia. Salah satunya, pengobatan tradisional asal China dengan memanfaatkan jamur Cordyceps Militaris dapat membantu masalah kesehatan tertentu. Misalnya, kelelahan, gangguan sistem pernapasan dan ginjal, masalah jantung, dan lainnya.

Tak hanya melalui makanan bernutrisi, suplemen alami jamur cordyceps juga baik untuk menjaga kesehatan paru-paru dan tubuh secara keseluruhan.

Jamur Cordyceps memiliki senyawa aktif, yakni cordycepin dan adenosine. Keduanya berperan sebagai immunomodulator di dalam tubuh dan membawa sifat antiperadangan, sehingga sering digunakan untuk mengatasi penyakit yang terkait peradangan. 

Efek immunomodulator dalam jamur Cordyceps dapat meningkatkan respons sistem imun dalam melawan infeksi penyakit. Hal ini dapat memberikan keuntungan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Dalam kegunaannya yang kontekstual, jamur Cordyceps dapat memberikan perlindungan bagi kesehatan paru-paru. Terutama di cuaca dan kondisi yang tidak menentu. 

Beberapa infeksi saluran pernapasan mudah menular, seperti influenza, batuk-pilek, termasuk virus Corona. Untuk mencegah penularan, tubuh membutuhkan proteksi ekstra terhadap sistem pernapasan. Untuk itu, ketahui khasiat Jamur Cordyceps memiliki fungsi spesifik dalam menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Manfaat jamur Cordyceps untuk kesehatan paru-paru

Sistem pernapasan berkontribusi besar sebagai pembentukan oksigen dalam paru-paru. Oksigen yang terbentuk akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah untuk mendukung fungsi kerja masing-masing organ tubuh.

Bila kesehatan paru-paru terganggu, tentunya berpengaruh pada fungsi organ lainnya. Betapa pentingnya menjaga daya tahan tubuh, termasuk melindungi paru-paru dari infeksi virus, bakteri, maupun jamur.

Jamur Cordyceps menawarkan manfaat tambahan untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan kerja memperkuat daya tahan tubuh. 

Jamur cordyceps bantu tingkatkan sistem imun

jamur cordyceps untuk kesehatan paru

Sebelumnya disebutkan bahwa jamur Cordyceps dapat meningkatkan aktivitas imunomodulasi di dalam tubuh. 

Ia bekerja dengan mengontrol sistem imun dalam menanggapi virus. Jamur Cordyceps mampu meningkatkan respons imun tubuh dengan menstimulasi kerja makrofag. Makrofag adalah bagian dari sel darah putih yang bertugas melawan infeksi penyakit dan reaksi alergi, sebagai mekanisme pertahanan tubuh. Makrofag bekerja dengan membunuh mikroba dan bakteri patogen, serta membantu pemulihan jika terjadi peradangan. 

Bantu merawat kesehatan paru-paru

paru-paru

Cordycepin dalam jamur Cordyceps dapat merawat kesehatan paru-paru. Dalam Journal of Ethnopharmacology, terdapat studi yang dilakukan pada hewan coba untuk meneliti manfaat cordycepin dalam jamur Cordyceps dalam mengatasi mengalami fibrosis paru-paru (gangguan pernapasan akibat jaringan parut). 

Peneliti melihat adanya penurunan sel-sel yang terdampak inflamasi. Peneliti juga menyebutkan, cordycepin dapat menstimulasi pertumbuhan epitel baru pada paru-paru. Temuan ini juga menyimpulkan bahwa cordycepin dalam jamur Cordyceps berpotensi preventif untuk menjaga kesehatan paru-paru dan bantu memulihkan gangguan pernapasan, seperti fibrosis paru-paru.

Hal ini juga didukung penelitian lainnya, yang menyatakan Cordyceps Militaris yang ditumbuhkan pada kecambah kedelai dapat mendukung efek imunoregulator, sebagai kontrol sistem imun tubuh.

Mekanisme imunoregulator ini juga meningkatkan pertumbuhan sel epitel pada paru-paru untuk menjaga fungsional organ pernapasan.

Menangkal virus yang menyerang

yaravirus

Sistem pernapasan bisa terganggu ketika ada virus yang masuk. Suplementasi jamur Cordyceps disinyalir bisa bantu meredam infeksi akibat virus dan merawat kesehatan paru-paru. 

Dalam penelitian The Journal of Biology disebutkan, Cordyceps memiliki efek antivirus. Penelitian yang melibatkan hewan coba tersebut menyimpulkan bahwa sifat antivirus pada jamur Cordyceps dapat menangani infeksi akibat virus influenza dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Efek antivirus, antiperadangan, serta sifat immunomodulator dalam jamur Cordyceps dapat berperan aktif merawat kesehatan paru-paru. Anda bisa mempertimbangkan manfaat suplemen herbal jamur Cordyceps untuk bantu daya tahan tubuh dan meningkatkan fungsi sistem pernapasan. Suplemen herbal bisa menjadi alternatif pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh dalam kondisi apa pun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Kandungan Jambu Biji yang Ampuh Menjaga Imun Tubuh

Entah itu dibuat jus atau dimakan secara langung, kandungan pada jambu biji ternyata memberi manfaat untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun Anda.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
manfaat jus jambu biji
Nutrisi, Hidup Sehat 7 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatur Gaya Hidup Sehat untuk Penderita Autoimun

Penyakit autoimun belum memiliki obat atau penawarnya. Untuk itu, bantu gejalanya dengan merubah gaya hidup Anda. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Tidak Ingin Sakit Saat Musim Pancaroba? Yuk, Coba 4 Tips Ini

Musim pancaroba mengundang berbagai penyakit. Supaya Anda tidak jatuh sakit di musim pancaroba, mari ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit

Curcuma Plus

Curcuma Plus adalah suplemen penambah nafsu makan dan peningkat daya tahan tubuh. Cari tahu dosis serta peringatan pemakaian Curcuma Plus di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 4 Maret 2019 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
ibu hamil memiliki risiko perburukan gejala saat terinfeksi covid-19

Kekebalan Tubuh Berubah saat Hamil? Ini Penanganannya

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
cara agar tidak gampang sakit

Ini Tips Tidak Gampang Sakit dan Berisiko Tertular COVID-19 saat New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
jamur cordyceps meningkatkan sistem imun

Jamur Cordyceps Militaris Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 29 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
antibodi sars untuk covid-19 herd immunity indonesia

Antibodi dari Pasien SARS Dikabarkan Dapat Melawan COVID-19

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 28 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit