3 Taktik Mengakali Sepatu Kebesaran Agar Nyaman Dipakai

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Takut kesempitan, menjadi alasan sebagian besar orang memilih sepatu yang lebih besar dari ukuran kakinya. Padahal, sepatu yang kebesaran bisa menimbulkan ketidaknyamanan saat dipakai. Bila terlanjur membeli sepatu yang kebesaran, bisakah sepatu digunakan? Bagaimana cara mengakali sepatu kebesaran supaya tetap nyaman dipakai?

Masalah yang timbul akibat pakai sepatu kebesaran?

Tidak hanya ketidaknyaman, memakai sepatu yang kebesaran juga bisa menimbulkan berbagai masalah. Sepatu kebesaran membuat cara berjalan Anda menjadi aneh. Ukuran sepatu yang tidak sesuai ini bisa membuat rentan tersandung, bahkan terjatuh.

Longgarnya sepatu juga bisa membuat kuku kaki terantuk ke depan setiap melangkah. Akibatnya, kuku Anda bisa lecet dan menghitam. Pada beberapa kasus, gesekan dan benturan pada kuku kaki ini bisa menyebabkan bunion, yaitu munculnya benjolan tulang di jempol kaki.

Anda tentu tidak hal tersebut terjadi, bukan? Nah, Anda perlu memutar otak mencari cara mengakali sepatu kebesaran supaya nyaman dipakai. Namun, jangan memaksakan kehendak jika memang selisih ukuran sepatu dan kaki Anda cukup besar.

Cara mengakali sepatu kebesaran supaya nyaman dipakai

Selama selisih ukuran sepatu dengan kaki tidak terlalu besar, Anda tetap bisa mengakalinya. Ikuti beberapa cara mengakalinya supaya sepatu yang longgar bisa Anda pakai, tidak hanya dipajang di rak sepatu.

1. Pakai kaus kaki tebal atau lipat kaus kaki

tidur pakai kaus kaki

Pakai kaus kaki tidak hanya mencegah bau kaki, tapi juga bisa mencegah kulit kaki melepuh karena gesekan. Tidak hanya itu saja, Anda bisa memilih kaus kaki yang lebih tebal agar sepatu tidak lagi kebesaran.

Selain memilih kaus kaki yang lebih tebal, Anda juga bisa melipat kaus kaki. Pilih kaus kaki yang ukurannya lebih panjang. Kemudian, masukkan kaki hingga setengahnya saja, jangan samapi ujung. Lalu lipat kaus kaki Anda kebawah untuk diinjak. Cara mengakali sepatu kebesaran ini bertujuan untuk menambah volume kaki.

Namun, Anda perlu berhati-hati menggunakan cara ini. Pasalnya, kaus kaki tebal rentan menyebabkan kaki berkeringat. Dalam jangka panjang, kondisi kaki dan sepatu jadi lembap. Jamur kaki dapat berkembang biak dengan pesat dan menyebabkan infeksi.

Jadi, jangan lupa membuka sepatu Anda sesekali agar kulit kaki bisa bernapas. Jaga kebersihan kaki, kaus kaki, dan sepatu yang Anda gunakan.

2. Tambahkan penyumpal kaki

kaus kaki dan sepatu khusus diabetes

Selain pakai kaus kaki, Anda juga bisa menyumpal bagian depan sepatu dengan tisu, koran, atau busa. Cara mengakali sepatu kebesaran ini bisa mencegah kuku kaki Anda tidak akan terantuk bagian depan sepatu.

Aturannya pun sama, Anda juga perlu membuka sepatu agar kulit sepatu dapat bernapas. Jangan lupa, mengganti tisu atau koran tersebut sesering mungkin dan pastikan kaki dan sepatu selalu bersih.

3. Pakai sol tambahan di dalam sepatu

Sumber: Foot Wind

Cara mengakali sepatu kebesaran selanjutnya adalah menggunakan sol tambahan. Namun, sol ini tidak ditambahkan pada bagian bawah sepatu, melainkan bagian dalam sepatu (insole). Dengan begitu, lapisan sol akan mengurangi ruang sepatu yang kebesaran.

Anda bisa mencari insole tambahan di toko sepatu atau perawatan sepatu. Bawa sepatu Anda saat membelinya, supaya Anda tidak salah memilih ukuran sol yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Foot Detox Dapat Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh?

Detoks kaki memang tengah mencuri perhatian. Pasalnya, diklaim dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Namun, benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 01/06/2019 . Waktu baca 4 menit

Kaki Tiba-tiba Melemah dan Mati Rasa? Waspada Kemungkinan Mengalami Kaki Charcot

Selain kaki diabetes, masalah lain yang juga sering dialami para diabetesi yakni kaki Charcot. Lantas, apa saja gejala dan bagaimana pengobatannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 30/01/2019 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Merendam Kaki Dengan Air Garam Baik Bagi Kesehatan?

Merendam kaki dengan air garam yang hangat memang kedengarannya nyaman sekali. Namun, sebetulnya apakah betul ada manfaatnya bagi kesehatan? Cari tahu, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Hidup Sehat, Fakta Unik 12/01/2019 . Waktu baca 3 menit

Tangan dan Kaki Dingin Terus? Ini 6 Tips Jitu Mengatasinya

Terjebak di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama memang bisa membuat tangan dan kaki dingin. Jangan khawatir. Berbagai cara ini mungkin bisa membantu.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/01/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bau kaki

Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap (dan Cara Mengusirnya)

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit
cara merawat kulit kaki

Kulit Kaki Sehat, Lembut, dan Cantik dengan 5 Tips Perawatan Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 18/08/2019 . Waktu baca 4 menit
cara mengatasi sepatu kekecilan

3 Kiat Mengakali Sepatu Kekecilan Agar Tetap Nyaman Dipakai

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2019 . Waktu baca 4 menit
memilih sepatu yang tepat

4 Kiat Jitu Memilih Sepatu Agar Terbebas dari Masalah Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2019 . Waktu baca 4 menit