5 Kiat Mencegah Kuku Cantengan Supaya Tidak Nyut-nyutan Terus

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Cantengan adalah kondisi saat kuku tumbuh ke dalam sehingga menusuk daging. Akibatnya, cantengan menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat. Tak hanya itu, cantengan yang paling sering menyerang jempol kaki ini juga membuat kuku terasa sakit, bengkak, dan kemerahan. Daripada merasakan sakit yang teramat sangat, akan lebih baik jika Anda mencari cara mencegah cantengan.

Cara mencegah cantengan dengan mudah dan tepat

obat cantengan alami cara mengobati cantengan

Cantengan sangat bisa untuk dicegah. Berikut ini berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah cantengan, seperti:

1. Merendam kaki sebelum memotong kuku

Merendam kaki sebelum memotong kuku bisa menjadi salah satu cara agar kuku menjadi lebih lunak. Dengan begitu, Anda bisa mengguntingnya dengan mudah tanpa perlu kesulitan hingga menyebabkan potongan kuku menjadi tidak rapih atau bahkan menusuk kulit di sekitar kuku.

2. Memotong kuku dengan benar

Usahakan untuk tidak asal saat memotong kuku kaki Anda. Hindari memotong kuku terlalu pendek dengan potongan yang tidak rata di sudut-sudutnya seperti membentuk lengkungan. Potong kuku dengan lurus menggunakan gunting kuku. Hindari memotong kuku dengan gunting karena rentan mengalami cedera. Memotong kuku dengan gunting akan lebih sulit terutama di bagian ujung-ujungnya.

3. Menghindari trauma di area jari kaki

Usahakan untuk tidak menekan area jari-jari kaki terlalu berlebihan dalam waktu yang lama. Misalnya, saat bermain sepakbola, berlari, atau melakukan olahraga lain yang banyak menekan jari kaki Anda. Jika hal itu terjadi, Anda perlu melepaskan alas kaki selama satu atau dua jam setelahnya agar kaki dapat bernapas dengan lega.

4. Mengenakan sepatu dan kaus kaki dengan benar

Sepatu yang terlalu kencang, kaus kaki atau stocking yang terlalu ketat, hingga sepatu hak tinggi memberikan tekanan berlebih pada jari-jari kaki. Akibatnya, karena terlalu sering ditekan kuku bisa tumbuh ke dalam dan menusuk kulit. Untuk itu, selalu gunakan sepatu dengan ukuran yang pas dan kaus kaki yang tidak terlalu ketat.

Jika jari-jari kaki Anda masih bisa digerakkan saat menggunakan kaos kaki, tandanya itu sudah cukup longgar sehingga tidak akan menyakiti kuku kaki Anda.

5. Menjaga kebersihan kuku

Jangan hanya membersihkan tubuh, kuku juga perlu dibersihkan. Apalagi bagian bawah kuku yang biasanya menjadi sarang kotoran. Bersihkan kuku dengan cara rutin memotongnya dan mengeluarkan kotoran-kotoran membandel yang menempel di bawah kuku. Cucilah kuku Anda dengan sabun di bawah air mengalir.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 4, 2018 | Terakhir Diedit: November 5, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca