Apakah Boleh Mandi Saat Sedang Demam?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Banyak orang yang ragu apakah boleh mandi saat sakit demam karena takut memperparah kondisinya. Jadi, apa boleh mandi saat sedang sakit? Cari tahu jawabannya lengkapnya dalam artikel ini.

Yang terjadi saat tubuh sedang demam

Demam sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala umum dari berbagai penyakit yang mendasarinya. Demam ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, badan menggigil, sakit kepala, lemas, serta nyeri otot ataupun sendi.

Demam adalah hasil dari proses peradangan dalam tubuh, saat sistem imun sedang melawan infeksi. Proses peradangan ini kemudian melepaskan senyawa kimia khusus untuk dibawa menuju hipotalamus lewat aliran darah. Hipotalamus adalah sebuah struktur di otak yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh.

Di hipotalamus, senyawa kimia tersebut akan membuat suhu tubuh menjadi lebih tinggi (panas). Karena adanya senyawa ini, tubuh pun keliru menganggap bahwa suhu tubuh yang normal justru yang panas. Nah, hal inilah yang menjadi penyebab Anda terserang demam.

Pada bayi dan anak-anak, demam biasanya muncul saat suhu tubuh lebih dari 37 derajat Celsius. Sementara pada orang dewasa demam biasanya muncul ketika suhu tubuh mencapai 38 sampai 39 derajat Celsius.

Aturan aman mandi saat sakit demam             

Orang yang sakit demam diperbolehkan mandi. Pasalnya, mandi tidak berkaitan dengan proses demam itu sendiri. Bahkan jika memungkinkan, Anda tetap disarankan mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan tubuh. Tidak hanya itu, pada dasarnya mandi saat sakit tetap dianjurkan karena bisa menghindari Anda terkena infeksi lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah suhu airnya. Mungkin Anda menganggap bahwa air dingin bisa memberikan rasa nyaman pada tubuh yang sedang “kepanasan”. Akan tetapi, dokter dan tenaga kesehatan di seluruh dunia tidak menyarankan Anda untuk mandi air dingin saat sedang sakit atau barang tidak fit. Ini justru bisa memperburuk kondisi Anda.

Tubuh yang panas karena demam adalah naluri alami yang diperlukan oleh tubuh dalam mempertahankan diri. Jika Anda mandi air dingin, tubuh justru akan menganggapnya sebagai ancaman terhadap proses melawan infeksi. Akibatnya, tubuh akan semakin meningkatkan suhunya dan demam pun jadi semakin parah. Pasalnya, air dingin bekerja menutup pori-pori sehingga menghambat berpindahnya suhu tubuh.

Selain itu, mandi air dingin juga berisiko menurunkan suhu tubuh secara tiba-tiba. Hal ini akan memicu badan jadi menggigil. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari mandi air dingin saat sedang sakit.

Oleh karena itu, dalam kondisi tubuh yang sedang panas Anda disarankan untuk memakai air hangat  (suam-suam kuku) untuk menyamakan dengan suhu tubuh.

Tips merawat diri selama sedang demam

Jika setelah mandi Anda masih merasa tidak nyaman atau merasa suhu tubuh semakin meningkat, Anda bisa minum obat pereda nyeri (acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin) untuk meredakan gejalanya. Ikuti petunjuk dokter atau baca label kemasan untuk tahu dosis yang tepat. Tidak hanya itu, Anda juga harus berhati-hati agar tidak menggunakan lebih dari satu obat yang mengandung acetaminophen, seperti obat batuk dan pilek.

Segera hubungi dokter jika kondisi Anda tidak kunjung membaik selama lebih dari 3 hari dan suhu tubuh Anda mencapai 39 derajat celsius atau lebih.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Daftar Tes Laboratorium yang Mesti Dilakukan Jika Demam Tak Kunjung Reda

Demam dapat menjadi gejala dari berbagai macam penyakit. Inilah sebabnya pemeriksaan laboratorium diperlukan. Apa saja komponen yang perlu diperiksa?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 4 April 2019 . Waktu baca 4 menit

Sistenol

Sistenol adalah obat batuk dan demam. Ketahui aturan pakai, efek samping, serta peringatan pemakaian obat Sistenol di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 4 Maret 2019 . Waktu baca 7 menit

Benarkah Keramas Saat Flu Malah Bikin Tubuh Tambah Sakit?

Banyak orang menghindari keramas saat flu karena dianggap akan memperparah kondisi. Benarkah demikian? Lalu kapan sebaiknya keramas jika sedang sakit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 15 Juni 2018 . Waktu baca 4 menit

Jangan Disepelekan, 3 Gejala Demam Ini Perlu Perawatan Serius

Bukan hanya flu, demam bis terjadi karena adanya penyakit kronis dan butuh perawatan dokter. Simak gejala demam yang harus diwaspadai oleh Anda berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 10 April 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
gejala dbd pada anak

Gejala Demam pada Anak yang Tidak Boleh Orang Tua Abaikan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
tubuh berkeringat saat demam

Kenapa Ketika Demam Kita Harus Lebih Banyak Berkeringat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 7 September 2019 . Waktu baca 4 menit
makanan saat demam

5 Makanan dan Minuman Terbaik Saat Demam Agar Cepat Pulih

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 23 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit
obat flu ibu hamil

6 Obat Flu yang Paling Aman Diminum Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 14 Juni 2019 . Waktu baca 8 menit