Waspada Tanda-Tanda Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh, karena vitamin B merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan sel dan membuat Anda tetap berenergi. Apa akibatnya jika tubuh kita kekurangan vitamin B, dan apa saja ciri-cirinya?

Vitamin B1

Vitamin B1 atau yang biasa disebut sebagai thiamin berfungsi menjaga sistem saraf agar tetap sehat dan mengubah makanan menjadi energi bagi tubuh. Kebanyakan orang mendapatkan vitamin ini dari sereal dan biji-bijian. Selain itu terdapat pula pada telur, susu, roti, daging sapi, buah-buahan segar dan kering, serta sayuran seperti kacang polong.

Gejala kekurangan vitamin B1

Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan penyakit beri-beri dan sindrom Wernicke-Korsakoff bagi Anda yang kecanduan narkoba. Gejala awal yang timbul jika kekurangan vitamin B1 berupa kelemahan, mudah tersinggung, gangguan daya ingat, kehilangan nafsu makan, gangguan tidur, rasa tidak enak perut, dan penurunan berat badan.

Vitamin B2

Vitamin B2 atau riboflavin memiliki manfaat dalam menjaga kulit dan sistem saraf mata agar tetap sehat serta membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan. Vitamin B2 dapat didapat dari ikan, telur, susu, sayur mayur ,atau nasi. Namun, jauhkan makanan tersebut dari paparan sinar matahari karena bisa merusak vitamin B2 yang terkandung di dalamnya.

Gejala kekurangan vitamin B2

Gejala kekurangan vitamin ini adalah mata merah, kulit bersisik, bibir pecah-pecah, infeksi mulut, hingga sensitif terhadap cahaya.

Vitamin B3

Vitamin B-3 atau niacin juga membantu mengubah makanan menjadi energi. Spesifiknya, vitamin ini membantu dalam pencernaan dan nafsu makan. Vitamin B3 bisa ditemukan pada ayam, ikan, hati, daging merah, biji-bijian seperti gandum dan barley dan kacang kacangan. Kurangnya vitamin B3 dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti mual dan kram perut, bahkan dalam kondisi yang parah menyebabkan kelinglungan.

Gejala kekurangan vitamin B3

Gejala yang ditimbulkan jika kekurangan vitamin B3 adalah mengalami gangguan pencernaan, sariawan, kelelahan, muntah, depresi, bahkan jika terlampau parah menyebabkan penyakit pellagra yaitu kondisi kulit retak-retak yang mirip seperti terbakar sinar matahari, berkerak, dan bersisik yang disertai lepuh-lepuh halus.

Vitamin B6

Vitamin B6 (pyridoxine) mengubah makanan dalam tubuh menjadi energi. Vitamin B6 juga membantu tubuh melawan infeksi. Wanita hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi vitamin B6 agar membantu otak bayi mereka berkembang secara normal. Anda bisa menemukan vitamin ini pada jenis sayuran seperti buncis, kentang, dan bayam. Selain itu ikan salmon, tuna, dada ayam, hati sapi, daging giling, dan semangka juga termasuk jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B6.

Gejala kekurangan vitamin B6

Gejala yang ditimbulkan ketika kekurangan vitamin B6 adalah anemia, gangguan kulit seperti ruam, atau bibir pecah-pecah. Selain itu kekurangan vitamin B-6 menyebabkan depresi, kebingungan, mual, rentan terkena infeksi, hingga meningkatkan risiko kanker usus besar dan jenis kanker lainnya.

Vitamin B9

Vitamin B9 lebih sering disebut sebagai asam folat. Seperti kebanyakan vitamin B, vitamin B9 mendorong pertumbuhan sel-sel darah merah dan mengurangi risiko cacat lahir. Vitamin B9 dapat ditemukan  pada daging, biji-bijian, buah bit, brokoli, kacang, kacang polong, bayam, dan buah-buahan sitrus (jeruk mandarin, lemon, dan jeruk nipis). Tanpa cukup B-9, seseorang dapat terkena diare atau anemia. Wanita hamil yang kekurangan B9 juga berisiko melahirkan bayi cacat.

Gejala kekurangan asam folat

Gejala kekurangan vitamin B ini adalah merasa kelelahan, sariawan, pertumbuhan tubuh yang buruk, dan lidah membengkak.

Vitamin B12

Vitamin B-12 (cobalamin) berfungsi mengatur sistem saraf. Ini juga memainkan peran dalam pertumbuhan dan pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 dapat ditemukan pada daging dan produk susu, sehingga siapapun yang sedang melakukan diet vegan ketat berisiko kekurangan asupan vitamin ini.

Gejala kekurangan vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan kepikunan pada orang tua. Selain itu masalah psikologis seperti demensia, paranoia, depresi, dan masalah perilaku lainnya juga bahkan kerusakan saraf kadang-kadang tidak dapat dikembalikan. Gejala yang ditimbulkan apabila Anda kekurangan vitamin B12 adalah kesemutan di kaki dan tangan, kelelahan ekstrim, lesu, mudah marah, atau depresi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Multivitamin anak biasanya dikemas menarik dan rasanya enak seperti permen. Nah, ada juga multivitamin gummy khusus orang dewasa. Tapi benarkah lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Selain mengatur porsi makanan, ternyata ada beberapa suplemen yang bisa digunakan sebagai penambah berat badan. Ini dia daftarnya!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 9 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit

5 Gejala Neuropati yang Sering Diabaikan

Ada beberapa gejala neuropati yang sering diabaikan, padahal menjadi tanda yang patut diwaspadai. Apakah pernah mengalami deretan gejala ini?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
Gangguan Saraf, Health Centers 17 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Memilih vitamin untuk balita memang harus hati-hati. Kalau salah, bisa sebabkan alergi dan masalah lain. Berikut penjelasan seputar vitamin untuk balita.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Nutrisi Anak 13 April 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vitamin untuk anak

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit
obat herbal dan alami untuk kanker prostat

Pedoman Memilih Suplemen dan Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
buah untuk penambah darah

12 Buah-buahan Penambah Darah untuk Bantu Atasi Anemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
obat penambah darah

Berbagai Jenis Obat Penambah Darah yang Umum Diresepkan Dokter

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit