Benarkah Masturbasi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Masturbasi memang memiliki banyak manfaat. Mulai dari melepas stres hingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Di luar itu, ada juga kabar yang menyebutkan bahwa masturbasi bisa turunkan berat badan. Benarkah kita bisa menurunkan berat badan lewat masturbasi?

Masturbasi bisa turunkan berat badan, benarkah?

Jangan asal percaya berita di luaran tanpa mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu. Apalagi yang mengaitkan soal manfaat masturbasi. Perlu dicatat, masturbasi tidak bisa menurunkan berat badan. Memang benar bahwa masturbasi bisa membakar sejumlah kalori. Akan tetapi, kalori yang terbakar tidaklah seberapa sehingga tak cukup banyak untuk bisa sampai turunkan berat badan.

Meski dilakukan dengan sering dan rutin, masturbasi tetap tidak bisa menurunkan berat badan. Jadi, jangan sekali-kali Anda memercayainya, apalagi sampai berencana turun berat badan dengan cara sering-sering masturbasi.

Jika Anda merasa karena sering masturbasi berat badan menjadi berkurang, sebenarnya bukan masturbasi penyebabnya. Bisa jadi, ada masalah kesehatan lain yang membuat Anda mengalami penurunan berat badan. Hati-hati, terlalu sering masturbasi justru bisa memberikan efek samping seperti cedera, lho.

Apa saja cara efektif menurunkan berat badan?

Cara terbaik dan tercepat untuk menurunkan berat badan tentu saja bukan dengan masturbasi. Akan tetapi, dengan mengatur pola makan serta berolahraga secara rutin. Dikutip dari Healthline, ada 3 cara cepat untuk menurunkan berat badan, yaitu:

1. Mengurangi asupan gula dan karbohidrat

Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara efektif, mulai sekarang kurangi asupan gula dan karbohidrat. Dengan mengurangi kedua asupan nutrisi ini, kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih sedikit. Dengan begitu, tubuh akan mencari cadangan lemak yang tersimpan untuk dibakar dan dijadikan energi.

Selain itu, mengurangi karbohidrat dan gula sama dengan menurunkan kadar insulin. Hal ini membuat ginjal akan melepaskan kelebihan natrium dan air dari dalam tubuh. Pada akhirnya, semua kelebihan air yang tidak diperlukan akan dikeluarkan.

Maka, dapat disimpulkan bahwa membatasi gula dan karbohidrat membantu mengurangi nafsu makan, menurunkan kadar insulin, hingga membuat berat badan berkurang tanpa rasa lapar.

2. Banyak makan protein, lemak sehat, dan sayur

makanan rendah kalori

Di poin pertama, Anda disarankan untuk mengurangi atau membatasi asupan gula dan karbohidrat. Namun, tak cukup sampai situ, Anda juga dianjurkan untuk makan banyak protein, lemak sehat, dan sayur.

Makanan tinggi protein ternyata mampu mengurangi keinginan untuk makan hingga 60 persen. Bahkan, makanan tinggi protein juga membantu  membuat Anda kenyang lebih lama. Protein juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 100 kalori per hari.

Makanan lainnya yang perlu Anda konsumsi yaitu lemak. Namun, bukan sembarang lemak yang sebaiknya dimakan. Berbagai lemak sehat seperti minyak zaitun, ikan, alpukat, kacang-kacanganlah yang patut dijadikan pilihan.

Selain protein dan lemak, Anda juga disarankan untuk makan sayuran rendah karbohidrat seperti brokoli, bayam, tomat, dan selada. Ini karena sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan bugar.

3. Latihan beban tiga kali seminggu

Untuk menurunkan berat badan, tak hanya pola makan saja yang perlu diatur. Anda perlu berolahraga agar proses menurunkan berat badan lebih cepat dan efektif. Sebaiknya, lakukan olahraga angkat beban 3-4 kali dalam seminggu.

Olahraga angkat beban mampu membakar banyak kalori dan mencegah melambatnya metabolisme. Dengan latihan beban, berat badan tak hanya berkurang tetapi massa otot pun mulai terbentuk.

Akan tetapi, jika olahraga angkat beban terlalu berat, Anda juga bisa melakukan berbagai olahraga kardio seperti berjalan, jogging, bersepeda, dan berenang.

Intinya, menurunkan berat badan perlu usaha nyata yang konsisten, bukan sekadar melakukan masturbasi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca