4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Buat para pria, pastinya pernah (atau mungkin malah sering) merasakan buah zakar gatal. Hal itu menandakan ada sesuatu yang salah di kulit kelamin Anda. Bisa jadi bakteri, jamur atau bahkan penyakit menular seksual. Penasaran kenapa buah zakar gatal? Simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

Penyebab mengapa buah zakar gatal

1. Infeksi jamur

Jamur akan tumbuh berkembang dengan baik di suhu yang lembab dan hangat. Di mana lagi kalau bukan di lipatan-lipatan kulit, di balik celana dalam, dan di kulit yang kotor? Ketika buah zakar gatal, hal itu bisa menjadi salah satu penyebab bahwa testis Anda terserang jamur. Jamur yang biasa hinggap di testis berjenis Trichophyton rubrum, biasanya menyerang selangkangan, testis, paha bagian dalam, dan anus.

Ciri-ciri anggota tubuh yang terkena jamur adalah timbulnya iritasi, ruam kemerahan, luka lecet (akibat digaruk berlebihan), dan gatal-gatal. Inilah sebabnya mengapa kulit lipatan belakang skrotum menjadi habitat yang ideal bagi jamur untuk tumbuh. Infeksi jamur yang tumbuh akan menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

2. Infeksi ragi

Jika buah zakar gatal, kadang juga disebabkan oleh infeksi ragi candida albicans. Biasanya jamur ini bermukim di vagina wanita. Tapi, tidak jarang juga testis pria bisa terserang. Kenapa pria bisa terserang? Nah, hal ini disebabkan oleh kontak seksual yang memindahkan jamur dari vagina ke alat kelamin pria.

3. Peradangan pada kulit kelamin

Buah zakar gatal, daerah selangkangan gatal, ada ruam-ruam merah di sekitar, disertai gatal yang sangat hebat, bisa jadi Anda terkena peradangan kulit pada bagian testis kelamin. Peradangan pada kulit ini juga bisa disebabkan oleh alergi. Alergi yang mungkin terjadi antara lain, alergi dari bahan kimia yang menempel ke kulit dan disebabkan oleh bahan kimia, wewangian, perwarna pakaian, tanaman, bahkan barang-barang lainnya yang bisa memicu timbulnya peradangan pada kulit.

4. Kena kutu rambut kemaluan

Kutu nyatanya tidak hanya tumbuh di rambut kepala, di rambut kemaluan juga bisa hinggap. Si kutu ini hingga di rambut kemaluan dan makan dengan mengisap darah di sekitarnya.

Bila buah zakar gatal, bisa saja Anda memiliki kutu pada rambut kemaluan. Biasanya, kutu rambut kemaluan ini akan menular melalui selimut, handuk, dan pakaian.

Jangan digaruk! Ini cara mengatasi buah zakar gatal

Menggaruk buah zakar yang gatal hanya akan menyebabkan infeksi menyebar dan bahkan akan menimbulkan infeksi baru lainnya. Lebih baik, Anda berkonsultasi ke dokter kulit terpercaya, sehingga Anda akan mendapatkan. Beberapa hal di bawah ini  bisa Anda lakukan demi mencegah gatal pada buah zakar:

  • Bersihkan area kelamin dan selangkangan, sehari-hari. Gunakan sabun berbahan antiseptik guna mencegah timbulnya kutu dan jamur.
  • Jangan biarkan area kelamin Anda menjadi lembab, selalu keringkan sesudah melakukan kontak dengan alat kelamin dengan kain atau tisue bersih.
  • Gunakan pakaian dalam yang bersih, ganti setidaknya 2 sampai 3 kali sehari.
  • Gunakan pakaian berbahan katun agar menyerap keringat dan menghindari iritasi di sekitar.
  • Hindari kontak seksual dengan lawan jenis jika masih terserang gatal-gatal (mencegah tambah gatal akibat bakteri baru yang hinggap).
  • Gunakan produk pembersih pakaian dengan bahan kimia yang aman, agar iritasi tidak makin menjadi.
  • Jika masih gatal, lebih baik berobat ke dokter atau membeli obat khusus gatal kelamin di apotek terdekat.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca