3 Kesalahan yang Tanpa Disadari Dilakukan saat Kencan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 4 April 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Berkencan adalah salah satu proses untuk mengenal calon pasangan. Cara dia menanggapi obrolan, kebiasaan makan, dan topik yang diangkat selama kencan ternyata berpengaruh terhadap cara pandang Anda. Namun, tahukah Anda ada kesalahan yang mungkin tidak disadari dan merusak suasana pada saat kencan berlangsung?

Yuk, kenali apa saja perilaku yang mungkin tanpa disadari dapat mengacaukan kencan Anda berikut.

Kesalahan saat kencan yang jarang disadari

Kencan merupakan ajang menampilkan yang terbaik di depan calon pasangan. Mulai dari pakaian, rambut, perilaku, hingga pemilihan tempat kencan pun diperlihatkan yang bagus-bagus saja. 

Hal ini bertujuan agar kesan yang dimiliki oleh keduanya terlihat baik. Walaupun mungkin tidak berakhir sebagai sepasang kekasih, setidaknya Anda dan teman kencan menikmati waktu yang menyenangkan. 

Walaupun demikian, tidak sedikit kencan gagal karena kesalahan yang mungkin tidak disadari oleh Anda atau teman kencan saat pergi berdua. 

Awalnya mungkin menyenangkan, tetapi lama-kelamaan suasananya menjadi kaku dan tidak enak tanpa Anda berdua sadari karena kesalahan tertentu. Apa saja?

1. Tidak menjadi diri sendiri

beda prinsip

Salah satu kesalahan yang mungkin tidak Anda sadari karena berusaha membuat teman kencan terpesona adalah tidak menjadi diri sendiri. 

Dilansir dari Psychology Today, pada saat kencan berlangsung, tentunya Anda ingin menampilkan yang terbaik agar calon pasangan terkesan. 

Sebagai contoh, teman kencan mengajak menonton film horror yang mungkin tidak Anda sukai, tetapi tidak sanggup untuk menolaknya. Akibatnya, selama tayangan berlangsung mungkin saja Anda tidak menjadi diri sendiri yang pura-pura berani terhadap film tersebut, sehingga mereka menganggapnya tidak apa-apa. 

Berusaha agar orang lain menyukai Anda tidak apa-apa, tetapi sebenarnya yang teman kencan sukai bukanlah diri Anda sebenarnya. Ia justru menyukai versi Anda yang lain untuk membuatnya terkesan. 

Sebuah hubungan akan secara alami bergantung pada harapan yang Anda perlihatkan saat kencan berlangsung. Misalnya, teman kencan Anda sering terlambat 20-30 menit dan Anda mencoba memakluminya agar terlihat pengertian. 

Padahal, ketika hubungan sudah memasuki ranah yang cukup serius, tidak ada yang tahu durasi keterlambatan tersebut dapat bertambah karena pasangan merasa Anda sudah menerimanya. 

Maka itu, tidak menjadi diri sendiri karena ingin membuat teman kencan terkesan merupakan kesalahan yang sering diperbuat oleh orang-orang agar kencan berhasil. 

2. Terlalu banyak berlagak

saat kencan, memecah keheningan

Tidak menjadi diri sendiri ternyata tidak menjadi satu-satunya kesalahan yang tanpa disadari dilakukan saat kencan. Terlalu banyak berlagak ternyata juga dapat merusak suasana. 

Maksudnya, Anda terlalu melebih-lebihkan diri sendiri, baik tentang pekerjaan, keluarga, gaji, hingga mungkin hubungan di masa lalu termasuk terlalu banyak berlagak. 

Bukannya memenangkan hati teman kencan justru perilaku seperti ini mungkin membuat mereka menganggap Anda sombong. 

Membuat orang lain menyukai Anda apa adanya pada saat kencan mungkin terdengar sulit. Anda boleh berlagak, tetapi tidak berlebihan dengan menunggu teman kencan menanyakan topik-topik yang bisa dikuasai, seperti kuliah di universitas mana atau hobi. 

3. Jarang atau terlalu sering menggoda

tips kencan untuk pria pemalu

Menggoda atau menggombal merupakan salah satu elemen penting agar kencan Anda tidak membosankan. Akan tetapi, menggoda ternyata juga ada batasnya karena jika terlalu sering dilakukan justru menjadi kesalahan yang tidak Anda sadari saat kencan berlangsung. 

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah kencan tidak seperti wawancara kerja. Tidak perlu menampilkan ketertarikan secara seksual pada orang yang mewawancarai, tetapi ternyata hal tersebut diperlukan ketika kencan. 

Anda mungkin bisa memulai dengan menggodanya sedikit halus, seperti berkontak mata, tersenyum, bersandar sedikit, atau berbicara dengan lembut. Hal-hal seperti itu tentu tidak Anda lakukan ketika berada di wawancara kerja, bukan?

Akan tetapi, terlalu sering menggoda pun sebaiknya tidak dilakukan karena mungkin mereka akan menganggap Anda mudah dirayu. Setidaknya, Anda masih perlu ‘jual mahal’ di depan teman kencan. 

Bagaimana menghindari kesalahan saat kencan?

kencan valentine

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kencan adalah proses pengenalan dan membiarkan mereka mengenal Anda. Tiga kesalahan di atas mungkin sering terjadi tanpa disadari saat kencan karena sibuk ingin membuat teman kencannya terkesan. 

Padahal, percaya diri pada apa yang Anda miliki adalah salah satu sifat yang menarik menurut kebanyakan orang. Selain itu, sebagian besar diantara mereka juga berharap teman kencan mereka menjadi diri sendiri dan santai agar suasananya lebih nyaman. 

Apabila Anda mencari orang untuk hubungan yang lebih serius, mulailah untuk lebih realistis dan apa adanya agar mengarah pada sesuatu yang lebih bermakna. 

Beberapa kesalahan saat kencan mungkin ada yang Anda sadari dan ada pula yang tidak. Maka itu, belajar dari pengalaman dan menjadi diri sendiri adalah kunci utama dari kencan yang sukses.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Penyebab Kencan Online Selama Pandemi Begitu Diminati

    Siapa sangka kini pertemuan tatap muka dikalahkan oleh fenomena kencan online selama pandemi COVID-19 berlangsung? Apa yang membuat hal ini terjadi?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Coronavirus, COVID-19 6 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

    7 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Terlalu Cepat

    Hubungan asmara yang berjalan terlalu cepat malah bisa berubah menjadi tidak sehat. Ini tanda-tandanya yang perlu Anda kenali.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Hidup Sehat, Seks & Asmara 27 April 2020 . Waktu baca 5 menit

    Inilah Siasat Jitu Menolak Cinta Gebetan agar Tidak Bikin Sakit Hati

    Kunci dari menolak cinta gebetan adalah jujur dan tetap tegas. Lantas, bagaimana tidak menerimanya secara halus dan baik-baik?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Hidup Sehat, Seks & Asmara 19 April 2020 . Waktu baca 5 menit

    4 Tips Membangun Hubungan dengan Si Ambivert Agar Tetap Langgeng

    Bagi sebagian orang, menghadapi pasangan yang ambivert ternyata cukup sulit dan membutuhkan strategi tertentu agar hubungannya langgeng. Apa saja tipsnya?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Hidup Sehat, Seks & Asmara 18 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    cepat jatuh cinta

    Psst, Jangan Buru-Buru Jatuh Cinta Nanti Jadi Cepat Benci!

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 16 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
    pasangan borderline personality disorder

    Tips Awet Bersama Pasangan dengan Borderline Personality Disorder

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 5 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit
    jual mahal berhasil

    Tidak Selamanya Gagal, Ini Alasan Mengapa Jual Mahal Kadang Berhasil

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 21 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
    hubungan asmara penderita adhd

    Selain Hubungan Seks, Ada Masalah Hubungan Asmara pada Penderita ADHD

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit