Pentingnya Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Bercinta

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin akan tertawa jika mendengar nasehat, “Cuci tangan dulu sebelum seks”. Bercinta memang tidak sama dengan makan. Namun, bukankah Anda juga melibatkan tangan untuk merangsang pasangan atau membuat Anda sendiri terangsang? Bayangkan jika tangan Anda yang kotor itu menyentuh organ intim yang memang dasarnya sensitif terhadap infeksi. Tidak hanya kesehatan pasangan yang dirugikan, kesehatan Anda pun juga terancam bahaya. Berikut alasan kenapa cuci tangan sebelum seks itu penting.

Cuci tangan sebelum seks mencegah infeksi bakteri

Salah satu cara penularan penyakit yang paling mudah adalah lewat sentuhan. Pasalnya, tangan merupakan salah satu rumah ternyaman bakteri, kuman, dan tak menutup kemungkinan juga virus yang menyebabkan penyakit menular. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado ada kurang lebih 5 ribu bakteri di tangan Anda setiap waktu. Oleh karena itu, sentuhan tangan, baik secara langsung dengan kulit orang lain maupun memegang benda, dapat menjadi sarana penyebaran bakteri.

Tidak cuci tangan sebelum berhubungan seks adalah salah satu cara penyebaran penyakit menular yang seringnya tidak disadari. Contohnya begini: Anda merangsang klitoris pasangan wanita Anda atau merangsang penis dengan tangan tanpa cuci tangan dulu. Bakteri yang ada di tangan Anda bisa loncat berpindah ke organ intim mereka sehingga mereka jadi terinfeksi.

Dilansir dari Women’s Health, Vanessa Cullins, seorang spesialis Kebidanan dan Kandungan, menyatakan bahwa menyentuh bagian intim pasangan atau bagian intim Anda sendiri dengan tangan yang tidak bersih bisa meningkatkan risiko infeksi di area genital.

Mungkin Anda berpikir bahwa sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan infeksi penyakit kelamin hanya karena tidak cuci tangan sebelum seks. Memang belum ada penelitian yang mampu membuktikan bahwa kebiasaan jorok sebelum bercinta ini benar-benar bisa menyebabkan infeksi. Akan tetapi, Anda tidak pernah ingat benda apa saja yang sudah Anda sentuh seharian tadi sebelum Anda naik ke atas tempat tidur. Itu sebabnya risiko infeksi bakteri akan tetap ada dan mungkin saja terjadi.

Menurut Ronald D. Blatt seorang ginekolog di Manhattan Center for Gynecology dan Manhattan Center for Vaginal Surgery mengatakan bahwa kuku yang tidak bersih bisa menyebabkan terjadinya infeksi vagina yang disebabkan bakteri Staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus adalah jenis bakteri yang paling umum ditemukan pada kulit, rambut, serta di dalam hidung dan tenggorokan manusia. Bahkan, 25% area tubuh orang yang sehat dan bugar sekalipun dipenuhi oleh bakteri ini. Infeksi bakteri lainnya yang mungkin menyerang area genital termasuk trikomoniasis, klamidia, gonore, sipilis, hingga mononeukleosis.

Jadi, masih malas untuk cuci tangan sebelum seks? Eits, tapi ingat juga untuk cuci tangan sesudah berhubungan seks ya!

Lantas, bagaimana cara mencuci tangan yang benar?

Lantas, bagaimana cara mencuci tangan yang benar untuk meminimalisir kuman dan atau kotoran yang dapat menyebabkan penyakit :

  • Basuh tangan dengan air, boleh memakai air hangat atau dingin.
  • Tuang sabun ke telapak tangan. Tidak perlu menggunakan sabun khusus. Sabun biasa dan sabun antibakteri sama saja manfaatnya.
  • Gosok kedua telapak tangan hingga berbusa. Pastikan seluruh bagian tangan terkena sabun, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Lakukan setidaknya selama 20 detik.
  • Bilas tangan hingga bersih, kemudian keringkan dengan tisu atau handuk bersih.
  • Tutup keran menggunakan tisu toilet atau handuk agar kuman tidak menempel pada tangan Anda yang sudah bersih.

Jika sulit menemukan air dan sabun atau Anda dan pasangan terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur, Anda berdua bisa membersihkan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer yang mengandung kadar alkohol setidaknya 60 persen.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Buat Para Suami, Ini 7 Tips Pijat Payudara untuk Seks yang Lebih Panas

Bosan dengan ritual seks yang itu-itu saja? Coba dulu trik pijat payudara yang bisa membuat Anda dan pasangan tambah panas berikut ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 10 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Daftar Obat Kusta yang Kerap Diresepkan Dokter

Obat kusta diminum untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi dan risiko komplikasi. Apa saja obat yang biasa diresepkan dokter untuk mengobati kusta?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 10 November 2020 . Waktu baca 6 menit

3 Posisi Seks yang Meningkatkan Peluang agar Cepat Hamil

Katanya, posisi seks tertentu bisa memudahkan jalan sperma untuk membuahi sel telur. Lantas, apa saja posisi seks yang dianjurkan agar cepat hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 10 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Apa Penyebab Bisul dan Kapan Perlu Diperiksa Dokter?

Meski kecil, bisul bisa jadi mengganggu, bahkan menyakitkan, terutama jika letaknya di pantat. Tapi, apa penyebab bisul sebenarnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 9 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit
sumber kepuasan seksual

4 Hal Mengejutkan yang Bisa Jadi Sumber Kepuasan Seksual Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagaimana Mengatasi Bau Badan Yang Muncul Tiba-Tiba?

Mengatasi Bau Badan yang Muncul Tiba-Tiba

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit
sebelum berhubungan intim

9 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 18 November 2020 . Waktu baca 4 menit