Antara Orang Pemalu dan yang Punya Fobia Sosial, Apa Perbedaannya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sifat pemalu dan fobia sosial sering dikira sama karena ditandai dengan kecenderungan menghindari setiap situasi yang bikin canggung atau gugup. Namun, kedua hal ini nyatanya sangat berbeda dan bertolak belakang. Apa bedanya? Supaya tidak lagi keliru, simak penjelasannya berikut ini.

Apa bedanya pemalu dan fobia sosial?

Satu hal yang paling membedakan antara pemalu dan fobia sosial adalah pengertiannya. Pemalu adalah sebuah sifat atau karakteristik yang ditandai kecenderungan merasa canggung, khawatir, cemas, atau gugup selama interaksi sosial terutama dengan orang asing atau yang baru dikenal. Pemalu juga bisa dikatakan sebagai orang yang cenderung merasa khawatir tentang pandangan orang lain terhadapnya, dan cenderung menarik diri dari interaksi sosial.

Sementara itu, fobia sosial alias social anxiety disorder adalah masalah kejiwaan kronis. Fobia sosial ditandai dengan ketakutan ekstrem dan kecemasan di luar batas wajar yang muncul disebabkan oleh interaksi sosial sehari-hari.

Malu adalah perasaan atau emosi manusia yang wajar dan dapat datang silih berganti. Contoh sederhana dari sifat pemalu adalah rasa canggung atau sungkan yang ditunjukkan oleh anak kecil saat bertemu dengan orang dewasa yang belum pernah ia temui. Anak kecil cenderung akan lebih banyak diam dan menempel terus pada orangtuanya. Namun setelah bermain dan mengenal orang tersebut lebih dalam, anak kecil akan mulai mengakrabkan diri.

Berbanding terbalik dengan fobia sosial. Fobia adalah penyakit atau gangguan kejiwaan, yang diakui resmi oleh dunia kedokteran dan psikiatri. Gejala fobia sosial cenderung menetap dan dapat berlangsung terus-menerus dalam waktu lama.

Hampir setiap orang di dunia pasti hampir pernah merasa malu setidaknya sekali dalam seumur hidup. Namun, tidak semua orang mengidap fobia sosial. Tidak semua orang yang pemalu mengidap fobia sosial. Seseorang yang punya fobia sosial juga belum tentu aslinya bersifat pemalu.

Bedanya orang pemalu dan yang punya fobia sosial

Selain dari definisi dan pengertiannya, berikut beberapa perbedaan lebih lanjut antara sifat pemalu dan fobia sosial:

  • Rasa malu adalah emosi, sifat, atau insting alami manusia. Gangguan kecemasan sosial adalah kondisi kejiwaan seseorang yang terganggu. Artinya, fobia sosial tidak wajar.
  • Orang pemalu biasanya lebih pemilih, namun tetap mau ikut serta dalam kegiatan sosial. Sementara orang dengan fobia akan berusaha keras untuk menghindari segala macam kegiatan yang melibatkan banyak orang.
  • Gangguan kecemasan sosial dapat menimbulkan berbagai emosi negatif, seperti rasa takut dan cemas berlebihan. Pikiran negatif ini akan terus membayangi mereka lebih lama, bahkan sampai berminggu-minggu. Sementara, orang yang pemalu tidak selalu berpikiran negatif.
  • Gejala gangguan kecemasan sosial sangat menganggu kehidupan sehari-hari. Bahkan untuk sekadar berbicara pada kasir di toko swalayan saja sangat sulit sehingga butuh perawatan medis dari dokter. Sementara orang yang pemalu hanya menunjukkan sifatnya pada situasi tertentu, dapat mereda sendiri dan dikendalikan, juga dapat dihilangkan dengan membangun kepercayaan diri.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca