5 Langkah Mengatasi Depresi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Depresi adalah kelainan mental yang paling umum terjadi. The World Health Organization (WHO) memperkirakan sekitar 350 juta orang menderita depresi di seluruh dunia. Depresi ditandai dengan perasaan harga diri yang rendah, kesedihan ekstrim yang dapat menyebabkan kehilangan napsu makan dan semangat dalam aktivitas sehari-hari. Penting untuk menemui dokter untuk membantu Anda mengenal masalah dan mencari pilihan penanganan yang terbaik untuk Anda. Biasanya, dikombinasikan dengan terapi obat, dokter akan merekomendasi perubahan gaya hidup dan perilaku. Berikut beberapa tips untuk mengatasi depresi:

1. Jadilah lebih aktif

Beberapa bentuk olahraga dapat membantu meningkatkan mood Anda. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membuat mood Anda lebih baik. Terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa endorfin, zat kimia alami yang membuat Anda merasa baik, dapat ditingkatkan dengan melakukan olahraga yang rutin. Hal ini memberikan keuntungan jangka panjang untuk mereka yang sering mengalami depresi dan mendorong otak untuk berpikir secara positif.

2. Makan yang sehat

Penting untuk selalu makan dengan sehat. Saat Anda depresi, Anda cenderung untuk makan secara berlebih untuk mengatasi emosi Anda, hal ini sering disebut sebagai makan secara emosional. Hal ini dapat berbahaya apabila Anda tidak memperhatikan apa yang Anda makan. Binge eating, atau makan secara tidak terkendali saat Anda depresi dapat menyebabkan penyakit kesehatan lainnya. Penting untuk memilih buah-buahan dan sayuran daripada makanan yang tinggi lemak dan gula. Beberapa makanan dapat meningkatkan mood Anda, seperti ikan berlemak yang mengandung banyak omega-3. Omega-3 terbukti dapat mengubah zat kimia pada otak yang bertugas mengatur mood.

3. Tidur yang cukup

Anda mungkin merasa kesulitan untuk tidur saat depresi; namun, tidur yang terlalu sedikit dapat memperburuk kondisi depresi. Anda dapat memulai tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, pada waktu yang lama. Jangan tidur siang terlalu lama, karena Anda akan kesulitan untuk tidur kembali pada malam hari. Menjauhi segala distraksi, seperti komputer, TV, handphone sebelum tidur, dapat memperbaiki tidur Anda. Minum secangkir susu hangat atau mandi sebelum tidur adalah ide yang baik untuk mengurangi depresi.

4. Hadapi masalah Anda

Siapapun pernah mengalami depresi dengan masalah masing-masing pada hidup, seperti kehilangan pekerjaan, stress pada pekerjaan, segera menikah atau kejadian yang menyebabkan pikiran negatif pada jangka panjang. Saran terbaik adalah menantang mood buruk Anda, lawan depresi dan ubah cara Anda berpikir. Apabila Anda merasa buruk pada diri Anda sendiri, cobalah untuk mengendalikan pikiran Anda dan mulai memikirkan hal-hal positif dari diri Anda dan masalah yang Anda hadapi. Walau teknik ini memerlukan waktu untuk berlatih, teknik ini merupakan penanganan terbaik untuk mengatasi depresi Anda.

5. Lakukan hal-hal yang baru dan menyenangkan dengan orang-orang terdekat

Apabila Anda menderita depresi, walaupun terasa sulit, namun cobalah untuk mendorong diri Anda untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan dan berbeda, seperti pergi ke kebun binatang, membaca buku baru, mempelajari bahasa baru, berlibur ke tempat baru, dan lain lain. Saat Anda melakukan hal-hal baru, otak Anda juga akan mulai membuat perubahan yang terkait dengan rasa senang.

Menikmati waktu bersama dengan keluarga dan teman-teman dapat membantu Anda melupakan depresi dan meningkatkan mood Anda secara efektif.

Bicarakan dengan dokter atau psikiater tentang bagaimana melawan depresi Anda. Anda mungkin akan memerlukan kombinasi obat dan terapi bicara dengan gaya hidup yang sehat untuk mengendalikan depresi Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Kenapa Berat Badan Turun Drastis Saat Sedang Depresi?

    Salah satu tanda seseorang sedang depresi biasanya adalah berat turun drastis. Tapi berat badan turun saat depresi ini bukan hanya karena tak nafsu makan.

    Ditulis oleh: Theresia Evelyn
    Hidup Sehat, Psikologi 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit

    Mengenali Ciri-Ciri Psikopat di Sekitar Anda

    Pada kesan pertama, psikopat umumnya terlihat menawan, senang bersosialisasi, peduli, dan ramah pada orang lain. Apa lagi ciri-ciri psikopat pada umumnya?

    Ditulis oleh: Adinda Rudystina
    Hidup Sehat, Psikologi, Fakta Unik 10 November 2020 . Waktu baca 7 menit

    4 Tips Menahan Diri untuk Tidak Berlebihan Memikirkan Sesuatu

    Apakah Anda salah satu orang yang sering berlebihan memikirkan sesuatu? Hal ini dapat menghambat aktivitas. Lalu, bagaimana cara mengatasi overthinking?

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Hidup Sehat, Psikologi, Tips Sehat 10 November 2020 . Waktu baca 4 menit

    Alasan Psikologis Mengapa Pria Lebih Sulit Menangis Dibanding Wanita

    Perempuan identik lebih mudah untuk menangis dan mengeluarkan air mata dibanding laki-laki. Apa yang membuat seorang pria sulit menangis? Baca di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Hidup Sehat, Fakta Unik 29 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    memiliki alter ego

    Apa Itu Alter Ego? Apakah Sama Dengan Kepribadian Ganda?

    Ditulis oleh: Theresia Evelyn
    Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 4 menit
    akibat sering main hp

    4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
    makanan terbaik untuk kesehatan jiwa

    5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
    komunikasi dengan anak

    Kenapa Orangtua Wajib Rutin Berkomunikasi Dengan Anak?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit