Langkah Tepat Mengatasi Sensasi Terbakar dan Nyeri Akibat Gigitan Semut Api

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Pastinya Anda jengkel bukan main ketika kulit Anda digigit oleh semut api. Selain rasa gatal yang mengganggu, kulit Anda pun terlihat merah dan membengkak. Nah, berikut ini berbagai cara dan obat yang bisa Anda lakukan ketika digigit oleh semut api.

Mengapa gigitan semut api harus cepat-cepat diobati?

rasa gatal, formikasi

Racun yang berasal dari gigitan semut api berisi campuran dari 46 protein. Biasanya, setelah digigit, kulit mungkin mengalami iritasi ringa.

Akan tetapi, terdapat sebuah riset yang menunjukkan bahwa racun tersebut dapat mempengaruhi sistem saraf. Bahkan, bisa membuat seseorang berhalusinasi setelah digigit serangga berwarna merah ini.

Sengatan dari semut api biasanya diawali dengan rasa nyeri yang begitu tajam, seperti rasa terbakar dan habis dicubit. Walaupun hanya berlangsung sebentar, rasa gatal kemudian muncul lagi tetapi lebih intens. Umumnya, kondisi ini tidak membutuhkan perawatan medis tertentu dan akan hilang dengan sendirinya.

Pada kasus tertentu, bekas gigitan semut api akan membengkak disertai dengan gatal yang cukup ekstrem. Pembengkakan akan terus membesar selama 1-2 hari dan terasa panas dan menyakitkan jika disentuh.

Selain itu, penyakit anafilaktik dapat muncul walaupun hal ini sangat jarang terjadi. Hal tersebut menjadi reaksi alergi cukup parah karena digigit semut api. Maka dari itu sengatan semut api harus cepat-cepat diobati jika tidak ingin terjadi komplikasi yang cukup parah.

Pertolongan pertama setelah digigit semut api

Bagi sebagian besar orang, mereka tidak membutuhkan pengobatan medis untuk mengatasi masalah ini. Cukup dengan beberapa obat yang bisa Anda buat dan dapatkan di rumah, sengatan semut api pun dapat terselesaikan.

  • Mencuci area yang digigit semut api dengan sabun dan air. Kemudian, tutupi daerah tersebut dengan perban. Jangan gunakan alkohol untuk membasuh bekas gigitan.
  • Mengompres dengan es selama 20 menit dan angkat selama 20 menit pula. Hal ini agar mengurangi pembengkakan pada daerah gigitan.
  • Mengoleskan krim hidrokortison agar rasa gatal dapat berkurang.
  • Konsumsi antihistamin untuk meredakan reaksi alergi ringan dan rasa gatal.
  • Memakai salep antibiotik sebanyak 3 kali pada daerah yang terkena gigitan. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi sengatan yang telah digaruk.
  • Berendam dengan oatmeal untuk mengurangi rasa gatal.
  • Menggunakan minyak esensial lavender supaya meredakan nyeri dan pembengkakan. Lavender memiliki kandungan yang sifatnya menenangkan dan mengurangi peradangan, sehingga efektif untuk mengobati gigitan semut api.

Kapan saya harus ke dokter?

tanya dokter

Walaupun terkesan sepele dan mudah untuk diatasi, digigit oleh semut api ternyata bisa menimbulkan gejala yang cukup serius, lho. Nah, jika Anda mengalami tanda-tanda di bawah ini, silahkan datangi unit gawat darurat terdekat untuk perawatan yang lebih intensif.

  • Sesak nafas
  • Pembengkakan yang cukup parah
  • Kehilangan kesadaran
  • Dada sakit
  • Berkeringat dingin dan muntah
  • Sengatan berada di dalam mulut

Obat ketika Anda digigit oleh semut api sebenarnya mudah, tidak panik. Jika terkena gigitan serangga apapun, termasuk semut api, usahakan untuk mencuci daerah yang terkena gigitan dengan sabun. Setelah itu, barulah Anda bisa mengoleskannya dengan salep ataupun krim yang dapat meringankan rasa sakit dan gatal.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca